Comscore Tracker

5 Hikmah dan Cara Menghadapi Hidup yang Kadang Tak Sesuai Rencana

Terima dengan ikhlas karena hidup memang seperti itu

Membuat rencana hidup yang matang sejak muda dengan harapan untuk hidup yang lebih tertata dan masa depan yang cerah. Tapi yang namanya hidup tentu tak ada yang bisa menebaknya, bahkan meski sudah menyusun rencana matang-matang pun tak ada jaminan bakal berjalan lancar.

Malahan tak jarang kita menghadapi hidup yang tidak berjalan sesuai rencana. Kalau kamu sedang mengalami ini gak perlu stres atau depresi, akan tetapi hadapilah dengan lima cara di bawah ini sambil berusaha untuk survive. Simak ya!

1. Menerima kenyataan hidup akan mendewasakan dirimu

5 Hikmah dan Cara Menghadapi Hidup yang Kadang Tak Sesuai RencanaPexels.com/Gustavo Fring

Jika suatu saat hidupmu tak berjalan sesuai rencana gak perlu stres ataupun kebingungan, karena pada dasarnya hal itu merupakan salah satu kenyataan hidup yang tak bisa dihindari, dan menerima kenyataan hidup akan mendewasakan pribadimu. Gak semua yang kamu inginkan bisa didapatkan dengan mudah, gak semua hal bakal sesuai ekspektasi, begitu pula dengan rencana hidup yang telah kamu susun yang bisa saja malah tak berjalan lancar. Tidak apa-apa dan terimalah dengan lapang dada karena hal itu suatu hal yang lumrah dalam hidup.

2. Anggap sebagai hal yang memacumu untuk terus berkembang

5 Hikmah dan Cara Menghadapi Hidup yang Kadang Tak Sesuai RencanaPexels.com/Fauxels

Kedua, kalau hidupmu gak berjalan sesuai rencana maka terima saja hal itu dan anggap sebagai hal yang memacumu untuk terus berkembang. Ketika usaha yang dilakukan malah tak membuahkan hasil yang sesuai rencana yang dibuat gak perlu terlalu dipikirkan sampai stres, namum ambil hikmahnya bahwa mungkin kamu harus membuat rencana yang baru dan terus mengembangkan diri dengan lebih baik lagi. Jadi bakar lagi semangatmu dan buktikan bahwa kamu tetap bisa berhasil meski terkadang hidup tak berjalan sesuai rencana.

3. Percayalah pada dirimu sendiri, hidupmu akan tetap baik-baik saja meski tak sesuai rencana

5 Hikmah dan Cara Menghadapi Hidup yang Kadang Tak Sesuai RencanaPexels.com/Fauxels

Percayalah bahwa tidak hanya dirimu saja yang mengalami suatu hal dalam hidup yang tak sesuai rencana, orang-orang pun mengalaminya dan yang bisa kamu lakukan hanyalah percaya pada diri sendiri. Percaya bahwa dirimu akan tetap baik-baik saja meski rencana yang telah disusun harus diubah, atau bahkan mengalami kejadian di luar harapan. Karena jika dirimu percaya pada kemampuan diri sendiri, menghadapi segalanya pun bisa lebih mudah.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Mewujudkan Rencana Bukber agar Gak Sebatas Wacana Aja

4. Justru pengalaman hidupmu jadi lebih berwarna ketika tak semuanya sesuai rencana

5 Hikmah dan Cara Menghadapi Hidup yang Kadang Tak Sesuai RencanaPexels.com/Fauxels

Ketika hidup tak berjalan sesuai rencana tentu ada rasa kekecewaan, tapi kalau mengesampingkan hal itu justru hidupmu malah jadi lebih berwarna. Terkadang kamu dikejutkan oleh hal tak terduga yang mengacaukan rencanamu, lalu berusaha memperbaikinya dan kembali menata apa yang sudah kamu susun. Hidupmu jadi banyak warna dan lika-likunya, gak monoton dan mudah ditebak.

5. Gak perlu terlalu terpuruk, semua orang juga mengalami hal yang sama, kok!

5 Hikmah dan Cara Menghadapi Hidup yang Kadang Tak Sesuai RencanaPexels.com/MART PRODUCTION

Gak perlu sampai depresi dan terpuruk jika hidupmu tak berjalan sesuai rencana, karena tidak hanya kamu sendiri saja yang mengalaminya. Mungkin awalnya syok, sedih, kecewa, sebab meskipun sudah membuat rencana hidup yang matang tapi justru berakhir di luar dugaan. Tenangkan diri dan emosimu dan terimalah apapun yang sudah terjadi dengan ikhlas. Hidup memang terkadang tak sesuai rencana, tapi semuanya bisa diperbaiki dan berakhir indah, kok.

Itulah tadi beberapa hikmah dan cara menghadapi hidupmu yang mungkin berjalan tak sesuai rencana, tapi jangan patah semangat untuk survive dan terus melangkah maju, ya!

Baca Juga: 5 Hal Baik yang Bisa Didapat bila Kita Ikhlas saat Menolong Orang Lain

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya