Comscore Tracker

Waspada, Orang jadi Hilang Respect Karena 5 Sifat Angkuhmu

Orang-orang jadi malas untuk dekat denganmu

Memang benar bahwa mencintai dan bangga terhadap dirimu sendiri itu baik, tapi perlu diketahui juga kalau jangan sampai kebanggaan terhadap dirimu sendiri itu malah berubah menjadi kesombongan. Karena gak ada satu orang pun yang suka dengan orang sombong, terutama dalam lingkungan sosial. 

Misalnya saja kamu terlalu membanggakan kesuksesanmu, memandang sepele orang lain, atau bahkan membanding-bandingkan kelebihanmu. Sikap terlalu sombong seperti itu sebenarnya bikin orang jadi hilang respect padamu, lho. Untuk lebih pahamnya bisa simak pembahasannya di bawah ini tentang lima keangkuhan yang bikin orang jadi hilang respect dan malas berurusan denganmu. 

1. Terlalu membanggakan semua pencapaian yang kamu raih

Waspada, Orang jadi Hilang Respect Karena 5 Sifat Angkuhmuilustrasi bicara (pexels.com/Kampus Production)

Keangkuhan pertama yang membuat orang jadi hilang respect padamu ialah jika dirimu terlalu membanggakan semua pencapaian yang kamu raih. Bangga pada diri sendiri tentu boleh-boleh saja, tapi kalau berlebihan dan terkesan pamer malah jadinya sombong. 

Apalagi jika kamu melakukan ini ketika kumpul bersama teman-teman, di depanmu mungkin mereka kelihatan tertarik, tapi sebenarnya malas untuk mendengarkan itu. Karena kesannya seperti hanya dirimu saja yang punya banyak pencapaian hebat. 

2. Bersikap ketus pada pelayan

Waspada, Orang jadi Hilang Respect Karena 5 Sifat Angkuhmuilustrasi pelayan (pexels.com/Cottonbro)

Percaya atau tidak, cara kita dalam memperlakukan pelayan bakal menunjukkan bagaimana kepribadian kita, lho. Dan keangkuhanmu yang memperlakukan pelayan dengan buruk menunjukkan bahwa pribadimu pun buruk alias terlalu sombong. 

Gak heran kalau orang-orang jadi hilang respect padamu setelah melihat buruknya caramu memperlakukan pelayan. Karena kalau mereka ada di posisi itu kamu pun juga pasti buruk pada mereka. Kamu terlalu angkuh pada orang yang pekerjaannya mungkin di bawahmu. 

Baca Juga: 5 Zodiak yang Kesan Pertamanya Angkuh, Aslinya Ternyata Ramah!

3. Membandingkan kelebihan dirimu dengan orang lain

Waspada, Orang jadi Hilang Respect Karena 5 Sifat Angkuhmuilustrasi bicara (pexels.com/George Milton)

Suatu hal yang wajar terjadi jika orang-orang menjaga jarak darimu ketika tahu keangkuhanmu yang satu ini, yaitu suka membandingkan kelebihanmu dengan orang lain. Siapa pun itu pasti malas berhadapan dengan orang yang suka membanding-bandingkan. 

Yang mana selain menunjukkan kesombongan, sikapmu ini juga termasuk sebagai sikap yang toxic. Entah itu di dalam hubungan persahabatan, keluarga, atau bahkan pacaran, perilaku membanding-bandingkan sangatlah tidak baik karena bisa memicu rasa insecure. Membuat dirimu sendiri jadi kelihatan lebih hebat daripada yang lain. 

4. Suka sekali mengkritik hidup orang

Waspada, Orang jadi Hilang Respect Karena 5 Sifat Angkuhmuilustrasi bicara (pexels.com/Keira Burton)

Kritik merupakan salah satu hal yang mengingatkan kita untuk intropeksi diri dan berubah menjadi lebih baik. Tapi kalau kamu terlalu sering mengkritik hidup orang malah jadinya angkuh sekali, hidup orang lain seperti selalu salah di matamu. 

Kamu mungkin niatnya untuk mengingatkan, atau supaya orang lain menjalani hidup dengan lebih baik seperti standarmu, tapi percayalah bahwa sering mengkritik justru membuat orang jadi merasa tidak nyaman. Bukannya terlihat bijak dan panutan, selalu mengkritik orang lain malah bikin mereka hilang respect padamu karena kamu dinilai gak bisa menghargai hidup orang. 

5. Susah sekali dihubungi dan ditemui

Waspada, Orang jadi Hilang Respect Karena 5 Sifat Angkuhmuilustrasi menelepon (pexels.com/Anthony Shkraba)

Memang benar bahwa semua orang punya kesibukan masing-masing, apalagi jika sudah memasuki usia dewasa yang pastinya disibukkan dengan berbagai urusan pekerjaan. Tapi kalau saking sibuknya sampai hilang kontak dan tak pernah bisa dihubungi malah kesannya sombong, lho. 

Baik itu teman ataupun saudara yang ingin menghubungimu, paling tidak hubungi mereka kembali ketika kamu sedang tidak sibuk. Sebab banyak orang yang akhirnya dijauhi orang-orang di sekitarnya karena sok sibuk dan tak pernah bisa dihubungi. 

Dari beberapa sikap angkuh tadi kita bisa belajar bahwa jadi orang jangan sombong kalau gak mau orang lain sampai hilang respect pada kita. Sebab manusia itu setara dan tak sepatutnya kita merasa angkuh.

Baca Juga: Lebih Peka pada 5 Rasa Ini Agar Kamu Tidak Menjadi Manusia Angkuh

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya