Comscore Tracker

Jangan Buat 5 Keputusan Besar Ini Ketika Kamu Emosional, Bahaya!

Karena emosional bisa membuatmu jadi kurang bijak 

Semua orang pasti punya perasaan dan sisi emosional di dalam dirinya dan hal itu merupakan suatu hal yang normal. Dan baik dan buruknya emosional yang dirasakan seseorang bisa dipengaruhi banyak hal, entah orang sekitar atau juga situasi tertentu yang sedang ia hadapi.

Akan tetapi meskipun hal itu normal terjadi pada semua orang, ada baiknya jika kamu menghindari membuat keputusan-keputusan penting seperti yang ada dalam pembahasan di bawah ini ketika sedang emosional. Bahaya soalnya!

1. Keputusan resign dari tempat kerja

Jangan Buat 5 Keputusan Besar Ini Ketika Kamu Emosional, Bahaya!Pexels.com/Cottonbro

Kalau kamu sedang merasa emosional maka berusahalah untuk menghindari membuat keputusan besar misalnya seperti resign dari tempat kerja. Karena seperti yang kita tahu bahwa emosi dapat mempengaruhi kebijakan seseorang, maka dari itu berbahaya sekali kalau kamu sampai ceroboh dalam memutuskan resign. Cari kerja tidaklah mudah, dan ada baiknya untuk mempertimbangkannya berkali-kali jika memang mau berhenti kerja.

2. Pergi merantau dan hidup sendiri

Jangan Buat 5 Keputusan Besar Ini Ketika Kamu Emosional, Bahaya!Pexels.com/Cottonbro

Kemudian keputusan besar lainnya yang juga gak boleh kamu buat saat emosional ialah keputusan untuk pergi merantau dan hidup sendiri. Bahaya banget kalau kamu impulsif memutuskan untuk pergi dari rumah ketika emosional, karena hidup sendiri apalagi merantau harus berdasarkan pertimbangan matang dan juga harus ada modal. Jangan sampai yang tadinya berniat ingin hidup mandiri malah menyusahkan orang karena tak punya tempat tinggal dan tidak mampu membeli makanan.

3. Menikahi seseorang

Jangan Buat 5 Keputusan Besar Ini Ketika Kamu Emosional, Bahaya!Pexels.com/Juan Vargas

Keputusan untuk menikah dengan seseorang juga tidak baik kamu putuskan ketika sedang emosional. Entah itu karena ingin membahagiakan orang lain, sedih karena baru putus dengan kekasih, atau penyebab emosional lainnya yang membuatmu jadi sembarangan memutuskan menikah. Risikonya sangat besar jika kamu sembarangan membuat keputusan menikahi seseorang, apalagi kalau ke depannya baru menyadari kalau salah pilih pasangan.

Baca Juga: 5 Alasan yang Bikin Kamu Susah Buat Keputusan, Jangan Suka Main-main!

4. Cerai dan pisah dengan pasangan

Jangan Buat 5 Keputusan Besar Ini Ketika Kamu Emosional, Bahaya!Pexels.com/RODNAE Productions

Perceraian dan pisah dengan pasangan adalah keputusan besar keempat yang gak boleh kamu putuskan ketika emosional. Namanya rumah tangga dan hubungan pasti ada masalah di dalamnya, namun seberat apapun masalah itu bukan berarti kamu bisa asal memutuskan untuk cerai dan berpisah begitu saja. Karena memang emosional mendorong orang untuk menyelesaikan masalah dengan cara paling cepat tapi juga ceroboh.

5. Mengorbankan diri demi orang lain

Jangan Buat 5 Keputusan Besar Ini Ketika Kamu Emosional, Bahaya!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Keputusan untuk mengorbankan diri demi orang lain dan menanggung beban seseorang juga merupakan jenis keputusan besar yang tidak boleh kamu buat ketika sedang emosional. Mungkin saking kasihan dan bersimpatinya dengan kesulitan yang dialami seseorang, hatimu tergerak untuk membantunya menanggung beban bahkan sampai ingin berkorban untuknya. Tapi di lain sisi hal ini justru sangat berbahaya untuk dirimu sendiri, yang mana hidupmu malah bisa menjadi sulit karena menanggung beban orang lain.

Pokoknya, jangan pernah biarkan emosi menguasai dirimu. Karena risikonya besar kalau kamu sampai membuat keputusan besar seperti dalam poin-poin di atas tadi.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Sebaiknya Memilih Diam saat Emosional di Tempat Kerja

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya