Comscore Tracker

5 Alasan kalau Overthinking Sebelum Tidur Bisa Memicu Timbulnya Stres

Hal-hal yang harusnya kamu lupakan justru teringat lagi

Entah dilakukan secara sadar ataupun tidak, namun kebanyakan orang banyak memikirkan hal-hal random sebelum ia tidur. Sebab, selain sedang sendirian di kamar, malam hari yang merupakan waktu istirahat memang menjadi waktu terjadinya overthinking.

Padahal kalau dipikir-pikir gak ada manfaatnya juga bagi kita jika terbiasa overthinking, malahan dapat memicu timbulnya stres jika sering melakukannya sebelum tidur. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan di bawah ini!

1. Karena pikiranmu jadi tidak tenang

5 Alasan kalau Overthinking Sebelum Tidur Bisa Memicu Timbulnya StresPexels.com/Andrea Piacquadio

Pertama, alasan mengapa overthinking sebelum kamu tidur dapat memicu timbulnya stres ialah karena pikiranmu jadi tidak tenang. Karena bukannya kamu langsung total istirahat dengan tidur nyenyak, kamu malah overthinking dan memikirkan banyak hal.

2. Hal-hal yang harusnya kamu lupakan malah teringat kembali

5 Alasan kalau Overthinking Sebelum Tidur Bisa Memicu Timbulnya StresPexels.com/Cottonbro

Alasan lainnya mengapa kamu bisa stres kalau sering overthinking sebelum tidur adalah karena itu membuat hal-hal yang harusnya kamu lupakan malah jadi teringat kembali. Entah itu kesalahan yang kamu lakukan atau masa lalu kelam, wajar kalau kemudian timbul stres, 'kan?

Baca Juga: 7 Hal yang Harus Dipegang dalam Hidup Biar Gak Lagi Overthinking

3. Susah tidur atau kualitas tidurmu jadi menurun

5 Alasan kalau Overthinking Sebelum Tidur Bisa Memicu Timbulnya StresPexels.com/Andrea Piacquadio

Kemudian, alasan lainnya adalah overthinking bakal berdampak buruk pada kualitas tidurmu yang jadi menurun. Tidurmu mungkin tidak nyenyak, atau justru malah mimpi buruk karena dipengaruhi oleh apa yang kamu pikirkan sebelum tidur.

4. Perasaan menyesal dan terbebani jadi semakin berat

5 Alasan kalau Overthinking Sebelum Tidur Bisa Memicu Timbulnya StresPexels.com/Karolina Grabowska

Keempat, perasaan menyesal dan terbebani yang kamu rasakan bisa terasa semakin berat jika kamu tambah dengan overthinking sebelum tidur. Menjalani hari yang berat tentu melelahkan dan tak sedikit orang yang merasa waktunya terbuang sia-sia meski sudah berusaha keras, semua itu karena overthinking

5. Menimbulkan perasaan kesepian

5 Alasan kalau Overthinking Sebelum Tidur Bisa Memicu Timbulnya StresPexels.com/Ekrulila

Alasan terakhirnya ialah overthinking sebelum tidur bisa menimbulkan perasaan kesepian lebih mendalam pada dirimu. Karena saat pikiranmu terbebani oleh banyak hal, kamu kemudian menyadari bahwa sedang sendiri di dalam kamarmu. Apalagi jika kamu overthinking di tengah malam yang mana sekitarmu telah sunyi. Banyak orang yang sering menangis karena ini.

Ada banyak hal yang bisa menjadi pemicu stres, akan tetapi overthinking sebelum tidur memang besar sekali dampaknya. Dari lima alasan tadi tentu kamu sudah paham, 'kan?

Baca Juga: 5 Cara Hadapi Sahabat yang Suka Overthinking, Tawarkan Bantuan Ya!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya