Comscore Tracker

Jika Dibiarkan, 5 Kebiasaan Ini Justru Bakal Mempersulit Hidupmu, lho!

Tak hanya sulit, hidupmu juga bakal jadi berantakan!

Setiap orang pasti punya kebiasaan yang tertanam di dirinya, entah itu kebiasaan baik atau malah kebiasaan buruk. Pada dasarnya kebiasaan adalah hal yang dilakukan secara berulang oleh seseorang, namun seringkali mereka tidak menyadari bahwa ada kebiasaannya yang berdampak buruk untuk hidupnya.

Seperti lima macam kebiasaan yang akan kita bahas kali ini, yang jika dibiarkan justru akan mempersulit hidupmu. Penasaran apa sajakah itu? Simak pembahasannya berikut ini!

1. Belanja berlebihan setiap gajian

Jika Dibiarkan, 5 Kebiasaan Ini Justru Bakal Mempersulit Hidupmu, lho!Pexels.com/Sam Lion

Kebiasaan pertama yang bakal mempersulit hidupmu jika dibiarkan adalah, kebiasaan belanja berlebihan setiap gajian. Memang benar bahwa enaknya jadi orang dewasa dan sudah bekerja ialah punya uang sendiri yang bisa digunakan untuk keperluan pribadi, tapi meskipun begitu bukan berarti gaji harus dihambur-hamburkan dengan belanja berlebihan. Jika kebiasaan ini terus dibiarkan bisa-bisa kamu malah kehabisan uang dan hidup terlilit utang. 

2. Memaksakan diri untuk utang jika menginginkan sesuatu

Jika Dibiarkan, 5 Kebiasaan Ini Justru Bakal Mempersulit Hidupmu, lho!Pexels.com/Karolina Grabowska

Kebiasaan lainnya yang bakal menyulitkan hidupmu jika dibiarkan ialah jika kamu memaksakan diri untuk utang jika menginginkan sesuatu. Tindakan seperti ini tidak baik untuk dipertahankan, karena nanti kamu jadi berpikir bahwa segalanya bisa dimiliki asalkan ada orang yang mau meminjami uang. Padahal berutang hanya akan mempersulit hidupmu sendiri, kamu jadi tidak bisa menikmati hidup dengan tenang karena dikejar-kejar utang.

3. Nunda-nunda pekerjaan sampai batas deadline

Jika Dibiarkan, 5 Kebiasaan Ini Justru Bakal Mempersulit Hidupmu, lho!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Sengaja menunda-nunda pekerjaan sampai batas waktu deadline juga merupakan salah satu kebiasaan yang mempersulit hidupmu sendiri jika dibiarkan. Karena pekerjaan yang mestinya bisa cepat selesai malah sengaja kamu tunda-tunda, yang malah membuatmu gak tenang terus memikirkan pekerjaan yang belum selesai. Kamu sendiri yang jadi susah, kan? Apalagi reputasimu juga bakal buruk kalau terus sengaja menunda sampai batas deadline seperti itu. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kesehatan Mental, Patut Dihindari

4. Tidur larut malam dan mengulur-ulur waktu untuk bangun

Jika Dibiarkan, 5 Kebiasaan Ini Justru Bakal Mempersulit Hidupmu, lho!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Lalu kebiasaan tidur larut malam dan mengulur waktu sangat bangun pagi juga merupakan kebiasaan yang akan mempersulit hidupmu jika dibiarkan. Waktu tidurmu jadi berkurang dan kamu juga bakal sering terlambat kerja kalau terus mempertahankan kebiasaan mengulur waktu saat bangun pagi. Kebiasaan ini sama sekali gak baik untuk dibiarkan hingga dewasa, apalagi kalau kamu hidup sendiri. Bisa-bisa hidupmu jadi berantakan!

5. Memperlakukan orang sesuka hati tanpa peduli etika

Jika Dibiarkan, 5 Kebiasaan Ini Justru Bakal Mempersulit Hidupmu, lho!Pexels.com/Cottonbro

Dan terakhir, kebiasaan kelima yang membuat hidupmu sulit jika dibiarkan hingga dewasa ialah jika kamu terbiasa memperlakukan orang lain sesuka hati tanpa peduli etika. Etika dan attitude sangatlah penting, apalagi di dalam lingkungan sosial dan dunia kerja. Orang yang tahu etika bakal dihargai, dan hidupmu bakal sulit jika membuat banyak orang sakit hati atau bahkan sampai memiliki banyak musuh. Percayalah!

Kamu mungkin tidak sadar kalau ada kebiasaanmu yang berdampak buruk bagi dirimu sendiri, tapi jika kamu mengetahuinya maka cepatlah hilangkan kebiasaan itu ya! Terutama lima kebiasaan dalam pembahasan tadi.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Anak yang Bisa Berdampak Buruk pada Susunan Gigi

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya