Comscore Tracker

5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Produktivitas Kerjamu Menurun

Fokus kerjamu pasti jadi terganggu, deh

Semua orang tentu ingin sukses dalam karier, dan untuk mencapai kesuksesan diperlukan kerja keras, ketekunan dan juga fokus yang tak main-main dalam bekerja. Akan tetapi tak dapat dipungkiri kalau terkadang ada saja hal-hal yang menganggu fokus saat kerja sehingga produktivitas pun jadi menurun dan menghambat kesuksesanmu.

Nah tentang hal itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa hal di antaranya, yang mana bisa saja produktivitasmu menurun gara-gara kebiasaanmu sendiri. Jadi, yuk simak pembahasannya!

1. Begadang hingga larut malam

5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Produktivitas Kerjamu MenurunIlustrasi begadang(pexels.com/Cottonbro)

Menurunnya tingkat produktivitas gak hanya diakibatkan oleh faktor eksternal saja, akan tetapi juga bisa disebabkan oleh faktor internal misalnya seperti kebiasaan burukmu sendiri yang suka banget begadang hingga larut malam. Kamu mungkin melakukannya karena kesulitan tidur, entah karena insomnia atau memang butuh waktu lama untuk merasa mengantuk. Tapi begadang justru buruk untukmu, mulai dari menurunkan kebugaran tubuh, membuatmu terlambat kerja karena bangun kesiangan, dan kesulitan untuk fokus disebabkan kurangnya waktu tidur.

2. Lembur hampir setiap hari

5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Produktivitas Kerjamu MenurunIlustrasi lembur(pexels.com/Andres Ayrton)

Kerja keras dan berjuang maksimal untuk bisa menggapai mimpi suksesmu memang boleh-boleh saja. Akan tetapi sebesar apapun ambisimu, memaksakan diri untuk lembur terus bahkan hampir setiap hari justru salah untuk dilakukan. Kenapa? Kamu jadi muak dan pusing melihat pekerjaan karena lama-lama stres, akibatnya produktivitasmu pun menjadi menurun. Sebagian besar waktumu dihabiskan untuk bekerja, padahal kamu butuh istirahat dan refreshing.

3. Menahan-nahan lapar demi menyelesaikan pekerjaan

5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Produktivitas Kerjamu MenurunIlustrasi kerja(pexels.com/Fauxels)

Sengaja menahan lapar hanya demi menyelesaikan pekerjaan juga termasuk kebiasaan yang dapat menurunkan tingkat produktivitasmu, lho. Pertama, kamu malah bisa sakit karena menunda-nunda makan. Kedua, kamu pasti kesulitan untuk fokus ketika kondisimu sudah sangat kelaparan dan membutuhkan asupan makanan. Dan hasil kerjamu gak bakal maksimal jika saat mengerjakannya kamu tidak dalam kondisi yang prima, kan?

Baca Juga: 5 Aksesoris MacBook untuk Menunjang Produktivitas Kerja, Apa Saja?

4. Mencuri-curi kesempatan main ponsel di sela jam kerja

5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Produktivitas Kerjamu MenurunIlustrasi pria kerja(pexels.com/Thirdman)

Kebiasaan keempat yang juga bisa membuat produktivitas kerjamu menurun ialah jika kamu suka curi-curi waktu untuk main ponsel di sela jam kerja. Entah itu bermain game, scroll timeline media sosial, atau membalas pesan dari teman-teman atau orang terdekat. Tapi yang jelas kebiasaan ini harus kamu jauhi kalau gak mau fokus kerjamu terganggu, kamu gak bakal bisa benar-benar produktif dalam bekerja jika selalu melihat ponsel.

5. Malas merapikan meja kerja

5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Produktivitas Kerjamu MenurunIlustrasi tempat kerja berantakan(pexels.com/Sander)

Terakhir, kebiasaan buruk berupa malas merapikan dan membersihkan tempat kerja juga dapat menyebabkan produktivitas kerjamu menurun. Kenapa? Karena kalau dipikirkan secara logis saja, siapa yang tahan berada lama-lama di tempat yang kotor dan berantakan? Bahkan kamu pun juga tak akan merasa nyaman ketika bekerja jika sekitarmu seperti itu.

Intinya, kalau mau produktif secara maksimal dalam bekerja maka jauhi kebiasaan buruk yang seperti di atas tadi. Sama sekali gak bagus untukmu dan mengganggu fokus!

Baca Juga: 5 Hal yang Menghambat Produktivitas Ibadahmu Ketika Ramadan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya