Comscore Tracker

5 Kebiasaan Sederhana yang Tanpa Sadar Buat Pribadimu Jadi Low Profile

Sebab kamu terbiasa rendah hati dan gak suka pamer

Memang ada beberapa orang hebat yang mempublikasikan dirinya di depan umum, bahkan sampai memamerkan semua pencapaiannya dengan bangga. Hal itu tentu sah-sah saja untuk dilakukan, akan tetapi banyak juga orang hebat yang saking low profile-nya membuat orang lain gak nyangka kalau dia ternyata bukanlah orang sembarangan. 

Menjadi orang yang low profile pada dasarnya gak bisa secara instan. Hal itu dibentuk dari kebiasaan-kebiasaan sederhana yang kemudian membuat dirinya menjadi low profile. Tidak pamer barang-barang yang dibeli dan bersikap biasa saja di saat punya jabatan tinggi adalah dua di antaranya. Namun, kalau mau tahu kebiasaan apa saja yang bisa membentuk kepribadianmu menjadi low profile, bisa simak pembahasannya di bawah ini. 

1. Diam-diam saja kalau membeli suatu barang

5 Kebiasaan Sederhana yang Tanpa Sadar Buat Pribadimu Jadi Low Profileilustrasi belanja online (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu mungkin tidak menyadari hal ini, tapi kebiasaanmu yang selalu diam-diam saja kalau membeli suatu barang tanpa sadar berdampak baik dalam pembentukan diri, lho. Hal itu membuatmu jadi terbiasa untuk tidak pamer bahkan ketika membeli barang mewah sekalipun. 

Sikap seperti itu juga merupakan ciri dari kepribadian yang low profile. Tetap terlihat biasa saja dan gak heboh kalau membeli barang-barang yang mungkin membuat orang lain sombong. Kebiasaan yang membuatmu menjadi pribadi yang santai dan gak memamerkan kemampuan finansialmu. 

2. Bersikap biasa ketika naik jabatan

5 Kebiasaan Sederhana yang Tanpa Sadar Buat Pribadimu Jadi Low Profileilustrasi rekan kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Kebiasaan sederhana lainnya yang tanpa sadar membuat pribadimu menjadi low profile ialah jika kamu selalu bersikap biasa saja bahkan ketika baik jabatan sekalipun. Tak peduli apakah kamu seorang atasan atau bawahan, sikapmu tetap sama dan biasa saja. 

Kenapa hal ini menjadikanmu low profile? Sebab sebagian besar orang kalau sudah berada di puncak karier dan menjadi bos biasanya sikapnya akan berubah. Menjadi lebih angkuh dan ngebos untuk menunjukkan posisinya. Sedangkan kamu yang bersikal biasa saja lebih terkesan low profile karena tidak mengagungkan diri atas jabatan yang dimiliki. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Belum Mampu Jadi Leader yang Baik, Bossy!

3. Gak terpaku pada barang branded saat membeli sesuatu

5 Kebiasaan Sederhana yang Tanpa Sadar Buat Pribadimu Jadi Low Profileilustrasi belanja baju (pexels.com/Arina Krasnikova)

Dirimu yang tidak pernah mementingkan branded atau tidaknya suatu barang ketika berbelanja juga merupakan salah satu kebiasaan yang menjadikanmu low profile, lho. Sebab kebiasaan itu, kamu jadi tampak sederhana di mata orang lain. 

Meskipun kamu sendiri sebenarnya mampu untuk membeli barang mewah, tapi lebih memilih membeli yang biasa saja dan sesuai dengan fungsi yang kamu butuhkan di situlah letak low profile-nya. Kamu terbiasa untuk tidak menunjukkan kekayaanmu dari barang yang kamu pakai dan nyatanya banyak orang kaya raya yang nyaman seperti ini. 

4. Tidak pamer ketika pergi ke tempat-tempat yang berkelas

5 Kebiasaan Sederhana yang Tanpa Sadar Buat Pribadimu Jadi Low Profileilustrasi reservasi hotel (pexels.com/Mikhail Nilov)

Pribadimu terbentuk menjadi low profile jika terbiasa untuk tidak pamer ketika mengunjungi tempat mewah dan berkelas. Gak seperti orang-orang yang sibuk berfoto dan memamerkannya di media sosial, kamu justru lebih nyaman jika hal itu menjadi privasi saja. 

Mau itu pada saat menginap di hotel mewah, liburan ke tempat terkenal, ataupun bertemu dengan orang-orang berpengaruh, kamu terbiasa untuk menyimpannya sendiri. Dari situlah terbentuk kepribadian low profile-mu. Kamu jadi lebih nyaman untuk tampak biasa saja dimata banyak orang dan menjalani hidup dengan tampilan pribadi sederhana. 

5. Bersosialisasi tanpa memandang status sosial

5 Kebiasaan Sederhana yang Tanpa Sadar Buat Pribadimu Jadi Low Profileilustrasi pertemanan (pexels.com/Cedric Fauntleroy)

Kebiasaanmu yang bergaul dengan siapa saja tanpa memandang status tinggi dan rendahnya orang sekitar juga menjadi salah satu kebiasaan pribadi low profile. Sebab terlepas dari jabatan atau status sosialmu yang tinggi, kamu tetap rendah hati dan mau berbaur dengan siapa saja. 

Kebiasaan baik yang sebaiknya terus kamu pertahankan. Sebab selain berdampak baik pada pembentukan pribadimu, hal ini juga membuat kamu jadi sosok yang merakyat ketika menjadi pemimpin. Dekat dengan banyak orang tanpa pilih kasih dan merendahkan siapapun. 

Memang tidak mudah untuk menerapkannya, apalagi melihat teman atau rekan-rekan lainnya yang terus pamer lewat media sosial mereka. Namun, jika kamu sudah memiliki kelima hal tadi, pertahankan kebiasaan baikmu itu, ya! 

Baca Juga: 5 Karakter Positif yang Tertanam dalam Diri Orang Low Profile

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya