Comscore Tracker

5 Sisi Baik saat Tua kalau Masa Mudamu Dihabiskan untuk Kerja Keras

Agar bisa menikmati hasilnya saat tua nanti #IDNTimesLife

Masa muda sering dikatakan sebagai waktu keemasan, yang mana waktu seperti ini sangat tepat jika digunakan untuk mengembangkan diri dan bekerja keras untuk sukses. Sebab pada saat mudalah kemampuan seseorang berada di tingkat maksimal, bahkan banyak potensi diri yang bisa digali ketika muda.

Percaya atau tidak, ada banyak sisi baiknya ketika kamu tua nanti kalau masa mudamu dihabiskan untuk kerja keras dan berjuang untuk sukses, lho. Berikut ini lima contoh di antaranya. Pokoknya hidupmu bakal nyaman banget ketika tua nanti!

1. Gak khawatir soal finansial karena punya passive income

5 Sisi Baik saat Tua kalau Masa Mudamu Dihabiskan untuk Kerja KerasIlustrasi keuangan(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pertama, kalau kamu menghabiskan masa muda dengan bekerja keras maka sisi baiknya ketika tua ialah kamu mungkin sudah memiliki passive income sendiri. Yang mana kamu tidak perlu repot-repot kerja namun setiap bulan tetap berpenghasilan sehingga finansial di masa tuamu nanti jadi aman.

Passive income bisa kamu dapat dari menanam banyak saham, investasi, dan hal lainnya seperti properti. Karena tenagamu tentu sudah tak sekuat dulu untuk dipakai bekerja, kan?

2. Bebas membahagiakan diri sendiri di masa tua

5 Sisi Baik saat Tua kalau Masa Mudamu Dihabiskan untuk Kerja KerasIlustrasi bahagia(pexels.com/Askar Abayev)

Kemudian masa tuamu juga bakalan menyenangkan kalau sudah bekerja keras ketika muda, yakni kamu bisa bebas membahagiakan diri sendiri di masa tua. Gak mikirin tentang pekerjaan lagi, tanggung jawab juga tak sebanyak dulu, begitu pula dengan beban yang ditanggung.

Karena kamu sudah melakukan dan menyelesaikannya ketika muda sehingga saat tua hanya tinggal santai membahagiakan diri sendiri saja.

3. Tak ada penyesalan karena kamu memanfaatkan masa muda dengan baik

5 Sisi Baik saat Tua kalau Masa Mudamu Dihabiskan untuk Kerja KerasIlustrasi kerja(pexels.com/Anthony Shkraba)

Kamu juga gak bakal ada penyelesalan ketika tua nanti kalau masa mudamu sudah kamu habiskan untuk bekerja keras. Karena orang-orang yang ketika tuanya merenung dan menyesali banyak hal rata-rata seperti itu disebabkan caranya yang menghabiskan masa muda dengan foya-foya dan bermain saja.

Makanya enak banget masa tuamu kalau memanfaatkan masa muda sebaik-baiknya dan bekerja keras untuk sukses.

Baca Juga: 5 Keuntungan Memilih Pasangan yang Lebih Tua, Emosinya Gak Labil!

4. Punya banyak pengalaman hebat yang bisa menjadi pelajaran untuk anak dan cucu

5 Sisi Baik saat Tua kalau Masa Mudamu Dihabiskan untuk Kerja KerasIlustrasi keluarga(pexels.com/RODNAE Productions)

Kalau kamu bekerja keras dengan sungguh-sungguh ketika muda maka sisi baiknya di masa tua nanti ialah kamu jadi punya banyak pengalaman hebat yang bisa menjadi pelajaran untuk anak dan cucu kelak.

Ada banyak hal yang bisa kamu ceritakan, dan menjadi insprasi serta motivasi untuk generasi muda untuk bekerja keras sepertimu juga. Dengan kata lain kamu pun menjadi panutan yang patut dicontoh.

5. Hanya tinggal menikmati hidup dengan tenang

5 Sisi Baik saat Tua kalau Masa Mudamu Dihabiskan untuk Kerja KerasIlustrasi tenang(pexels.com/Cottonbro)

Sisi baiknya yang terakhir kalau masa mudamu dihabiskan dengan bekerja keras ialah kamu hanya tinggal menikmati hidup dengan tenang saja ketika tua. Melakukan apa yang kamu inginkan, liburan ke tempat-tempat yang indah, atau menghabiskan waktu di rumah dengan membaca buku sambil minum teh hangat. Gak ada yang perlu kamu streskan lagi dan hanya hidup dengan nyaman dan tenang saja. Enak banget, kan?

Intinya dari pembahasan tadi bisa diambil hikmahnya bahwa masa tuamu bakal menyenangkan dan tenang kalau ketika muda kamu benar-benar bekerja keras. Sehingga waktu keemasan yang kamu miliki ketika muda termanfaatkan dengan baik, dan dampaknya tentu baik juga untuk kesuksesan hidupmu.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Perlu Meragukan Apa yang Menjadi Tujuan Hidupmu

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya