Comscore Tracker

5 Kesalahan di Media Sosial yang Merusak Citra Diri

Seringnya kamu gak sadar kalau masih melakukan hal ini!

Di zaman yang serba canggih dan digital ini rasanya hampir semua orang memakai media sosial, entah itu untuk keperluan pekerjaan, hiburan pribadi, atau untuk promosi bisnis. Akan tetapi, di balik itu semua, tetaplah berhati-hati dalam memakai media sosial. Berlebihan menggunakan media sosial berpotensi merusak citra dirimu sendiri., lho!

Kesalahan-kesalahan dalam menggenukan media sosial bisa berdampak mencoreng nama baikmu dan membuat citramu jadi buruk di mata publik. Lantas apa saja kesalahan dalam menggunakan media sosial yang dimaksud?

Langsung aja intip sederet inspirasinya berikut ini, yuk!

1. Suka pamer

5 Kesalahan di Media Sosial yang Merusak Citra Diriilustrasi perempuan membuat konten di media sosial (pexels.com/ Lina Kivaka)

Kesalahan pertama dalam memakai media sosial yang merusak citramu ialah kalau suka pamer. Entah itu pamer kekayaan, pencapaian, ataupun pamer kebaikan yang dilakukan pada orang lain.

Meski dengan melakukan hal seperti ini ampuh bikin kamu jadi dapat banyak perhatian, di sisi lain hal ini juga menghancurkan citramu di mata publik. Publik pun bakal cenderung mengenalmu sebagai orang yang narsis, sombong, dan suka pamer. 

2. Menggiring opini dan berkomentar sembarangan

5 Kesalahan di Media Sosial yang Merusak Citra Diriilustrasi media sosial (pexels.com/Kaboompics.com)

Memang benar bahwa kita semua memiliki hal kebebasan dalam berpendapat. Namun, bukan berarti hal itu bisa membuatmu bebas berkomentar di media sosial, baik itu mengomentari unggahan orang lain maupun berbagi opini sembarangan tentang suatu pihak.

Meski kelihatannya sepele, tindakan berkomentar tidak bertanggung jawab itu bisa dilaporkan karena memang ada hukum yang berlaku tentang pencemaran nama baik. Maka dari itu kamu perlu lebih berhati-hati dalam menyampaikan pendapat di media sosial. 

Baca Juga: 10 Cara Menciptakan Healthy Boundaries di Media Sosial

3. Curhat tentang kehidupan pribadi

5 Kesalahan di Media Sosial yang Merusak Citra Diriilustrasi pria pegang HP (pexels.com/Kampus Production)

Kesalahan bermedia sosial lainnya yang juga dapat merusak citramu ialah sering curhat tentang kehidupan pribadi. Berbagi pengalaman memang bagus, namun, kalau dilakukan berlebihan malah jadinya oversharing, lho!

Karena terlalu asyik bercerita dan curhat tentang kehidupan pribadimu, bisa saja tanpa sengaja kamu malah menyebarkan aib sendiri. Kamu sendiri yang rugi kalau citramu jadi buruk dan aibmu jadi tersebar luas. Terlebih, jejak digital sangat susah untuk dihapus dan dihilangkan peredarannya kalau sudah terlanjur terunggah. 

4. Suka membuat drama dan sensasi panas dengan orang lain

5 Kesalahan di Media Sosial yang Merusak Citra Diriilustrasi marah (pexels.com/Alex Green)

Kesalahan keempat yang juga membuat citramu rusak ialah kalau dirimu buat drama dan sensasi panas dengan orang lain. Pantang ada isu yang viral sedikit lalu ikut-ikutan dan membuat situasi memanas.

Kalau kamu tipe pengguna media sosial yang seperti ini, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut untuk kebaikan dirimu sendiri ke depannya. Sensasi yang kamu ciptakan itu bisa saja menjadi bumerang yang membahayakanmu suatu saat.

5. Pamer kemesraan bersama pasangan

5 Kesalahan di Media Sosial yang Merusak Citra Diriilustrasi pasangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Selain keempat hal tadi, kesalahan yang satu ini juga sering banget buat citra seseorang jatuh di media sosial, yakni suka unggah dan pamer kemesraan bersama pasangan secara berlebihan.

Mempublikasikan hubungan di media sosial merupakan hak semua orang. Namun, kalau oversharing, bukan hanya citramu sendiri yang rusak, tapi citra pasangan kamu juga.

Hikmahnya, pertimbangkan untuk selalu bijak dalam menggunakan media sosial. Tetap jaga nama baikmu meski hanya di dunia maya sekalipun. 

Baca Juga: 5 Hal Buruk yang Timbul saat Kamu Tidak Bijak Bermain Media Sosial

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya