Comscore Tracker

5 Kriteria Utama Memilih Sekretaris, Harus Disiplin dan Kompeten

Pastikan juga bisa dipercaya, ya!

Ketika menjadi seorang atasan, mau tak mau kamu membutuhkan sosok sekretaris untuk membantu pekerjaanmu. Sebab, akan banyak tugas, beban kerja, dan tanggung jawab yang lebih besar yang bakal berantakan kalau mengatur semuanya sendiri. 

Namun, sebutuh apa pun dirimu akan sosok sekretaris, bukan berarti kamu bisa asal memilih kandidat dan mempekerjakannya sembarangan. Perlu diketahui bahwa ada kriteria utama yang harus dipertimbangkan dalam memilih sekretaris.

1. Kerjanya harus benar-benar profesional

5 Kriteria Utama Memilih Sekretaris, Harus Disiplin dan Kompetenilustrasi kerja (pexels.com/Andrea Paicquadio)

Kriteria pertama dalam memilih sekretaris ialah yang kerjanya benar-benar profesional. Sebab, memang tugas sekretaris ialah untuk membantu pekerjaan atasan dan mengatur jadwal jadi lebih tertata. 

Bakalan kacau kalau memilih sosok sekretaris sembarangan, sehingga harus yang memang sanggup dan kompeten dalam melaksanakan tugasnya. Selain profesional dalam bekerja, juga harus profesional untuk menjaga batasan dan jarak untuk tak melibatkan urusan dan perasaan pribadi saat bekerja. 

2. Harus cekatan dalam menyelesaikan tugas

5 Kriteria Utama Memilih Sekretaris, Harus Disiplin dan Kompetenilustrasi kerja (pexels.com/Sora Shimazaki)

Kriteria lainnya yang harus dipertimbangkan saat memilih sekretaris ialah yang cekatan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Seperti menyiapkan keperluan meeting, mengatur jadwal dengan baik, mengatur pertemuan dengan klien-klien penting dan lain sebagainya.

Lebih baik lagi kalau kandidat yang dipilih mempunyai kemampuan dan sudah berpengalaman dalam menjadi sekretaris. Kalaupun dia belum menguasai semuanya, setidaknya giat belajar dan cepat beradaptasi dengan pekerjaan supaya cekatan bekerja. 

3. Bijak menangani berbagai macam situasi

5 Kriteria Utama Memilih Sekretaris, Harus Disiplin dan Kompetenilustrasi kerja (pexels.com/Kampus Production)

Kriteria ketiga yang juga penting dalam memilih sekretaris ialah yang pandai menangani berbagai situasi. Tahu bagaimana membawa diri dan dapat diandalkan dalam menangani situasi-situasi yang mungkin di luar rencana.

Sebab, tugasnya sekretaris bisa dibilang menjadi pengganti cadangan atasan kalau misalnya berhalangan hadir pada suatu acara atau meeting. Sehingga, sekretaris yang harus mewakilkan dan menangani berbagai situasi dengan baik dan bijak. 

Baca Juga: 5 Suka Duka Kerja Jadi Sekretaris, Lelah tapi Worth It Dilakukan

4. Jujur dan berdedikasi

5 Kriteria Utama Memilih Sekretaris, Harus Disiplin dan Kompetenilustrasi atasan (pexels.com/August de Richelieu)

Kriteria keempat yang juga harus ada dalam memilih sekretaris ialah kejujuran dan dedikasi dalam bekerja. Jujur untuk tidak neko-neko dalam bekerja dan mesti dibarengi dedikasi yang tinggi.

Bekerja sebagai sekretaris itu capek dan bikin stres, sehingga banyak orang gak bakal tahan kalau tak memiliki dedikasi dalam menjalankannya. Dengan kata lain, pilihlah yang memang serius mau bekerja dan siap mendedikasikan diri sebagai sekretaris. 

5. Memiliki penampilan dan pembawaan diri yang baik

5 Kriteria Utama Memilih Sekretaris, Harus Disiplin dan Kompetenilustrasi kerja (pexels.com/Anthony Shkraba)

Kriteria terakhir dalam memilih sosok sekretaris ialah pastikan berpenampilan baik dan tahu cara membawa diri. Gak harus good looking, tapi paling tidak penampilannya rapi dan sopan untuk dipakai bekerja di kantor.

Selain itu, sekretaris biasanya memiliki pembawaan diri yang baik supaya dapat beradaptasi ketika bertemu dengan berbagai orang, seperti relasi bisnis atau klien perusahaan. Penampilan dan pembawaan diri seorang sekretaris juga berpengaruh pada penilaian relasi bisnis.

Kelima kriteria yang perlu diutamakan dalam memilih sekretaris ini wajib kamu ketahui. Pokoknya, jangan buru-buru dan pilih dengan selektif, ya!

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Disibukkan dengan Banyak Pekerjaan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya