Comscore Tracker

5 Kunci Memiliki Kepercayaan Diri yang Tinggi, Yakin pada Kemampuanmu!

Pokoknya jangan dengarkan komentar buruk orang lain

Satu hal yang punya peranan besar dalam hidup kita adalah kepercayaan diri, yang mana tingkatan tinggi atau rendahnya rasa percaya diri kita akan berpengaruh pada banyak hal. Sehingga akan sangat baik jika kamu bisa mempunyai kepercayaan diri yang tinggi karena hal itu dapat memberimu keuntungan dalam karier dan lainnya.

Tapi yang jadi pertanyaannya, apa sajakah hal-hal yang bisa membuatmu jadi percaya diri? Karena kita semua tahu kalau hal itu tidak serta merta muncul dan tertanam di dalam diri begitu saja. Nah perihal itu, pada pembahasan kali ini kita akan membahas beberapa kunci yang membuatmu memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Apa sajakah itu? Yuk simak sama-sama! 

1. Abaikan standar orang lain dan hiduplah dengan prinsipmu sendiri

5 Kunci Memiliki Kepercayaan Diri yang Tinggi, Yakin pada Kemampuanmu!ilustrasi pria (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kuncinya yang pertama supaya kamu memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi ialah abaikan standar orang. Jalani hidup berdasarkan prinsipmu sendiri. Karena pada dasarnya kita semua tahu kalau standar yang ditetapkan orang lain itu belum tentu pas untuk kita.

Jadi kalau kamu memiliki prinsip hidupmu sendiri, peganglah itu dengan kukuh. Kepercayaan diri sejatinya berasal dari keyakinan diri terhadap apa yang kamu jalani. Semakin kamu yakin pada prinsip dan jalan hidupmu maka semakin percaya diri pula dirimu.

2. Miliki skill yang benar-benar kamu kuasai

5 Kunci Memiliki Kepercayaan Diri yang Tinggi, Yakin pada Kemampuanmu!ilustrasi kerja (pexels.com/Canva Studio)

Mungkin sebagian besar orang sudah mengetahui hal ini, yang mana kunci dari memiliki kepercayaan diri yang tinggi ialah dengan memiliki skill yang dikuasai. Logikanya, ketika kamu mempunyai suatu keahlian yang kamu banggakan tentu kepercayaan dirimu dengan sendirinya tumbuh dan meningkat.

Entah itu skill di bidang seni, digital, fotografi, editing atau bahkan yang lainnya. Apapun itu tidak masalah asalkan kamu menguasainya. Sebab selain untuk meningkatkan rasa percaya diri, hal itu juga untuk menambah kualitas dirimu dan modal utama untuk bisa sukses dalam hidup. Karena mustahil bisa sukses kalau gak punya keahlian apa-apa, kan?

3. Apresiasi dan banggalah pada setiap pencapaianmu

5 Kunci Memiliki Kepercayaan Diri yang Tinggi, Yakin pada Kemampuanmu!ilustrasi pria (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terlepas dari besar atau kecilnya pencapaian yang kamu raih, banggalah terhadap hal itu dan apresiasi setiap usahamu. Karena sebenarnya hal tersebut merupakan salah satu kuncinya untuk memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Karena yang sering bikin seseorang merasa insecure dan rendah diri itu sebenarnya diri kita sendiri. Yang mana ada rasa tidak bangga dan cenderung malu terhadap apa yang telah dicapai. Maka dari itu, apapun pencapaianmu tetap hargai hal itu dan jangan pernah merasa malu, ya. Justru kamu harusnya bangga bisa mencetak suatu pencapaian dengan usaha sendiri.

Baca Juga: 5 Tips Percaya Diri Bergaul dengan Teman Beragam Karakter dan Status 

4. Jadilah diri sendiri meskipun berbeda dengan yang lain

5 Kunci Memiliki Kepercayaan Diri yang Tinggi, Yakin pada Kemampuanmu!ilustrasi teman (pexels.com/RF Studio)

Segala sesuatunya harus dimulai dari diri sendiri, termasuk juga jika ingin memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Kamu harus bisa menerima dan mencintai dirimu sendiri terlebih dahulu kalau mau percaya diri.

Menerima ketidaksempurnaan, kekurangan, dan keunikan dirimu yang berbeda dengan orang lain. Jadilah diri sendiri meskipun dirimu berbeda dengan yang lain. Dengan begitu perlahan-lahan rasa percaya dirimu pun akan tumbuh dan meningkat dengan sendirinya. 

5. Jangan mau dilemahkan dengan komentar negatif orang lain

5 Kunci Memiliki Kepercayaan Diri yang Tinggi, Yakin pada Kemampuanmu!ilustrasi bicara (pexels.com/Mikhail Nilov)

Kalau mau memiliki kepercayaan diri yang tinggi, kuncinya yang terakhir ialah kamu harus kuat menghadapi komentar orang lain terhadapmu. Entah itu dalam bentuk kritik, ujaran kebencian, atau bahkan penilaian mereka terhadapmu.

Pokoknya kamu jangan mudah terpengaruh kalau ada orang yang berkomentar macam-macam tentangmu. Cukup jadikan pelajaran jika itu bersifat membangun. Lalu, acuhkan saja jika mereka berusaha menjatuhkan mentalmu. Karena kepercayaan diri yang tinggi merupakan bentuk ketahanan dirimu yang tidak lemah ketika dikomentari orang.

Itulah tadi lima kunci sikap yang harus dimiliki kalau mau memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Jadi pastikan dirimu yakin dan bangga terhadap dirimu sendiri, ya!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya