Comscore Tracker

Gak Cuma Mendengar, Ini 5 Manfaat Kalau Kamu Nyimak Orang Lain Bicara

Kamu menghargai orang lain dengan menyimak kata-katanya

Menjadi seorang pendengar yang baik bukan berarti hanya mendengarkan saat orang lain bicara saja akan tetapi juga menyimak dengan baik apa yang ia katakan, dan itulah bagian sulitnya karena kebanyakan orang hanya bisa mendengar tapi sulit untuk benar-benar menyimak.

Lalu apakah sebenarnya manfaat dari menyimak suatu pembicaraan yang membuat hal itu penting untuk dilakukan? Lima manfaat di antaranya pun akan kita bahas di bawah ini, jadi simak dengan baik ya!

1. Kamu bisa memberikan respon yang sesuai

Gak Cuma Mendengar, Ini 5 Manfaat Kalau Kamu Nyimak Orang Lain BicaraPexels.com/Fauxels

Pertama-tama, manfaatnya kalau kamu menyimak apa yang orang lain bicarakan padamu ialah kamu jadi bisa memberikan respon yang lebih sesuai. Karena respon atau tanggapan orang yang hanya mendengar dan yang benar-benar mendengar dan juga menyimak bakal terlihat dengan jelas, lho. Dan memberikan respon yang sesuai sangatlah penting untuk membangun komunikasi dan obrolan.

2. Mengerti apa yang sedang dibicarakan itu penting lho

Gak Cuma Mendengar, Ini 5 Manfaat Kalau Kamu Nyimak Orang Lain BicaraPexels.com/Edmond Dantes

Kedua, jika kamu menyimak pembicaraan maka otomatis kamu pun akan mengerti apa yang sedang dibicarakan dan hal itu sangatlah penting. Kan gak lucu kalau saat orang itu selesai bicara dan tiba-tiba menanyakan pendapatmu tapi kamu bingung harus jawab apa karena tidak mengerti. Jadi itulah gunanya menyimak.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Orang yang Banyak Bicara dan Sok Tahu

3. Kalau kamu menyimak maka lawan bicaramu pasti merasa dihargai

Gak Cuma Mendengar, Ini 5 Manfaat Kalau Kamu Nyimak Orang Lain BicaraPexels.com/Retha Ferguson

Kamu pasti senang jika orang lain menyimak apa yang apa yang kamu katakan,begitu pula orang lain yang juga akan senang jika kamu benar-benar menyimak pembicaraannya. Lebih daripada mendengar, menyimak menunjukkan bahwa kamu menghargai lawan bicaramu dengan baik. Jarang disadari namun hal ini sebenarnya membuatmu jadi pribadi yang baik di mata orang lain.

4. Mungkin ada suatu pembelajaran yang bisa kamu ambil dari pembicaraan itu

Gak Cuma Mendengar, Ini 5 Manfaat Kalau Kamu Nyimak Orang Lain BicaraPexels.com/Tim Gouw

Manfaatnya yang keempat jika kamu menyimak pembicaraan ialah karena mungkin saja ada suatu pembelajaran penting yang bisa kamu ambil dari pembicaraan itu. Entah itu pelajaran hidup dari pengalaman orang lain, nasihat untuk diri sendiri, atau pengetahuan yang menambah wawasanmu.

5. Pelan-pelan kamu belajar menjadi seorang pendengar yang baik

Gak Cuma Mendengar, Ini 5 Manfaat Kalau Kamu Nyimak Orang Lain BicaraPexels.com/Cottonbro

Lalu manfaatnya yang terakhir ialah dengan menyimak maka secara perlahan kamu pun belajar untuk menjadi seorang pendengar yang baik. Hal ini berguna dalam membangun hubungan sosial, komunikasi yang berkualitas dan juga mempererat persahabatan. Merupakan salah satu hal dasar yang sangat penting dalam hidup ini.

Itulah tadi beberapa manfaat jika kamu menyimak pembicaraan dan tidak hanya sekadar mendengarkan saja. Karena tidak ada ruginya jika kita bisa menjadi seorang pendengar yang baik, kan.

Baca Juga: Terkenal Malas Basa-basi, 6 Zodiak Paling Jujur dan Bicara Apa Adanya 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya