Comscore Tracker

5 Manfaat Menjalani Gaya Hidup Hemat, saat Pensiun Jadi Punya Tabungan

Hidup lebih enteng ketika menjalaninya dengan sederhana

Memang benar bahwa bagaimana hidup kita saat tua adalah tergantung gaya hidup seperti apa yang kita terapkan ketika muda. Bahwa setiap gaya hidup ada dampaknya tersendiri, sehingga kitalah yang mesti bijak memilih gaya hidup yang kira-kira dampaknya paling positif untuk jangka panjang. 

Salah satu yang bagus untuk diterapkan ialah gaya hidup hemat, yang mana akan sangat baik jika dilakukan sejak muda dan di usia produktif. Kenapa? Karena ada banyak sekali manfaat gaya hidup hemat yang menguntungkanmu hingga tua. Beberapa di antaranya dapat kamu simak pada lima poin pembahasan di bawah ini. 

1. Memanfaatkan setiap barang secara maksimal

5 Manfaat Menjalani Gaya Hidup Hemat, saat Pensiun Jadi Punya Tabunganilustrasi penuh barang (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Manfaat yang mungkin paling kamu rasakan saat menerapkan gaya hidup hemat ialah kamu jadi belajar mensyukuri segala hal. Kamu jadi benar-benar mensyukuri setiap hal yang dimiliki, mulai dari barang-barang kebutuhan hingga tempat tinggal dan kendaraan. 

Cara mensyukurinya lebih kepada memaksimalkan setiap barang sampai benar-benar rusak hingga harus diganti. Hal ini membuatmu benar-benar hemat dalam hidup, tidak banyak beli barang kecuali butuh dan barang yang dipunya sudah tak bisa dipakai lagi. 

2. Mengatur dan menggunakan uang dengan bijak

5 Manfaat Menjalani Gaya Hidup Hemat, saat Pensiun Jadi Punya Tabunganilustrasi hitung uang (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Gaya hidup hemat sedikit banyaknya mengajarkanmu untuk mengatur uang dengan bijak. Mulai dari pendapatan, pengeluaran, semuanya kamu atur dengan teliti agar selau hemat dan tepat penggunaannya. 

Tentu hal ini sangat bermanfaat untuk hidupmu, dimana kamu belajar menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dalam mengurus keuangan. Penghasilan bulanan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan, menabung, hingga berinvestasi untuk masa tua. 

Baca Juga: 5 Cara Efektif Mengatur Keuangan untuk Persiapan Menikah

3. Tak mengejar gengsi

5 Manfaat Menjalani Gaya Hidup Hemat, saat Pensiun Jadi Punya Tabunganilustrasi pria sendirian (pexels.com/Katerina Holmes)

Percaya atau tidak, salah satu hal yang bikin hidup ini gak tenang ialah kalau terlalu mengikuti gengsi. Yang mana hal itu tidak akan pernah ada habisnya, seperti standar sosial yang menghancurkan hidupmu kalau terlalu diikuti arusnya. 

Sehingga manfaat lainnya kalau menjalani gaya hidup hemat ialah kamu bakal merasa lebih enteng dalam keseharian. Karena tidak dikejar gengsi, tidak dituntut oleh standar sosial, dan hanya berfokus pada kesederhanaan hidupmu dengan berhemat. 

4. Terbiasa gaya hidup sederhana

5 Manfaat Menjalani Gaya Hidup Hemat, saat Pensiun Jadi Punya Tabunganilustrasi berkumpul (pexels.com/Fauxels)

Ketika gaya hidup hemat sudah melekat pada dirimu, kekayaan yang melimpah tak akan serya merta mengubah gaya hidupmu menjadi mewah dan boros. Melainkan kamu akan tetap tampil sederhana dan tidak sombong sambil tetap menerapkan prinsip hematmu. 

Bisa dibilang bahwa hal ini sangat bagus untuk jangka panjang hidupmu, yang mana kamu jadi bisa memanfaatkan kekayaan dengan optimal dan positif karena hatinya tetap sederhana. Rata-rata orang kaya yang hemat dan sederhana hidupnya lebih bahagia dan positif. 

5. Saat pensiun jadi punya tabungan

5 Manfaat Menjalani Gaya Hidup Hemat, saat Pensiun Jadi Punya Tabunganilustrasi pegang uang (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Gaya hidup hemat jika terus dijalani dengan konsisten sejak muda maka manfaatnya dapat dirasakan ketika tua. Yang mana kehidupan masa tuamu lebih terjamin dengan memiliki tabungan dari hasil berhemat. 

Tidak apa-apa jika saat sudah pensiun tetap ingin cari kesibukan dan mendapat sedikit penghasilan, yang penting untuk kebutuhan utama sudah gak pusing lagi karena terjamin dengan tabungan. Jadi meskipun gak hidup kaya, yang penting tercukupi dan masa tua dapat dilalui dengan nyaman karena sejak muda konsisten berhemat. 

Intinya, kalau di masa muda menjalani hidup dengan bijak, salah satunya dengan memilih gaya hidup hemat, maka hidup bisa berjalan dengan lebih tertata. Bahkan hingga tua pun juga dapat hidup dengan lebih nyaman karena hasil dari berhemat selama muda. 

Baca Juga: 5 Tips Mengatur Keuangan Sederhana agar Gaji Gak Numpang Lewat 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya