Comscore Tracker

Mulai 5 Hal Ini Kalau Ingin Menata Ulang Hidup dari Nol

Mulai dari yang paling sederhana saja dulu

Tidak ada kata terlambat untuk menata ulang hidupmu lagi mulai dari nol. Mulai dari belajar disiplin untuk mengurus diri sendiri hingga memperbaiki hubunganmu yang mungkin sempat retak dan rusak dengan orang sekitar. Yang mana dengan memulainya dari yang paling sederhana akan membuat hidupmu berjalan semakin baik dari hari ke hari. Untuk pembahasan lengkapnya bisa simak lima poinnya di bawah ini. 

1. Atur rutinitas harian untuk lebih tertata

Mulai 5 Hal Ini Kalau Ingin Menata Ulang Hidup dari Nolilustrasi pria (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kalau mau menata ulang hidupmu dari nol, maka mulailah dari yang paling sederhana terlebih dahulu yaitu membenahi rutinitas sehari-hari. Karena bisa jadi hidupmu berantakan dan kacau disebabkan oleh rutinitasmu yang tidak teratur. 

Jadi pastikan kamu mengatur dengan baik kapan kamu tidur dan bangun di pagi hari, lalu dilanjutkan dengan sarapan dan aktivitas sehari-hari seperti membersihkan rumah atau yang lainnya. Karena kalau mau membenahi hidup memang baiknya mulai dari yang paling dasar, kan. 

2. Perbaiki hubungan baikmu dengan orang sekitar

Mulai 5 Hal Ini Kalau Ingin Menata Ulang Hidup dari Nolilustrasi teman (pexels.com/Keira Burton)

Hal lainnya yang bisa kamu jadikan permulaan dalam menata ulang hidupmu ialah dengan memperbaiki hubungan dengan orang-orang di sekitar. Entah itu teman-temanmu, orangtua, saudara, bahkan mungkin senior atau pada guru yang sebelumnya mungkin pernah bertengkar denganmu. 

Memperbaiki hubungan baik dengan orang sekitar merupakan awalan baik untuk menata ulang hidup. Karena kalau mau membuka lembaran hidup baru yang lebih baik tentunya kamu pun juga harus membangun hubungan baik pula dengan orang-orang yang tadinya rusak atau renggang. 

Baca Juga: 5 Tips Survive buat Kamu yang Baru Bekerja dan Belajar Menata Hidup

3. Mengembangkan diri untuk memperbaiki kekuranganmu

Mulai 5 Hal Ini Kalau Ingin Menata Ulang Hidup dari Nolilustrasi kerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menata ulang hidupmu rasanya kurang kalau gak dibarengi dengan perbaikan diri. Maksudnya perbaikan diri di sini ialah kamu refleksi diri tentang apa yang kurang dan buruk dari dirimu lalu berusaha memperbaikinya. 

Misalnya dengan menghilangkan sifat buruk dan menggantinya dengan yang lebih baik, atau meningkatkan diri dengan belajar skill baru yang tadinya sama sekali tidak kamu kuasai. Dengan begitu perubahan hidupmu yang lebih tertata pun dibarengi dengan peningkatan diri juga. 

4. Terapkan gaya hidup sehat

Mulai 5 Hal Ini Kalau Ingin Menata Ulang Hidup dari Nolilustrasi makan (pexels.com/Sam Lion)

Menata hidupmu maka tak akan lepas dari gaya hidup yang juga mesti diperbaiki menjadi lebih sehat dari sebelumnya. Jika tadinya kamu suka sekali makan makanan yang kurang sehat, maka dengan menata hidup kembali dirimu pun berubah dengan menerapkan gaya hidup sehat. 

Kamu bisa melakukannya dengan pelan-pelan, mulai dari memperbaiki kualitas tidur, merawat diri, makan makanan sehat lalu ditambah dengan olahraga ringan. Seiring bertambah sehat dan terjaganya dirimu maka semakin tertata pula hidupmu. 

5. Jalanilah hidupmu dengan menjadi diri sendiri

Mulai 5 Hal Ini Kalau Ingin Menata Ulang Hidup dari Nolilustrasi wanita (pexels.com/Mikhail Nilov)

Hal terakhir dan yang juga paling penting dalam menata ulang hidupmu ialah dengan menjadi diri sendiri. Karena hidup yang berantakan bisa jadi akibat dari mengikuti perkataan orang atau bahkan standar sosial yang ternyata tidak cocok untukmu. 

Maka dari itu jalanilah hidupmu sebagaimana yang kamu inginkan. Jangan takut untuk berpegang pada prinsipmu sendiri sehingga kamu bisa menata hidup dengan lebih baik dari sebelumnya yang serba mengikuti orang lain. Karena apa yang baik untuk orang belum tentu pas untuk hidupmu, kan. 

Kesimpulannya, kalau mau membenahi dan menata ulang hidupmu maka mulailah dari yang paling sederhananya terlebih dahulu. Karena kalau dasarnya sudah baik akan lebih mudah untuk membenahi yang lainnya juga. 

Baca Juga: 5 Langkah Menata Diri setelah Ditimpa Berbagai Masalah, Kamu Bisa!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya