Comscore Tracker

5 Cara Mengatur Standar Hidup Agar Tidak Melebihi Batas Kemampuanmu

Karena kalau ketinggian justru menyulitkan diri sendiri lho

Bicara soal hidup, setiap orang pasti punya standar hidupnya masing-masing. Yang mana standar hidup ini akan sangat memengaruhi gaya hidup dan hal-hal lainnya. Akan tetapi banyak orang yang lupa untuk mengontrol standar hidupnya sehingga menyulitkan dirinya sendiri.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa cara yang konon efektif untuk mengatur standar hidup supaya jangan sampai melebihi batas kemampuan diri. Yuk simak lima caranya di bawah ini!

1. Tidak memaksakan diri mengikuti tren

5 Cara Mengatur Standar Hidup Agar Tidak Melebihi Batas KemampuanmuPexels.com/Elevate

Tinggi atau rendahnya standar hidup sebenarnya kamu sendiri yang menentukan, bisa dari kebiasaan, atau keadaan lingkunganmu. Maka dari cara yang pertama agar standar hidupmu gak melebihi batas kemampuan ialah dengan tidak memaksakan diri mengikuti tren. Karena kalau kamu terus ikut-ikutan orang sekitarmu bisa-bisa malah lupa diri dan membuat standar hidup yang terlalu tinggi.

2. Sadar batasan yang kamu sanggup

5 Cara Mengatur Standar Hidup Agar Tidak Melebihi Batas KemampuanmuPexels.com/Andrea Piacquadio

Cara kedua yang bisa kamu lakukan ialah dengan menanamkan kesadaran diri sendiri. Kamu harus tahu dulu sampai sejauh mana kemampuan dirimu dan memahami apa yang kamu butuhkan dalam hidup. Dengan begitu standar hidupmu pun jadi lebih sesuai dan pas alias tidak membebani.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Standar Hidup Berkecukupan, Auto Bahagia Tiap Hari!

3. Realistis dalam ekspektasi dan harapan

5 Cara Mengatur Standar Hidup Agar Tidak Melebihi Batas KemampuanmuPexels.com/Startup Stock Photos

Cara ketiga supaya tingkat standar hidupmu gak melebihi batas kemampuan ialah dengan bersikap realistis. Jangan berangan-angan dan menginginkan hal yang terlalu tinggi, karena kalau ketinggian kamu juga yang bakal susah meraihnya. Realistis dengan keadaan hidup, ekspektasi, dan juga harapan.

4. Gak menuruti gengsi

5 Cara Mengatur Standar Hidup Agar Tidak Melebihi Batas KemampuanmuPexels.com/Borko Manigoda

Keempat, cara yang juga ampuh untuk mengatur standar hidup supaya gak melebihi batas kemampuan ialah dengan tidak menuruti gengsi. Kamu gak perlu berusaha keras hanya supaya dipandang hebat orang lain. Karena kalau gengsi terus dituruti maka akibatnya standar hidupmu pun perlahan-lahan jadi meninggi dan melebihi batas kemampuanmu sendiri.

5. Hidup biasa saja alias gak muluk-muluk

5 Cara Mengatur Standar Hidup Agar Tidak Melebihi Batas KemampuanmuPexels.com/Sora Shimazaki

Lalu caranya yang terakhir ialah dengan hidup apa adanya dan gak muluk-muluk. Menjalani aktivitas seperti biasa, mensyukuri hidup, dan bekerja untuk memenuhi kebutuhan. Bukan malah menginginkan ini itu sehingga menetapkan standar hidup yang tinggi. Maka dari itu janganlah aneh-aneh dan jalani saja hidup dengan standar yang sesuai. 

Kamu bisa lakukan cara di atas untuk mengatur standar hidup agar tidak melebihi batas kemampuan alias ketinggian. Jadi ukurlah kemampuan dirimu dan tetapkan standar hidup yang sesuai ya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Selalu Mengikuti Standar Hidup Orang Lain, Bikin Capek!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya