Comscore Tracker

5 Hal yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Mengkhawatirkan Pandangan Orang

Hari-harimu jadi gak tenang, penuh tekanan dan kekhawatiran

Ketika hidup bersosial wajar bila terkadang kita mempedulikan penilaian orang, sebab citra kita memang tergantung bagaimana orang-orang melihat dan menilai. Akan tetapi bukan berarti kamu harus selalu mengkhawatirkan pandangan orang dan menjadikannya pedoman dalam hidup. Karena jika kamu melakukannya maka akan terjadi beberapa hal pada dirimu seperti beberapa di bawah ini, simak baik-baik ya!

1. Selalu merasa insecure

5 Hal yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Mengkhawatirkan Pandangan OrangPexels.com/Polina Zimmerman

Hal pertama yang terjadi bila kamu selalu mengkhawatirkan pandangan orang adalah kamu justru bisa jadi insecure atau tidak percaya diri. Sebab yang kamu pikirkan cuma bagaimana orang-orang menilai, padahal kamu sendiri harus percaya pada dirimu sendiri dan menghargai dirimu apa adanya. 

2. Memaksakan diri untuk mengikuti standar sosial

5 Hal yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Mengkhawatirkan Pandangan OrangPexels.com/Pressmaster

Hal kedua yang terjadi bila kamu terlalu mengkhawatirkan pandangan orang ialah kamu bisa saja jadi memaksakan diri untuk mengikuti standar sosial. Entah itu dalam berpakaian, jenjang pendidikan, pasangan, atau bahkan jenis pekerjaan, bukankah melelahkan untuk selalu mengikuti hal itu?

Baca Juga: Miliki 5 Pola Pikir Ini Agar Gak Khawatir dengan Pandangan Orang Lain

3. Tak mengerti diri sendiri

5 Hal yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Mengkhawatirkan Pandangan OrangPexels.com/Ingrid Santana

Lalu kamu juga jadi kurang bisa mengerti dirimu sendiri kalau selalu memikirkan pandangan orang lain terhadapmu, yang mana hal itu membuatmu mengubah diri sesuai apa yang mereka sukai. Lama-lama justru kamu malah kehilangan jati diri, dan kesulitan untuk mengenali apa yang sesungguhnya kamu inginkan.

4. Bisa terkena stres berkepanjangan

5 Hal yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Mengkhawatirkan Pandangan OrangPexels.com/Andrea Piacquadio

Kemudian, hal terburuk yang mungkin saja terjadi ialah kamu bisa terkena stres jangka panjang. Hal itu disebabkan karena kamu mengkhawatirkan penilaian atau pandangan orang setiap hari, jadi pikiranmu selalu stres karena tertekan. Padahal sebenarnya kamu gak perlu selalu memikirkannya, utamakan kebahagiaan dan bebas melakukan apa yang kamu mau.

5. Hidup jadi terasa penuh tekanan dari pikiran sendiri

5 Hal yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Mengkhawatirkan Pandangan OrangPexels.com/Andrea Piacquadio

Dan kamu pun juga merasa hidup penuh dengan tekanan oleh pikiranmu sendiri karena terus mengkhawatirkan itu. Setiap hal yang kamu lakukan selalu tak lepas dari keinginan untuk dipandang baik, dan jika kamu melakukan suatu hal dengan kurang baik kamu pun takut akan pandangan orang yang bakal buruk padamu. 

Pada beberapa situasi memang baik bagi kita jika memikirkan apa pandangan orang karena menjaga diri sendiri supaya tak keluar batas, namun jika selalu mengkhawatirkannya justru tak baik bagimu dan mengakibatkan beberapa hal di atas terjadi. 

Baca Juga: 5 Alasan Kita Harus Berhenti Memikirkan Pandangan Orang

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya