Comscore Tracker

5 Ciri Orang yang Ingin Menjatuhkan Mentalmu dengan Kritiknya

Kamu harus kuat mental menghadapi orang-orang seperti ini

Semakin lama kamu hidup maka kamu pun akan mengetahui bahwa ada banyak sekali tipe orang di sekitarmu, ada yang baik dan tulus tapi ada juga yang jahat dan buruk untuk didekati.

Salah satu tipe orang yang buruk ialah mereka yang ingin menjatuhkan mentalmu dengan kritiknya. Apa pun yang kamu lakukan, kritik memang bukanlah suatu hal yang bisa dihindari, akan tetapi kamu pasti tahu mana kritik yang bermaksud baik dan mengingatkan serta kritik yang bertujuan menjatuhkan.

Orang-orang yang seperti ingin menjatuhkan mental dari kritiknya inilah yang sebaiknya kamu hadapi dengan hati-hati. Berikut ini adalah lima ciri-ciri di antaranya. Simak baik-baik!

1. Dia menggunakan kata-kata yang terkesan menyudutkan

5 Ciri Orang yang Ingin Menjatuhkan Mentalmu dengan KritiknyaPexels.com/Cottonbro

Ciri-ciri yang pertama kalau ada seseorang yang ingin menjatuhkan mentalmu dengan mengkritik, kamu bisa lihat dari kritiknya yang menggunakan kata-kata menyudutkan. Dia bakal bersikeras bahwa dirimu salah, dan kritiknya hanya berisi kata-kata yang membuatmu tidak bisa membantah seolah-olah dialah yang benar. Meskipun tidak menyakiti fisik, akan tetapi dia justru menyerangmu secara mental.

2. Kritiknya menggiring opini buruk pada orang sekitar

5 Ciri Orang yang Ingin Menjatuhkan Mentalmu dengan KritiknyaPexels.com/Andrea Piacquadio

Kemudian cirinya yang kedua jika ada seseorang yang ingin menjatuhkan mentalmu dengan kritiknya maka kamu bisa melihat dari bentuk kritik yang dia ungkapkan sehingga menggiring opini buruk pada orang sekitar. Dia tidak hanya mengkritikmu dengan tajam, akan tetapi juga berusaha membuat orang lain berpikiran buruk terhadapmu. Biasanya orang seperti ini ada dalam suatu organisasi atau tim di lingkungan kerja.

Baca Juga: 5 Aturan dalam Mengkritik, Bebas Tersinggung dan Sakit Hati

3. Penuh penghakiman sepihak

5 Ciri Orang yang Ingin Menjatuhkan Mentalmu dengan KritiknyaPexels.com/August De Richelieu

Ciri-ciri ketiga orang yang ingin menjatuhkan mentalmu dengan kritiknya adalah ketika kritik yang dia berikan dipenuhi penghakiman sepihak. Dia mungkin melihat celah kekurangan atau kesalahan padamu, dan menggunakan itu sebagai kesempatan melemahkan mentalmu melalui kritiknya. Kamu harus kuat dan jangan mudah terpengaruh pada kritik yang penuh penghakiman.

4. Menunjukkan kelemahanmu di depan orang-orang

5 Ciri Orang yang Ingin Menjatuhkan Mentalmu dengan KritiknyaPexels.com/Andrea Piacquadio

Kritik yang berisi penjabaran kelemahan-kelemahanmu di hadapan orang lain juga merupakan tanda kalau dia mungkin saja ingin menjatuhkan mentalmu. Kenapa hal ini bertujuan menjatuhkan mental? Karena dengan membuka kelemahan yang biasanya disembunyikan tentu akan membuat seseorang malu atau bahkan kehilangan kepercayaan diri. Kritik yang seperti ini sama buruknya seperti mencela.

5. Mencari-cari celah kesalahan untuk mengkritikmu

5 Ciri Orang yang Ingin Menjatuhkan Mentalmu dengan KritiknyaPexels.com/Andrea Piacquadio

Mencari-cari celah kesalahan pada suatu hal yang kamu lakukan atau katakan juga merupakan ciri-ciri orang yang ingin menjatuhkan mentalmu dari kritiknya. Tak peduli sekecil apa pun celah itu, atau sesederhana apapun kesalahanmu, selama dia bisa mengkritikmu dengan itu maka ia pun tak peduli. Tipe orang menyebalkan yang gak berhenti mengkritik orang di sekitarnya tanpa tahu malu.

Pokoknya kalau kamu bertemu orang dengan ciri seperti di atas pastikan untuk menjaga jarak ya, dan kamu pun harus kuat dan jangan sampai mentalmu terpengaruh oleh kritik buruknya. 

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Mudah Mengkritik Hidup Seseorang, Bisa Jadi Toxic!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya