Comscore Tracker

Menyulitkan Diri Sendiri, 5 Akibatnya Kalau Hidup Menuruti Gengsi

Hidupmu jadi ribet dan serba dipaksakan demi gengsi 

Enteng atau tidaknya hidup seseorang sejatinya tergantung pada bagaimana setiap orang dalam menjalaninya. Kalau sukanya hidup sederhana dan serba simple karena apa adanya tentu hidup bakal terasa enteng untuk dijalani, karena banyak orang yang sebenarnya tidak sadar bahwa dirinya sendirilah yang membuat hidupnya jadi sulit dan ribet.

Salah satu penyebabnya yang sering terjadi ialah jika kamu menjalani hidup dengan mengikuti gengsi, yang mana hal itu tidak akan pernah habisnya sebab kamu menjadikan pengakuan orang sebagai tujuan hidupmu, dan demi sebuah pengakuan dan gengsimu sendiri tak jarang malah membuatmu berada di situasi sulit akibat memaksakan diri. Menyulitkan dirimu sendiri, simak beberapa akibatnya kalau caramu dalam menjalani hidup adalah dengan mengikuti gengsi.

1. Kebahagiaan hidupmu ditentukan oleh pengakuan orang lain

Menyulitkan Diri Sendiri, 5 Akibatnya Kalau Hidup Menuruti Gengsiilustrasi senang (pexels.com/Tim Douglas)

Gengsi itu ada ketika dirimu ingin menjadi yang terbaik dan ingin dipandang baik oleh orang lain, yang mana kalau terus menurutinya maka akibatnya yang pertama ialah kebahagiaan hidupmu bisa jadi ditentukan oleh pengakuan orang lain.

Dengan terus mengikuti gengsi dirimu pun tanpa sadar jadi terus mengejar pengakuan untuk memenuhi kepuasan dirimu sendiri. Hal ini sebenarnya tidak baik terutama pada mentalmu, karena kalau suatu saat kamu sudah tak sanggup menuruti gengsi lagi dan orang-orang tak lagi memujimu, dirimu bisa kehilangan nilai atas diri sendiri.

2. Memaksakan diri demi tidak terkalahkan oleh gengsi

Menyulitkan Diri Sendiri, 5 Akibatnya Kalau Hidup Menuruti Gengsiilustrasi berkumpul (pexels.com/Fauxels)

Akibatnya yang ketiga kalau terus menjalani hidup dengan mengikuti gengsi ialah lama kelamaan kamu jadi memaksakan diri demi tidak terkalahkan oleh gengsi. Karena sekalinya kamu mendapat pengakuan atas gengsimu, hal itu pun bisa menjadi candu yang mengikatmu untuk terus menuruti gengsi-gengsi yang lain.

Kamu tidak lagi berpikir dengan rasional, bahkan jika dirimu harus memaksakan diri untuk memenuhinya pun tetap saja kamu lakukan. Akhirnya semua itu hanya akan menyulitkan dirimu sendiri.

3. Kamu jadi gak bisa bersikap apa adanya dan selalu menjaga citra

Menyulitkan Diri Sendiri, 5 Akibatnya Kalau Hidup Menuruti Gengsiilustrasi teman (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hidup dengan menuruti gengsi juga bisa berpengaruh buruk pada caramu dalam menjalani hidup, yang mana kamu jadi tidak bisa bersikap apa adanya dan selalu menjaga citra.

Dengan semua gengsi yang kamu miliki tentu kamu jadi tidak bebas dalam melakukan sesuatu, takut kalau dilihat orang lain, tidak mau merusak semua upayamu dalam menjaga gengsi, padahal itu semua sebenarnya hanya membuatmu jadi tidak jujur terhadap diri sendiri dan memakai topeng palsu terhadap apa yang kamu inginkan dalam hidup. Di sisi lain dirimu juga kasihan karena terjebak dalam gengsi sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Tak Perlu Adu Gengsi dalam Urusan Pertemanan

4. Boros karena membeli barang-barang yang sedang tren meski sebenarnya tidak perlu

Menyulitkan Diri Sendiri, 5 Akibatnya Kalau Hidup Menuruti Gengsiilustrasi belanja (pexels.com/Gustavo Fring)

Akibat lainnya yang timbul kalau hidup mengikuti gengsi ialah kamu jadi boros karena membeli barang-barang yang sedang tren meski sebenarnya tidak perlu. Mengikuti gengsi sebenarnya membuat gaya hidupmu jadi semakin meninggi, kamu malu jika tidak memiliki barang yang sudah dimiliki orang di sekitarmu atau selalu memakai barang yang sedang tren dan ramai diperbincangkan.

Padahal kalau dipikir-pikir justru hal itu bukanlah yang kamu butuhkan dan terlalu menghabiskan banyak uang, namun kamu tidak bisa apa-apa karena gengsi.

5. Pantang tak top, alias selalu ingin terlihat lebih hebat dari orang lain

Menyulitkan Diri Sendiri, 5 Akibatnya Kalau Hidup Menuruti Gengsiilustrasi teman (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika terus mengikutinya maka semakin lama gengsi akan mempengaruhi pribadimu, lho. Yang mana karena sudah terbiasa dengan itu kamu menjadi sosok yang pantang tak top, tidak suka jika terlihat lebih rendah dari orang lain dan selalu ingin menjadi yang terhebat. Bukankah melelahkan menjalani hidup yang seperti itu?

Memaksakan diri dan melakukan apa saja demi selalu menjadi yang terbaik di mata orang atau kamu akan malu karena tidak bisa memenuhi gengsi. Hidup jadi tidak terasa nyaman karena selalu diatur oleh gengsimu sendiri.

Itulah tadi lima akibatnya kalau hidup menuruti gengsi, gak bakal pernah ada habisnya malahan hanya akan menyulitkan dirimu sendiri. Padahal kalau tidak menuruti gengsi hidupmu akan terasa lebih nyaman dan enteng untuk dijalani, lho.

Baca Juga: 6 Sebab Orang Suka Membeli Barang Mahal, Bukan Semata Gengsi, Lho

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya