Comscore Tracker

5 Plus Minus Memilih Tidak Menikah, Hidup Bebas Tapi Kadang Kesepian

Hidup sendiri memang nyaman, tapi risikonya sepi

Menikah bukanlah kewajiban, melainkan pilihan yang setiap orang bebas menentukannya apakah mau menikah atau tidak dalam hidupnya. Sebagaimana normalnya orang yang memilih untuk menikah, memilih tidak menikah bukanlah suatu kesalahan.

Akan tetapi perlu dipahami bahwa pada dasarnya setiap pilihan memiliki sisi plus minusnya sendiri. Tidak menikah memang nyaman dan penuh kebebasan, tapi di sisi lain juga ada risikonya seperti rasa kesepian karena selalu sendiri. Pembahasan lebih lengkapnya ada di bawah ini, jadi simak baik-baik setiap poinnya, ya! 

1. Bisa fokus sepenuhnya mengembangkan karier tanpa mikirin percintaan

5 Plus Minus Memilih Tidak Menikah, Hidup Bebas Tapi Kadang Kesepianilustrasi kerja santai (pexels.com/Sora Shimazaki)

Sisi plus atau keuntungannya yang pertama kalau memilih tidak menikah ialah kamu bisa fokus pada karier. Fokus sepenuhnya yang mana seluruh waktumu bisa didedikasikan untuk mengejar karier tanpa memusingkan pasangan atau kapan menikah.

Hal ini merupakan kebahagiaan tersendiri untuk seorang workaholic, karena waktunya jadi tidak terganggu dan bisa fokus pada perkembangan kariernya sendiri. Dan memutuskan untuk tidak menikah dan menikmati keuntungan ini tentu tidak menjadi masalah selama kamu bahagia. 

2. Punya banyak waktu bebas untuk diri sendiri

5 Plus Minus Memilih Tidak Menikah, Hidup Bebas Tapi Kadang Kesepianilustrasi pria (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kelebihan lainnya kalau memilih tidak menikah ialah kamu punya banyak waktu bebas untuk diri sendiri. Bebas untuk berkeliling dunia, melakukan apapun yang diinginkan, berkarier sepuasnya, pokoknya bebas menyenangkan diri sendiri.

Berbeda dengan teman-temanmu yang menikah dan disibukkan dengan keluarga dan anak, kamu bebas menikmati waktu sendirimu. Dan mungkin sebagian teman dan orang di sekitarmu akan iri dengan kebebasan yang kamu miliki. 

Baca Juga: 9 Alasan Perempuan Memilih Gak Menikah, Hargai Keputusannya

3. Hanya harus bertanggung jawab untuk hidup sendiri saja

5 Plus Minus Memilih Tidak Menikah, Hidup Bebas Tapi Kadang Kesepianilustrasi bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Entah yang satu ini termasuk sebagai keuntungan tidak menikah atau bukan, tapi yang jelas beban hidupmu lebih ringan jika tidak menikah. Yang mana secara otomatis tanggungan hidupmu jadi lebih ringan yaitu hanya dirimu sendiri saja.

Hal ini tentu meringankan dirimu sendiri apalagi kalau tanggung jawabmu ada banyak, seperti menjadi tulang punggung keluarga atau membiayai adik-adik yang banyak. Hidup sendiri bakal terasa lebih enteng dan tak menambah beban yang sudah ada. 

4. Kadang kesepian karena gak ada yang menemani dan bisa diajak bicara

5 Plus Minus Memilih Tidak Menikah, Hidup Bebas Tapi Kadang Kesepianilustrasi duduk sendiri (pexels.com/Cottonbro)

Di balik keuntungan dan sisi plusnya, jangan lupakan juga kalau setiap pilihan pasti dibarengi dengan sisi minus. Yakni sisi minus jika memilih tidak menikah ialah kadang kamu mungkin merasa kesepian karena selalu sendiri.

Tidak ada yang menemanimu di akhir pekan ketika memutuskan hidup sendiri selamanya, atau tidak ada yang bisa diajak bicara ketika semua orang terdekatmu sibuk. Karena banyak orang menikah alasannya sederhana, yaitu ingin ada yang menemani dan bisa menjadi teman bicara ketika sedang tidak baik-baik saja. 

5. Gak ada yang mengurus ketika sudah tua renta

5 Plus Minus Memilih Tidak Menikah, Hidup Bebas Tapi Kadang Kesepianilustrasi orang tua (pexels.com/Karolina Grabowska)

Minus lainnya jika memilih untuk tidak menikah ialah tidak ada yang mengurusmu ketika pensiun dan memasuki usia tua. Karena kalau tidak menikah tentu tidak punya pasangan dan juga anak yang setia di sampingmu.

Meskipun bisa saja membayar orang untuk mengurusmu di masa tua, namun tetap saja rasanya berbeda karena hal itu sebatas pekerjaan mereka saja. Tidak ada kehangatan dan kasih sayang tulus yang membuat masa tuamu terasa bahagia.

Itulah tadi lima plus minusnya kalau memilih untuk tidak menikah. Meskipun tidak ada yang salah dengan pilihan itu, pastikan bahwa kamu bisa menerima plus minusnya untuk ke depannya nanti, ya. Karena setiap pilihan pasti ada risikonya. 

Baca Juga: 5 Pelajaran Berharga saat Gagal Menikah, Bukan Akhir dari Segalanya

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya