Comscore Tracker

Pegang 5 Prinsip Ini Supaya Hidupmu Gak Menyusahkan Orang Lain

Pokoknya jangan manja dan bergantung pada orang lain

Merupakan suatu hal yang wajar bagi setiap orang belajar mandiri untuk bisa mengurus dirinya sendiri ketika dewasa, bahkan kalau bisa melakukannya sejak muda agar saat tua sudah terbiasa. Karena yang namanya hidup kan tanggung jawab masing-masing orang terhadap hidupnya.

Untuk bisa melakukannya kamu harus berusaha supaya tidak menyusahkan orang lain, yang mana bisa dimulai dengan memegang beberapa prinsip dalam hidup. Mulai dari mencoba menyelesaikan masalah sendiri, tidak bergantung pada kebaikan orang lain, hingga memenuhi semua kebutuhan sendiri. Pembahasan lengkapnya bisa simak lima prinsip yang ada di bawah ini, ya!

1. Menyelesaikan masalah sendiri kalau masih sanggup melakukannya

Pegang 5 Prinsip Ini Supaya Hidupmu Gak Menyusahkan Orang Lainilustrasi berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kalau tidak ingin hidupmu menyusahkan orang lain, maka peganglah prinsip yang satu ini, yaitu selalu berusaha selesaikan masalahmu sendiri jika masih sanggup. Jangan selalu menerima bantuan orang lain atau bahkan sampai mengandalkan orang lain.

Sebab jika kamu terbiasa mengandalkan bantuan orang lain, di situlah bahayanya. Tanpa sadar kamu telah menyusahkan mereka, membuat urusan dan beban mereka bertambah untuk menyelesaikan masalahmu. Jadi kalau kamu masih mampu, selesaikanlah sendiri, ya!

2. Tidak bergantung pada orang sekitar meskipun mereka baik padamu

Pegang 5 Prinsip Ini Supaya Hidupmu Gak Menyusahkan Orang Lainilustrasi bicara (pexels.com/Fauxels)

Sebaik apapun orang di sekitarmu, tetaplah pegang prinsip bahwa kamu tidak akan bergantung pada mereka. Karena sebaik-baiknya orang kalau kamu terus mengandalkannya lama kelamaan bisa menyusahkannya juga.

Jadi, kalau dirasa masih mampu untuk hidup secara independen, lebih baik begitu daripada mengandalkan kebaikan orang-orang di sekitarmu. Bagaimanapun juga hal ini demi kebaikanmu sendiri di masa depan. Supaya tetap bisa mandiri dan menjaga kenyamanan mereka bersamamu agar tak dianggap memanfaatkan mereka. 

3. Tidak membiarkan dirimu menerima banyak pemberian dan bantuan orang lain

Pegang 5 Prinsip Ini Supaya Hidupmu Gak Menyusahkan Orang Lainilustrasi beri hadiah (pexels.com/Nicole Michalou)

Rasanya tentu membahagiakan ketika ada banyak orang yang peduli dan baik padamu dengan memberikan banyak hadiah. Tapi perlu diketahui juga kalau terlalu sering menerima pemberian orang justru kurang baik, lho.

Yang mana pada saat-saat tertentu mungkin apa yang mereka beri padamu malah membebaninya. Maka dari itu, cobalah untuk menolak beberapa pemberian orang secara halus supaya mereka tidak perlu merasa harus membebankan dirinya untuk memberimu sesuatu. Prinsip ini juga bagus untuk membentuk mindset supaya tidak mengharapkan pemberian orang.

Baca Juga: 5 Cara atasi Perasaan saat Butuh Bantuan agar Terasa Lebih Nyaman

4. Sepenuhnya mandiri dalam mengurus dan memenuhi segala kebutuhan

Pegang 5 Prinsip Ini Supaya Hidupmu Gak Menyusahkan Orang Lainilustrasi wanita (pexels.com/Fauxels)

Peganglah prinsip bahwa kamulah yang bertanggung jawab penuh untuk memenuhi kebutuhan dan mengurus segala urusan sendiri. Ini penting kalau kamu memang gak mau menyusahkan orang lain. Ketahuilah, kamu mesti belajar menjadi sosok yang independen.

Kerja dan berpenghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhanmu dan mandiri mengurus semua urusanmu sendirian. Selain tidak menyusahkan orang lain, hal ini juga berguna untuk membuatmu menjadi orang dewasa seutuhnya. Bisa berdiri sendiri dan bertanggung jawab atas hidupmu sendiri.

5. Tidak meminjam apapun ke orang lain kecuali kalau benar-benar butuh

Pegang 5 Prinsip Ini Supaya Hidupmu Gak Menyusahkan Orang Lainilustrasi pegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Prinsip terakhir yang mesti kamu pegang supaya tidak menyusahkan orang lain ialah tidak membiasakan diri meminjam pada orang lain. Baik itu berupa barang ataupun uang, pegang prinsip untuk tidak meminjam kecuali kalau benar-benar butuh saja.

Di keadaan terdesak tentu kamu membutuhkan bantuan orang dengan meminjam pada mereka, tapi kalau kamunya masih sanggup menanggung sendiri, maka tidak perlu meminjam dari orang lain. Karena kalau sampai hal ini dijadikan kebiasaan bisa bahaya. Kamu bakal merasa enteng untuk meminjam ke orang lain tanpa berpikir bahwa hal itu dapat menyusahkan mereka.

Hidup secara mandiri dan tidak menyusahkan orang lain sebenarnya mudah dilakukan. Kamu bisa mencobanya dengan memegang lima prinsip hidup tadi supaya tidak menggantungkan diri pada uluran tangan orang lain. 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya