Comscore Tracker

5 Poin Penting dalam Proses Menerima dan Memahami Diri Sendiri 

Supaya jangan sampai salah mengartikannya #IDNTimesLife

Kita semua melewati hari demi hari dengan mengikuti jalan hidup masing-masing, melakukan apa yang diinginkan dengan ambisi yang berbeda-beda. Akan tetapi kita tidak sadar tentang pentingnya menerima dan memahami diri sendiri.

Saking asyiknya menjalani hidup, kita lupa kalau diri sendiri butuh diterima dan dipahami dengan baik, bahkan mungkin tidak tahu bagaimana melakukannya. Yang mana dalam proses menerima dan memahami diri sendiri ada beberapa poin penting yang perlu kamu ketahui. Simak lima poin pentingnya dalam pembahasan di bawah ini.

1. Bukan berarti kamu mengasihani diri sendiri

5 Poin Penting dalam Proses Menerima dan Memahami Diri Sendiri Ilustrasi sedih(pexels.con/RODNAE Productions)

Poin penting yang pertama dalam menerima dan memahami diri sendiri ialah, ketika kamu menerima dirimu sendiri bukan berarti kamu mengasihani hal-hal yang ada di dirimu, misalnya kekurangan ataupun keburukan yang kamu miliki.

Kamu harus mengetahui ini supaya gak salah dalam melakukannya. Sebab, menerima diri sendiri berarti menerima dengan apa adanya sebagaimana jati dirimu, dan kalau kamu sudah berhasil melakukannya maka tidak ada yang perlu dikasihani, tapi justru mestinya kamu bersyukur.

2. Butuh waktu untuk lebih mengenal dirimu sendiri, jadi gak perlu memaksakan diri

5 Poin Penting dalam Proses Menerima dan Memahami Diri Sendiri Ilustrasi berpikir(pexels.com/Sora Shimazaki)

Terlepas dari kapan kamu menyadari tentang pentingnya hal ini, tidak pernah ada kata terlambat untuk mulai menerima dan memahami dirimu sendiri dengan baik.

Tapi dalam prosesnya perlu diketahui kalau kamu butuh waktu untuk melakukannya, jadi gak perlu memaksakan diri untuk bisa cepat memahami dirimu sendiri. Sama seperti memahami orang lain, memahami diri sendiri juga perlu waktu.

Baca Juga: 5 Cara Cuek Menghadapi Orang yang Gemar Membandingkan Dirimu

3. Gak boleh pasrah atas kekurangan dan keburukan yang kamu miliki

5 Poin Penting dalam Proses Menerima dan Memahami Diri Sendiri Ilustrasi kerja(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Poin penting ketiga yang juga perlu kamu ketahui ialah, menerima dirimu sendiri bukan berarti pasrah terhadap keburukan dan kekurangan yang kamu miliki. Justru dengan mengenal dirimu sendiri dengan lebih dalam kamu jadi tahu apa kelebihan dan kekuranganmu, sehingga kamu tahu apa yang harus ditingkatkan agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Makanya orang yang mau memperbaiki diri harus bisa memahami dirinya sendiri dulu baru bisa mengembangkan diri secara maksimal.

4. Tahu apa yang terbaik untuk hidupmu sendiri

5 Poin Penting dalam Proses Menerima dan Memahami Diri Sendiri Ilustrasi kerja(pexels.com/Jopwell)

Poin keempat yang gak kalah pentingnya adalah, dengan menerima dan memahami diri sendiri kamu jadi tahu apa yang terbaik untuk hidupmu sendiri.

Jadi gak perlu mengikuti apa kata orang sampai hidupmu pun diatur orang lain, sebab kamu tahu apa yang baik untuk hidupmu. Mulai dari apa yang kamu inginkan hingga hal-hal terbaik untuk jalan hidupmu sendiri, karena itulah sisi positifnya dari memahami diri sendiri, kan.

5. Hidupmu baik-baik saja selama kamu yakin dan percaya diri

5 Poin Penting dalam Proses Menerima dan Memahami Diri Sendiri Ilustrasi wanita(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terakhir, jika kamu sudah menerima dan memahami dirimu sendiri dengan baik maka tidak ada yang perlu kamu takutkan. Percaya saja kalau hidupmu akan baik-baik saja selama kamu percaya dan yakin pada dirimu sendiri.

Karena dengan memahami diri sendiri kamu tentu hanya akan melakukan apa yang baik dan yang kiranya tepat untukmu dirimu. Jadi gak ada yang perlu dirisaukan.

Itulah tadi beberapa poin penting yang mesti kamu ketahui ketika menerima dan memahami diri sendiri. Supaya kamu gak salah arti dan juga salah dalam melakukannya. Jadi, sudahkah kamu menerima dirimu sendiri dengan baik?

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Keraguan Sudah Sampai Menghambat Kualitas Hidupmu

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya