Comscore Tracker

Rentan Stres, Ini 5 Hal yang Gak Perlu Kamu Cemaskan di Usia 20-an

Selain usia produktif, usia 20-an juga rentan terhadap stres

Ketika seseorang berada dalam rentang usia 20-an, biasanya ada banyak sekali hal yang bisa membuat stres. Mulai dari soal pendidikan, karir, lingkungan sosial, atau bahkan tentang dirinya sendiri. Sebab di usia ini kita mengalami banyak hal dan belajar akan bagaimana hidup berjalan.

Tapi sebenarnya tidak semua hal harus kamu pikirkan terlalu dalam, contohnya beberapa hal di bawah ini yang sebenarnya tidak perlu kamu cemaskan agar terhindar dari stres. Yuk simak penjelasannya!

1. Isi pikiran orang lain

Rentan Stres, Ini 5 Hal yang Gak Perlu Kamu Cemaskan di Usia 20-anPexels.com/Tim Gouw

Hal pertama adalah isi pikiran orang lain atau apa yang orang lain pikirkan tentangmu. Semua orang tentu ingin terlihat baik di mata orang lain, tapi jangan membuat kecemasanmu itu menjadi tolok ukur atas segala sikapmu. Karena selain bikin kamu stres dan tertekan, kamu juga bisa kehilangan jati diri karena terlalu memikirkan orang lain.

2. Kekurangan fisik

Rentan Stres, Ini 5 Hal yang Gak Perlu Kamu Cemaskan di Usia 20-anPexels.com/Alan Retratos

Tampilan fisik memang sangat berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri seseorang, dan sebagian besar orang tidak sadar kalau dirinya stres disebabkan mencemaskan soal fisiknya.

Tidak ada manusia yang sempurna, jangan membebani dirimu dengan kekurangan fisik yang kamu punya karena sebenarnya itu tidak perlu. Sebab orang-orang yang tulus padamu pasti menerimamu apa adanya, kan?

Baca Juga: 5 Beban Pikiran Ini Harus Mulai Kamu Kurangi Agar Tidak Stres

3. Standar sosial

Rentan Stres, Ini 5 Hal yang Gak Perlu Kamu Cemaskan di Usia 20-anPexels.com/Vinicius Wiesehofer

Manusia adalah makhluk sosial, itu benar. Namun dalam hidup bermasyarakat sering kali berlaku yang namanya standar sosial, seperti tolok ukur dimana seseorang dianggap setara antara satu sama lain. Padahal sebenarnya hal itu tidak penting. Jadi kamu jangan terlalu memikirkannya.

Semua orang punya hidup masing-masing dan di usiamu yang berada dalam rentang 20-an sebaiknya dihabiskan dengan tidak hidup berdasarkan standar orang lain.

4. Relationship yang sempurna

Rentan Stres, Ini 5 Hal yang Gak Perlu Kamu Cemaskan di Usia 20-anPexels.com/Wesner Rodrigues

Ketika memasuki usia dua puluhan juga dinilai sebagai waktu yang tepat untuk menjalin hubungan yang serius, tapi jangan terlalu cemas hingga menginginkan hubungan yang benar-benar sempurna. Kalau mencemaskan hal itu, yang ada nanti malah stres. Karena dalam sebuah hubungan pasti memiliki masalah dan dari sanalah baru sama-sama belajar bersama pasangan untuk mendewasakan diri dan menyempurnakan hubungan itu.

5. Iri dengan hidup yang orang lain punya di sosial media

Rentan Stres, Ini 5 Hal yang Gak Perlu Kamu Cemaskan di Usia 20-anPexels.com/Daria Shevtsova

Hidup di zaman digital tampaknya juga bisa membawa pengaruh buruk terhadap diri orang lain dan yang paling sering terjadi adalah timbulnya rasa iri ketika melihat hidup yang orang lain punya lebih baik dan bahagia di media sosial.

Padahal sebenarnya kamu tidak perlu memikirkan hal itu. Karena kenyataannya banyak orang berpura-pura bahagia di media sosial. lebih baik jika kamu memanfaatkan waktu untuk mengembangkan kemampuan dan hidup lebih baik untuk dirimu sendiri.

Itulah beberapa hal yang sebenarnya tidak perlu untuk dicemaskan oleh kamu yang berusia 20-an. Jangan sia-siakan waktumu untuk mencemaskan hal yang bisa membuatmu stres, ya!

Baca Juga: Kurangi Stres, Ini 5 Tips Agar Kamu Bisa Berpikir Positif Setiap Hari

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya