Comscore Tracker

5 Risikonya Kalau Kamu Sengaja Menunda-nunda Meminta Maaf Ketika Salah

Karena apapun kesalahanmu minta maaf tetap harus dilakulan

Alasan utama mengapa orangtua harus mengajarkan anak tentang pentingnya meminta maaf ialah agar ia terbiasa melakukannya ketika salah. Karena saat dewasa hal itu bisa berakibat fatal, apalagi kalau dia sampai menunda-nunda meminta maaf saat berbuat salah pada orang lain. Ada banyak sekali risikonya, seperti lima di antaranya yang ada dalam pembahasan kali ini. Pahami baik-baik, ya!

1. Orang tersebut sudah terlanjur malas memaafkanmu

5 Risikonya Kalau Kamu Sengaja Menunda-nunda Meminta Maaf Ketika SalahPexels.com/Ketut Subiyanto

Risikonya yang pertama kalau kamu menunda meminta maaf saat melakukan kesalahan ialah orang tersebut bisa terlanjur malas untuk memaafkanmu. Karena permintaanmu sudah terlanjur basi, gak menunjukkan kalau kamu benar-benar menyesal dengan menundanya hingga lama.

2. Kamu dikira angkuh karena tak mau minta maaf

5 Risikonya Kalau Kamu Sengaja Menunda-nunda Meminta Maaf Ketika SalahPexels.com/August De Richelieu

Risiko yang kedua ialah kamu bisa-bisa dikira angkuh oleh orang lain, lho. Karena bukannya langsung meminta maaf ketika salah, kamu malah pura-pura tidak tahu dan baru melakukannya ketika hal itu sudah lama terjadi. Citramu jadi buruk gara-gara itu.

Baca Juga: 5 Kalimat Permintaan Maaf Ini Justru Membuatmu Terlihat Tidak Tulus

3. Suasananya jadi tidak nyaman jika bertemu

5 Risikonya Kalau Kamu Sengaja Menunda-nunda Meminta Maaf Ketika SalahPexels.com/Cottonbro

Ketiga, suasananya jadi tidak nyaman saat kamu bertemu dengannya jika kamu menunda-nunda meminta maaf ketika melakukan kesalahan. Canggung dan cenderung bad mood untuk orang itu karena tidak juga mendapat permintaan maaf darimu.

4. Kamu kehilangan respect

5 Risikonya Kalau Kamu Sengaja Menunda-nunda Meminta Maaf Ketika SalahPexels.com/Cottonbro

Lalu risikonya yang keempat adalah kamu jadi kehilangan respect dari orang-orang jika terus melakukannya. Bagimu permintaan maaf mungkin suatu hal yang kecil, tapi hal itu penting untuk dilakukan kalau kamu mau tetap dihargai lho.

5. Sama sekali gak mencerminkan sikap dewasa

5 Risikonya Kalau Kamu Sengaja Menunda-nunda Meminta Maaf Ketika SalahPexels.com/Cottonbro

Lalu terakhir, alih-alih menganggapmu sebagai orang dewasa yang bijak, orang lain malah menilaimu childish. Karena menunda-nunda meminta maaf saat melakukan kesalahan sama sekali gak mencerminkan sikap dewasa, bahkan jauh dari kesan baik di mata orang.

Intinya, apapun kesalahan yang kamu lakukan tetaplah meminta maaf dengan cepat ya. Karena meski hal itu terlihat sepele namun sangat penting untuk dilakukan apalagi jika tidak mau mendapat lima risiko tadi.

Baca Juga: 5 Penyebab Pasangan Sulit Ucapkan Maaf pasca Lakukan Kesalahan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya