Comscore Tracker

Buang-buang Waktu, Ini 5 Ruginya Kalau Kamu Tanggapi Kelakuan Haters

Kalau ditanggapi tingkahnya malah semakin menjadi-jadi 

Memang benar kalau sebaik apapun kamu pada orang lain, tidak menjamin semua orang akan suka. Beberapa orang di sekitarmu mungkin saja adalah seorang haters, baik itu membencimu secara diam-diam atau menyampaikannya dengan terang-terangan.

Namun, apa pun alasan dan bentuk kebencian mereka padamu, ada baiknya untuk tidak terlalu menanggapi kelakuan para haters. Bukannya masalah bisa cepat selesai, kerugian yang bisa kamu dapatkan bisa lebih banyak. Beberapa di antaranya akan dibahas lebih lanjut di bawah ini, jadi simak baik-baik, ya!

1. Waktumu yang berharga jadi terbuang sia-sia

Buang-buang Waktu, Ini 5 Ruginya Kalau Kamu Tanggapi Kelakuan Hatersilustrasi emosi (pexels.com/Budgeron Bach)

Waktumu yang mestinya bisa digunakan untuk melakukan hal bermanfaat malah terbuang sia-sia jika menanggapi apa yang dilakukan haters dalam membecimu. Karena begitu kamu tanggapi tentu kamu jadi tidak bisa fokus mengerjakan yang lain, aktivitas yang terganggu, serta pekerjaan yang juga akan tertunda. Padahal menanggapinya juga tidak akan membuatmu mendapatkan hal positif, jadi hal itu memang sangat sia-sia.

2. Dia tidak akan berhenti berulah jika tingkahnya kamu tanggapi

Buang-buang Waktu, Ini 5 Ruginya Kalau Kamu Tanggapi Kelakuan Hatersilustrasi argumen (pexels.com/Yan Krukov)

Kerugian lainnya ialah, pada akhirnya dia tidak akan berhenti berulah jika kelakuannya dalam membencimu ditanggapi. Karena ada orang-orang yang memang senang menjadi haters demi mendapat perhatian, dia justru senang dan semakin menjadi-jadi tingkahnya jika terus kamu tanggapi. Jadi memang gak ada gunanya menanggapi haters, lebih baik kamu acuhkan saja hingga dia capek dan berhenti sendiri.

Baca Juga: 5 Risiko Berpura-pura Baik kepada Haters, Yuk Sudahi Saja!

3. Menanggapi haters hanya mengurasi emosimu saja

Buang-buang Waktu, Ini 5 Ruginya Kalau Kamu Tanggapi Kelakuan Hatersilustrasi marah (pexels.com/Keira Burton)

Ketiga, menanggapi kelakuan haters memang tak ada gunanya karena hanya akan mengurasi emosimu saja. Karena pada dasarnya tak ada hal menyenangkan dari menghadapi orang yang membencimu, kan. Emosimu menjadi tidak stabil atau bahkan terpancing untuk marah saat menghadapinya, dengan kata lain hal itu hanya akan membuatmu capek sendiri terutama dari segi emosional. Buang-buang waktu, kan?

4. Tanpa sadar kamu jadi overthinking memikirkan kebencian orang lain padamu

Buang-buang Waktu, Ini 5 Ruginya Kalau Kamu Tanggapi Kelakuan Hatersilustrasi stres (pexels.com/Yan Krukov)

Menanggapi kelakuan haters juga hanya akan merugikanmu dari segi pikiran, yang mana hal itu akan menambah beban pikiranmu sendiri. Sebab tanpa sadar kamu jadi overthinking memikirkan kebencian orang lain padamu. Mulai dari apa yang membuat mereka membencimu, apa kekurangan dan salahmu sampai dibenci orang lain, dan juga memikirkan tindakan buruk yang mereka lakukan sebagai bentuk kebenciannya. Padahal sebenarnya hal itu tak perlu kamu pikirkan, sebab orang baik sekalipun pasti memiliki orang yang tidak menyukainya.

5. Kamu malah terlihat sama seperti mereka jika terus menanggapinya

Buang-buang Waktu, Ini 5 Ruginya Kalau Kamu Tanggapi Kelakuan Hatersilustrasi bertengkar (pexels.com/Keira Burton)

Kerugiannya terakhir jika kamu menanggapi haters ialah kamu malah bisa terlihat sama seperti mereka. Terlihat kekanakan karena selalu menanggapinya, orang-orang yang tadinya simpati terhadapmu juga lama-lama jadi malas kalau semua ujaran kebencian orang kamu tanggapi. Jadinya malah seperti memancing drama yang tak ada habisnya.

Jika ada haters di sekitarmu memang baiknya dicuekin saja, daripada malah menanggung kerugian yang seperti dalam pembahasan tadi. Karena bakalan capek sendiri kalau menanggapi kelakuan haters yang tak ada habisnya.

Baca Juga: 10 Meme 'Haters Bilang Ini Editan' yang Bikin Susah Nahan Ketawa

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya