Comscore Tracker

Sadarlah, 5 Tanda Ini Bukti Kalau Kamu Korban Manipulasi

Cepatlah pergi dan bebaskan dirimu

Ketika berhubungan dengan orang lain baik itu berteman atau yang lainnya tentu kita akan menemukan karakter mereka yang berbeda-beda. Tapi bukan berarti kamu harus tetap bertahan meski mereka adalah orang-orang yang buruk ya. Bahkan tak jarang ada orang yang suka sekali memanipulasi orang lain, dan kamu harus menyadari tandanya jika telah terlanjur menjadi korban manipulasi. Berikut ini adalah lima tanda fatal di antaranya.

1. Mengandalkanmu dalam banyak hal

Sadarlah, 5 Tanda Ini Bukti Kalau Kamu Korban ManipulasiPexels.com/Canva Studio

Tanda fatal yang pertama ialah kamu kerap diandalkan dalam banyak hal, yang dengan kata lain adapah kamu jelas dimanfaatkan. Terkadang menjadi sosok yang dipercaya dan diandalkan orang lain memang ada perasaan bangganya, tapi bukan berarti kamu harus membiarkan orang lain memanipulasi dan membodohimu.

2. Tak peduli dengan urusanmu

Sadarlah, 5 Tanda Ini Bukti Kalau Kamu Korban ManipulasiPexels.com/Trinity Kubassek

Kamu dimanfaatkan namun dia atau mereka tak ada yang peduli dengan urusanmu, hal ini jelas menjadi bukti kalau kamu adalah korban manipulasi. Bukankah rasanya sama sekali tidak menyenangkan? Yang mana kamu selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk orang lain namun saat dalam kesulitan tak ada satupun yang peduli padamu.

3. Keuanganmu berantakan karena mereka

Sadarlah, 5 Tanda Ini Bukti Kalau Kamu Korban ManipulasiPexels.com/Fauxels

Tidak cuma energi dan kemampuanmu saja yang dimanipulasi, keuangan atau hartamu juga dicurangi oleh mereka. Entah itu oleh teman atau pasanganmu, namun sadarilah bahwa jika keuanganmu jadi sangat berantakan dan bisa sampai habis karena digunakan oleh mereka, ini sudah menjadi tanda fatal dari manipulasi yang kamu terima. Segera jauhi orang-orang seperti itu jika tidak ingin hidupmu hancur.

Baca Juga: 5 Tanda Adanya Manipulasi di Dalam Hubungan Asmaramu, Waspada!

4. Kamu jadi sering meragukan diri sendiri

Sadarlah, 5 Tanda Ini Bukti Kalau Kamu Korban ManipulasiPexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Lalu karena kamu sudah terlanjur terkena manipulasi, kamu pun jadi sering meragukan diri sendiri. Kalau kamu jadi lebih mempercayai orang lain dibanding diri sendiri atau lebih parahnya sampai kehilangan jati dirimu sendiri maka artinya pikiranmu pun sudah dimanipulasi parah.

5. Merasa terjebak namun sulit lepas

Sadarlah, 5 Tanda Ini Bukti Kalau Kamu Korban ManipulasiPexels.com/Lucas Dutra

Umumnya orang-orang yang dimanipulai oleh orang lain merasakan bahwa apa yang dilakukannya salah, atau merasa terjebak pada lingkungan yang salah namun tak bisa melakukan apa-apa untuk bisa lepas.

Jangan menyiksa dirimu lebih jauh jika sudah mengetahui bahwa dirimu dimanfaatkan orang lain dengan tetap bertahan, beranikan diri untuk melawan dan bebaskan dirimu. Sebab apapun hubungan yang terjalin tak akan sehat jika ada manipulasi di dalamnya.

Itulah beberapa tanda fatal yang membuktikan kalau kamu merupakan korban manipulasi. Hati-hati, ya.

Baca Juga: 7 Tanda Menunjukkan Kamu Tipe "Fake Person", Sadar?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya