Comscore Tracker

Self Healing, 5 Hal Ini Bisa Menenangkan Pikiran dari Stres

Lakukan hal-hal yang paling kamu sukai!

Tingkat kesulitan kehidupan seseorang berbeda-beda. Setiap orang pasti punya masalah sendiri di hidupnya. Terkadang masalah bisa diselesaikan dengan mudah, tapi jika yang dihadapi adalah masalah berat, maka sedikit banyak akan memicu stres

Jika sedang berada di posisi seperti itu, selain harus menyelesaikan masalah secepat mungkin, kamu juga sebaiknya melakukan self healing. Ada beberapa hal yang dipercaya dapat menjadi self healing yang membantu menenangkan pikiranmu dari stres, lho. Dilansir brightly.eco dan womanstoday, berikut lima contohnya. 

1. Berjalan-jalan di taman bunga atau yang memiliki pepohonan rindang

Self Healing, 5 Hal Ini Bisa Menenangkan Pikiran dari Stresilustrasi taman (pexels.com/Anna Rye)

Berjalan-jalan di taman yang dipenuhi bunga dan pohon rindang merupakan salah satu self healing yang bisa meredakan stres. Pikiran kita akan menjadi lebih tenang dengan melihat keindahan alam serta menghirup udara sejuk. 

Untuk meringankan stres, tempat yang tenang dapat membantu pikiran kita untuk pulih. Sehingga, kamu pun bisa lebih jernih dalam menentukan langkah ke depan.

2. Menulis keluh kesahmu dalam buku diary

Self Healing, 5 Hal Ini Bisa Menenangkan Pikiran dari Stresilustrasi menulis (pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Hal kedua yang juga dipercaya bisa meringankan pikiranmu dari stres ialah dengan memuliakan keluh kesahmu ke dalam buku. Entah itu buku diary atau buku catatan biasa. Tuliskan saja semua hal yang menjadi beban pikiranmu belakangan ini. 

Percaya atau tidak, menulis keluh kesah ke dalam buku bisa meringankan beban pikiranmu. Mungkin konsepnya sama seperti curhat pada seseorang. Intinya, kamu telah melepaskan emosi dan mencurahkan masalah yang menjadi beban pikiran.

3. Makan makanan manis yang paling kamu suka

Self Healing, 5 Hal Ini Bisa Menenangkan Pikiran dari Stresilustrasi makan donat (pexels.com/Andres Ayrton)

Mengonsumsi makanan manis dapat meningkatkan kadar kebahagiaan dalam diri kita. Hal ini juga bisa menjadi self healing tersendiri ketika sedang stres. 

Makanlah makanan manis yang kamu suka seperti kue, biskuit, permen, cokelat, atau bahkan ice cream. Kalau hatimu sudah senang dengan mengonsumsi makanan manis maka kamu jadi gak perlu berfokus pada hal yang membuatmu stres.

4. Bermain game seharian hingga hatimu benar-benar puas

Self Healing, 5 Hal Ini Bisa Menenangkan Pikiran dari Stresilustrasi main game (pexels.com/JESHOOTS.com)

Bagi kamu yang suka bermain game maka hal ini juga termasuk self healing yang dapat meringankan stres, lho. Jadi kalau kamu sedang stres berilah dirimu sendiri waktu untuk rehat dari segala urusan untuk bermain game seharian hingga stres yang kamu rasakan hilang dengan sendirinya. 

Bermain game tidak hanya untuk mencari hiburan semata, tapi juga menyembuhkan jiwa dan pikiranmu dari beban berat. Karena saat bermain tentu kamu berfokus pada game yang dimainkan dan juga kesenangan pribadimu di dalamnya, jadinya lupa dengan segala hal yang membuatmu stres.

5. Quality time dengan orangtua atau orang yang kamu sayang

Self Healing, 5 Hal Ini Bisa Menenangkan Pikiran dari Stresilustrasi keluarga (pexels.com/Askar Abayev)

Hal terakhir yang sangat dipercaya dapat menenangkan pikiranmu dari stres ialah bertemu dengan orang-orang yang disayang. Entah itu keluarga, teman, atau bahkan pasangan skalipun, momen kebersamaan seperti itu sangatlah berharga. 

Karena kamu tahu bahwa mereka adalah zona nyamanmu, tempat dimana kamu bisa menjadi diri sendiri dan terbuka perihal masalah apapun. Hal itu benar-benar dapat membuat perasaanmu jadi lebih tenang dan gak stres lagi. 

Lima hal tadi mungkin kelihatannya sederhana, tapi dibalik itu sebenarnya bisa menjadi self healing untuk menenangkan pikiran dan jiwamu dari stres yang mendera. 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya