Comscore Tracker

5 Hal yang Membuatmu Cocok Jadi Pemimpin serta Panutan yang Baik

Kamu pantas dijadikan contoh bagi yang lain

Saat bekerja bisa dibilang semua orang ingin memiliki sosok pemimpin yang baik, namun tidak semua orang beruntung mendapatkannya. Karena pemimpin itu sosok yang sangat penting, baik untuk kemajuan pekerjaan atau juga menjadi panutan bagi yang lain.

Nah jika kamu saat ini sedang menjadi seorang pemimpin, kamu tentu ingin menjadi sosok pemimpin yang hebat kan? Untuk itu konon ada beberapa hal yang bakal membuatmu jadi pemimpin yang baik dan pantas jadi panutan. Yuk simak pembahasannya berikut ini!

1. Peduli dengan kesehatan anggota atau rekan kerja lain

5 Hal yang Membuatmu Cocok Jadi Pemimpin serta Panutan yang BaikPexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu sudah menjadi pemimpin yang baik jika peduli dengan kesehatan anggota pekerja atau rekan yang lain. Seperti tidak mempersulit izin saat sakit, atau justru menyediakan pelayanan kesehatan bagi pekerja. Kamu tidak memaksa mereka untuk tetap bekerja meski sedang sakit.

2. Mengutamakan profesionalitas

5 Hal yang Membuatmu Cocok Jadi Pemimpin serta Panutan yang BaikPexels.com/Fauxels

Kemudian, pemimpin yang patut dicontoh itu tentu yang mengutamakan profesionalitas dalam bekerja. Kamu sudah menjadi pemimpin yang baik jika tidak mencampur urusan pribadi dengan pekerjaan, jadi masalah pribadimu tidak mengganggu performa dalam bekerja dan tetap profesional apapun yang terjadi.

Baca Juga: 5 Hal Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Siap Menjadi Pemimpin di Tempat Kerja

3. Bertindak adil dan tidak semena-mena

5 Hal yang Membuatmu Cocok Jadi Pemimpin serta Panutan yang BaikPexels.com/Fauxels

Dirimu yang bertindak adil dan tidak semena-mena dengan pekerja juga menjadi bukti bahwa kamu pemimpin yang pantas jadi panutan. Tidak memberikan beban pekerjaan yang melewati batas, atau pun pilih kasih kepada pekerja dan mengistimewakan salah satunya.

4. Bijak mengambil keputusan untuk kemajuan bersama

5 Hal yang Membuatmu Cocok Jadi Pemimpin serta Panutan yang BaikPexels.com/Fauxels

Pemimpin itu bukan pajangan atau pun sekadar status saja, namun pemimpin menjadi sosok yang memegang tanggung jawab besar terhadap kemajuan perusahaan atau pekerjaan. Termasuk bijak dalam mengambil keputusan.

Tidak mementingkan keputusan pribadi dan mengutamakan kebaikan bersama adalah tanda kalau kamu hebat dalam memimpin.

5. Mendengar pendapat yang lain dengan seksama

5 Hal yang Membuatmu Cocok Jadi Pemimpin serta Panutan yang BaikPexels.com/Christina Morillo

Hal terakhir yang menjadikanmu sebagai pemimpin yang baik ialah mendengar pendapat serta aspirasi dari rekan-rekan kerja yang lain. Tidak membatasi mereka dalam beropini dan bersedia menerima masukan-masukan yang mungkin bagus untuk kemajuan bersama. 

Menjadi pemimpin yang baik itu tidak mudah, namun jika lima hal tadi ada pada dirimu berarti kamu pantas untuk jadi panutan. 

Baca Juga: 5 Tanda Bahwa Kamu Orang yang Punya Prinsip, Panutan Banget!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya