Comscore Tracker

5 Tanda Kalau Kamu Sudah Sangat Matang dalam Mengontrol Diri & Emosi

Kamu selalu menjaga diri untuk tetap rasional dan stabil

Terlepas dari usia dan latar belakang lainnya, kita harus mengakui bahwa tingkat kematangan seseorang dalam mengontrol diri dan emosinya berbeda-beda. Yang mana hal ini sebenarnya sangat penting untuk dimiliki agar bisa lebih bijak dalam menjalani hidup, serta bijak saat berinteraksi sosial.

Akan tetapi, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu sebenarnya sudah sangat matang dalam mengontrol diri dan emosi, berikut ini adalah lima tanda di antaranya. Yuk simak!

1. Kamu menanggapi kritik orang lain dengan tenang

5 Tanda Kalau Kamu Sudah Sangat Matang dalam Mengontrol Diri & EmosiPexels.com/Fauxels

Tanda pertama yang menunjukkan bahwa kamu sudah matang dalam mengontrol diri ialah jika kamu tetap tenang dalam menanggapi kritik orang. Kamu tidak marah ataupun tersinggung, melainkan berpikir logis bahwa setiap orang punya pandangan berbeda terhadapmu dan mereka mempunyai hak untuk memberi kritik. Kamu bukan anak-anak lagi yang pengendalian dirinya labil.

2. Tidak ikutan panik saat menghadapi kekacauan atau situasi genting

5 Tanda Kalau Kamu Sudah Sangat Matang dalam Mengontrol Diri & EmosiPexels.com/August De Richelieu

Ketika sekitarmu panik ketika menghadapi situasi genting, kamu berusaha tetap tenang dan menghadapi segalanya dengan lebih bijak. Itulah tanda kalau tingkat pengendalian dirimu sudah sangat matang. Karena bahkan pada saat darurat pun kamu tetap bisa mengendalikan diri dengan baik.

3. Baik dalam mengontrol fokusmu saat bekerja

5 Tanda Kalau Kamu Sudah Sangat Matang dalam Mengontrol Diri & EmosiPexels.com/Andrea Piacquadio

Apapun masalah yang sedang terjadi di kehidupan pribadimu, atau hal-hal lainnya yang menjadi beban, kamu mengendalikan fokusmu pada pekerjaan. Bahwa kamu tetap bersikap profesional terlepas dari apa yang terjadi di hidupmu. Kematangan seperti ini tentu sulit, dan kamu sangat luar biasa jika dapat mengendalikan diri sampai pada tahap ini.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Melampiaskan Emosi di Depan Anak Kecil

4. Paham bagaimana menangani berbagai pribadi orang dengan bijak

5 Tanda Kalau Kamu Sudah Sangat Matang dalam Mengontrol Diri & EmosiPexels.com/August De Richelieu

Dalam sehari kamu mungkin akan berhadapan dengan berbagai macam orang, namun dengan matangnya pengendalian diri dan emosimu, kamu bisa menangani berbagai tipe orang dengan baik. Kamu cukup menguasai diri untuk bisa menyesuaikan sikap yang paling benar. Dan hal ini juga termasuk skill dalam berinteraksi sosial, lho!

5. Bersikap dengan menyeimbangkan antara logika dan perasaan

5 Tanda Kalau Kamu Sudah Sangat Matang dalam Mengontrol Diri & EmosiPexels.com/Fauxels

Kemudian tandanya yang kelima ialah kamu mampu bersikap bijak dalam berbagai keadaan dengan menyeimbangkan antara logika dan perasaan. Kamu tidak membiarkan emosi atau perasaan menguasai dirimu, dan hal ini tentu termasuk dalam kategori pribadi yang matang atau benar-benar dewasa. Setuju?

Pengendalian diri yang baik sebenarnya sangat penting untuk dimiliki setiap orang, dan tadi adalah lima tanda di antaranya yang menunjukkan kalau kamu sudah sangat matang dalam mengontrol diri dan emosi. 

Baca Juga: 5 Alasan Kuat Mengapa Kamu Harus Punya Skill Mengontrol Diri 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya