Comscore Tracker

5 Tanda Kalau Orang yang Kamu Tolong Malah Berubah Jadi Memanfaatkanmu

Dia bahkan sudah kehilangan malu untuk minta bantuanmu

Memberikan bantuan dan pertolongan pada orang lain merupakan hal yang sangat baik untuk dilakukan, sebab menunjukkan bahwa kamu memiliki rasa empati dan bisa bersimpati pada kesulitan orang lain. Akan tetapi kamu pun juga harus hati-hati dalam berbuat baik, karena ada sebagian orang yang setelah ditolong malah berubah jadi memanfaatkan kebaikanmu.

Mencari keuntungan dari kebaikan orang lain. Maka dari itu supaya kamu bisa lebih berhati-hati simaklah pembahasan ini agar kamu dapat melihat tanda-tandanya kalau ada orang yang memanfaatkanmu, yuk lihat lima tanda di antaranya!

1. Menjaga kedekatannya denganmu agar tetap bisa mendapatkan yang ia butuhkan

5 Tanda Kalau Orang yang Kamu Tolong Malah Berubah Jadi MemanfaatkanmuPexels.com/Andrea Piacquadio

Ada tipe orang yang akan berterimakasih dengan tulus setelah ditolong, akan tetapi ada pula yang justru melihat bagian-bagian pada dirimu yang bisa dia manfaatkan. Dia menjaga kedekatannya denganmu, rajin berkomunikasi, dan bersikap baik, semua itu didasari tujuan untuk bisa memanfaatkanmu suatu saat nanti. Ini merupakan tanda yang pertama.

2. Gak melewatkan kesempatan untuk memanfaatkan apa yang kamu punya

5 Tanda Kalau Orang yang Kamu Tolong Malah Berubah Jadi MemanfaatkanmuPexels.com/Cottonbro

Tandanya yang kedua ialah, orang itu tidak melewatkan kesempatan sekecil apapun untuk memanfaatkan apa yang kamu punya. Misalnya kamu punya barang-barang bagus, maka dia pasti kepo dan meminjam barang itu agar bisa merasakannya juga. Berpikir bahwa lebih baik dia meminjamnya darimu daripada mengeluarkan uang untuk membelinya sendiri.

3. Minta bantuan mengerjakan sesuatu padahal dia sendiri sebenarnya bisa melakukannya

5 Tanda Kalau Orang yang Kamu Tolong Malah Berubah Jadi MemanfaatkanmuPexels.com/August De Richelieu

Orang yang berubah memanfaatkanmu setelah ditolong juga akan menunjukkan tanda ketergantungan. Dia sangat bergantung pada bantuanmu sampai-sampai untuk mengerjakan sesuatu padahal dia sendiri mungkin bisa melakukannya kalau mau berusaha. Orang yang seperti ini sebenarnya harus kamu berikan sikap tegas, kalau tidak maka dia bakal terus merepotkanmu.

Baca Juga: 6 Sikap Bijak untuk Menolong Teman dari Toxic Relationship

4. Kebaikanmu dijadikan alasan untuk mengandalkan

5 Tanda Kalau Orang yang Kamu Tolong Malah Berubah Jadi MemanfaatkanmuPexels.com/Fauxels

Lalu tandanya yang keempat ialah kebaikanmu digunakan oleh mereka sebagai alasan untuk membantu. Mengatakan bahwa kamu orang baik dan harus membantu mereka. Orang yang seperti ini jelas-jelas sangat memanfaatkanmu, jadi tolaklah dengan tegas! Agar mereka tahu bahwa kamu bukan seseorang yang mau diminta untuk melayani mereka.

5. Gak tahu malu alias melewati batas wajar dalam meminta bantuanmu

5 Tanda Kalau Orang yang Kamu Tolong Malah Berubah Jadi MemanfaatkanmuPexels.com/Fauxels

Dan tanda terakhir yang menunjukkan kalau orang yang kamu tolong berubah jadi memanfaatkan adalah kalau dia sudah tak tahu malu lagi untuk meminta bantuan. Seperti tidak ada harga dirinya, dia tiba-tiba datang menghampirimu dan meminta bantuan. Orang yang seperti ini biasanya menganggap bahwa sekali seseorang membantu mereka, maka seterusnya pasti tetap mau membantu. 

Dari pembahasan ini kamu tentu paham, kan? Bahwa berbuat baik pun harus berhati-hati dan gak semua orang yang dibantu bakal menghargai karena bisa jadi ia malah berubah memanfaatkan.

Baca Juga: Hindari 5 Hal Ini saat Berniat Menolong Orang Lain, Jadi Gak Berkah!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya