Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Terlalu Mengikuti Pergaulan Sampai Lupa Jati Diri Sendiri

Kamu bahkan sampai menutupi dirimu yang sebenarnya

Membangun sebuah hubungan dengan bergaul tentu suatu hal yang sangat penting dalam hidup bersosial, apalagi jika kamu bisa mendekatkan diri dengan mereka. Akan tetapi sebenarnya kamu gak perlu terlalu mengikuti pergaulan apalagi kalau kamu tipe orang yang mudah terpengaruh, bisa-bisa kamu malah lupa jati dirimu sendiri karena terlalu mengikuti mereka.

Jika hal ini terjadi padamu maka tanda-tandanya pun akan muncul seperti yang di bawah ini, simak baik-baik ya!

1. Kamu selalu ikut tren sekitar

5 Tanda Kamu Terlalu Mengikuti Pergaulan Sampai Lupa Jati Diri SendiriPexels.com/Borko Manigoda

Tren selalu berubah-ubah dengan cepat, dan tanda pertama yang menunjukkan kalau kamu terlalu mengikuti pergaulan sampai lupa jati diri ialah dengan selalu mengikuti tren. Padahal hal itu sebenarnya gak begitu penting untuk dilakukan dan membuat hidupmu boros, namun karena orang-orang di pergaulanmu seperti itu maka kamu pun begitu.

2. Malu menunjukkan seleramu yang sebenarnya

5 Tanda Kamu Terlalu Mengikuti Pergaulan Sampai Lupa Jati Diri SendiriPexels.com/Ketut Subiyanto

Lalu tandanya yang kedua bahwa kamu sudah terlalu mengikuti pergaulan adalah jika kamu merasa malu untuk menunjukkan seleramu pada mereka. Entah itu perihal hobi, pekerjaan, tipe pasangan, atau bahkan hal-hal lainnya. Pergaulan telah membuatmu menyembunyikan diri sendiri.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Diterima Dalam Pergaulan, Apa Kamu Merasakannya?

3. Memaksakan diri untuk menyukai apa yang mereka sukai meski sebenarnya bukan kesukaanmu

5 Tanda Kamu Terlalu Mengikuti Pergaulan Sampai Lupa Jati Diri SendiriPexels.com/Helena Lopes

Kemudian tanda yang ketiga kalau kamu terlalu mengikuti pergaulan ialah jika kamu sampai memaksakan diri untuk menyukai apa yang mereka sukai meskipun tidak termasuk hal yang kamu suka. Kalau kamu berada di tahap ini bisa dibilang pelan-pelan hal ini bakal membuatmu lelah sendiri lho, karena pura-pura menyukai apa yang kamu tidak suka.

4. Membuat pilihan hidup seperti mereka

5 Tanda Kamu Terlalu Mengikuti Pergaulan Sampai Lupa Jati Diri SendiriPexels.com/Mentatdgt

Keempat, tandanya kalau kamu terlalu mengikuti arus pergaulan adalah kalau keputusan penting dalam hidup pun kamu ikut-ikut mereka. Entah itu tujuan pendidikan, jenis pekerjaan, atau bahkan gaya hidup yang sangat berpengaruh dalam hidupmu sendiri. Bisa dibilang hal ini sama sekali tidak sehat dan perlu kamu hentikan.

5. Kamu sampai tidak punya pendirian sendiri

5 Tanda Kamu Terlalu Mengikuti Pergaulan Sampai Lupa Jati Diri SendiriPexels.com/Fauxels

Dan tandanya yang kelima bahwa kamu terlalu mengikuti pergaulan ialah jika kamu sudah sampai pada titik tidak punya pendirian sendiri. Segala hal mengikuti orang-orang sekitarmu, bahkan mau saja kalau diajak melakukan sesuatu meski tidak terjamin keamanannya. Padahal mestinya kamu menentukan sendiri mana hal yang bisa diikuti dan yang tidak.

Bergaul itu memang perlu, tapi jangan sampai malah membuatmu jadi melupakan jati diri ya! Ingat bahwa hidupmu gak mesti sama dengan mereka.

Baca Juga: Tak Pandang Bulu, 5 Zodiak Ini Bergaul dengan Semua Orang

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya