Comscore Tracker

5 Hal Ini Sering Membuatmu Stres? Tandanya Kamu Perfeksionis!

Orang yang perfeksionis paling benci hal-hal ini #IDNTimesLife

Ada banyak sekali tipe kepribadian di dunia ini, yang mana terkadang mungkin membuatmu bingung untuk mengenali tipe kepribadian milikmu sendiri. Yang mana beda tipe kepribadian maka berbeda pula hal yang disukai dan tidak disukai.

Contohnya tipe kepribadian perfeksionis, orang yang termasuk dalam tipe ini biasanya sangat pemilih dan menginginkan segalanya sempurna alias sesuai dengan standarnya, makanya bakalan pusing banget kalau lima hal di bawah ini terjadi di hadapannya.

Gampang banget mengidentifikasinya, kalau beberapa hal ini membuatmu stres maka itu tandanya kamu perfeksionis.

1. Suatu hal yang dikerjakan setengah-setengah 

5 Hal Ini Sering Membuatmu Stres? Tandanya Kamu Perfeksionis!ilustrasi bicara (pexels.com/Sora Shimazaki)

Orang yang perfeksionis gak bakal bisa tenang kalau ada suatu hal yang dikerjakan setengah-setengah, entah itu pekerjaannya atau pekerjaan orang lain. Kalau kamu seperti ini biasanya kamu akan merasa terganggu melihat pekerjaan yang lama sekali selesainya, lalu timbul keinginan untuk menyelesaikannya dengan sempurna. Bisa dibilang kalau ini adalah pembawaan diri alami dari orang yang perfeksionis.

2. Gaya berpakaian yang tidak cocok antara satu bagian dengan yang lain

5 Hal Ini Sering Membuatmu Stres? Tandanya Kamu Perfeksionis!ilustrasi berbisik (pexels.com/Keira Burton)

Kedua, kalau kamu merasa stres ketika melihat gaya berpakaian yang tidak cocok antara satu bagian dengan yang lain, alias tidak matching. Itu juga menandakan kalau kamu bertipe kepribadian perfeksionis, lho.

Kamu yang suka segalanya rapi dan teratur, bahkan sangat memperhatikan penampilan hingga terlihat serasi pasti sangat terganggu dengan itu. Makanya gak heran kalau kamu bakal ilfil jika kencan dengan orang yang gaya berpakaiannya berantakan dan sembarangan.

3. Jadwal yang berantakan 

5 Hal Ini Sering Membuatmu Stres? Tandanya Kamu Perfeksionis!ilustrasi stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Orang lain mungkin masih bisa menoleransi dan tetap tenang jika memiliki jadwal yang berantakan, akan tetapi bagimu yang perfeksionis hal ini sangat tidak bisa ditoleransi. Kamu merasa sangat stres jika jadwal yang telah kamu susun dirusak oleh orang lain.

Sisi baiknya ada, yakni dirimu jadi terbiasa disiplin dan menata hidupmu dengan baik sehingga tidak ada satu hal pun yang di luar kendalimu.

Baca Juga: Gak Selalu Buruk, Ini 5 Kelebihan Punya Sifat Perfeksionis

4. Menuntaskan masalah tidak sampai pada akarnya dan benar-benar selesai 

5 Hal Ini Sering Membuatmu Stres? Tandanya Kamu Perfeksionis!ilustrasi argumen (pexels.com/Kindel Media)

Jika dirimu merasa tidak tahan ketika ada suatu masalah yang tidak terselesaikan dengan benar-benar tuntas maka hal ini juga menandakan bahwa kamu adalah tipe orang perfeksionis. Karena semua tipe orang perfeksionis sangat membenci hal ini.

Dirimu lebih baik dibuat pusing sekali untuk menyelesaikan masalah hingga ke akarnya, dibanding berhadapan dengan masalah yang sama di kemudian hari karena tidak menuntaskannya sebelumnya. Hal ini membuatmu stres.

5. Hasil kerja yang kurang memuaskan 

5 Hal Ini Sering Membuatmu Stres? Tandanya Kamu Perfeksionis!ilustrasi kerja (pexels.com/Jonathan Borba)

Semua orang yang perfeksionis suka ketika semua hal di hidupnya sempurna, termasuk hasil kerjanya yang harus terselesaikan dengan hasil memuaskan. Maka dari itu tak heran jika sedikit banyaknya dirimu merasa stres ketika ada hasil kerjamu yang kurang memuaskan.

Bisa sampai kepikiran terus sepanjang hari dan tidak tenang. Bahkan ingin sekali rasanya mengulang mengerjakannya dari awal agar hasilnya lebih baik dan sempurna.

Kalau kamu benci dan stres saat berhadapan dengan lima hal tadi maka itu tandanya kamu seorang perfeksionis. Tipe orang yang ingin segalanya sempurna dan sesuai dengan standarmu sendiri. Benar?

Baca Juga: Gak Perlu Stres, 5 Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Dirimu Sedang Down

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya