Comscore Tracker

Bak Parasit, Ini 5 Tanda Seseorang Mendekatimu Hanya untuk Cari Untung

Kalau kamu sudah gak menguntungkan dia pun akan pergi

Setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan sendiri di dirinya, termasuk kamu. Namun sayangnya tak jarang ada yang tega memanfaatkan sisi kelebihan orang lain untuk keuntungan pribadinya, entah itu di dalam lingkungan pergaulan ataupun di tempat kerja.

Biasanya orang seperti itu tiba-tiba akan mendekatimu dengan niat tersendiri, memanfaatkan sisi baik ataupun kelebihan yang kamu miliki. Maka dari itu kamu perlu hati-hati pada orang yang seperti parasit ini dengan melihat dari tanda-tandanya berikut ini.

1. Ia menggunakan kedekatannya denganmu sebagai penarik perhatian orang

Bak Parasit, Ini 5 Tanda Seseorang Mendekatimu Hanya untuk Cari UntungPexels.com/William Fortunato

Tanda pertama jika seseorang mendekatimu cuma untuk cari untung ialah jika dia menggunakan kedekannya denganmu sebagai penarik perhatian orang. Meski mungkin kalian hanya dekat sebagai teman biasa, dia melebih-lebihkan dan menganggap bahwa kalian selayaknya sahabat lama. Karena dengan status kedekatan kalian itu dia jadi diperhatikan orang-orang atau bahkan disegani.

2. Selalu mau ikut kemana-mana agar bisa jadi sepertimu

Bak Parasit, Ini 5 Tanda Seseorang Mendekatimu Hanya untuk Cari UntungPexels.com/Mental Health America (MHA)

Kemudian tandanya yang kedua kalau seseorang mendekatimu cuma mau cari untung adalah jika dia selalu mau ikut kemana-mana agar bisa jadi sepertimu. Entah itu dalam segi popularitas, prestasi, atau bahkan kesuksesan. Orang seperti ini sebenarnya annoying, karena dia tidak mengerti privasi dan bertindak sesukanya saja. Persis seperti parasit!

3. Berlindung dibalik citra baikmu untuk mendapatkan kepercayaan orang lain

Bak Parasit, Ini 5 Tanda Seseorang Mendekatimu Hanya untuk Cari UntungPexels.com/Anna Shvets

Jika ada yang berlindung dibalik citra baikmu demi mendapatkan kepercayaan orang, itu juga menjadi tanda kalau dia mendekatimu demi keuntungannya sendiri. Di dalam situasi genting hal ini memang bisa membantu seseorang, namun jika kamu biarkan kedepannya malah nama baikmu yang terkena imbas. Karena orang-orang percaya padanya atas dasar kedekatan kalian.

Baca Juga: 5 Cara agar Hidupmu Terhindar dari Fitnah & Niat Buruk Orang Lain

4. Gak mau melewatkan kesempatan untuk memanfaatkan kebaikanmu

Bak Parasit, Ini 5 Tanda Seseorang Mendekatimu Hanya untuk Cari UntungPexels.com/Mikhail Nilov

Ketika tahu kalau kamu orang yang baik dan bisa dimintai tolong, dia pun menjadikan hal itu sebagai peluang untuk bergantung. Gak pernah melewatkan kesempatan untuk memanfaatkan kebaikanmu demi kepentingannya, bahkan mungkin mencari-cari cara agar kamu merasa kasihan dan mau untuk tetap dekat dan membantunya terus. Hidupmu bakal penuh beban kalau dekat dengan orang bak parasit ini.

5. Dia menjauh darimu kalau sudah tidak ada yang menguntungkan baginya

Bak Parasit, Ini 5 Tanda Seseorang Mendekatimu Hanya untuk Cari UntungPexels.com/Katerina Holmes

Kemudian tanda yang terakhir ialah sudah jelas bahwa orang yang mendekatimu selayaknya parasit akan otomatis menjauh jika tidak ada lagi sisi dirimu yang menguntungkan dirinya. Istilahnya, habis manis sepah dibuang. Yang mengartikan bahwa selama kalian dekat ia tak pernah tulus dan hanya menjadikanmu sebagai objek yang bisa dimanfaatkan untuk keuntungan pribadinya saja. Jadi jangan banyak berkorban untuk orang seperti ini, ya!

Itulah tadi beberapa tanda yang menunjukkan seseorang mendekatimu hanya untuk cari untung saja. Apakah ada temanmu yang seperti itu? 

Baca Juga: Kalau Niat Serius, 5 Hal Ini Harus Dibicarakan saat Pacaran 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya