Comscore Tracker

Terlalu Peduli, Ini 5 Tandanya Kalau Kamu Mengidap Superhero Syndrome

Kamu selalu ingin menolong semua orang tanpa berpikir dulu

Kamu pasti mendengar superhero syndrome, yaitu kondisi dimana seseorang selalu ingin menolong orang dan menjadi sosok pahlawan. Sebagai manusia tentu memiliki kepedulian pada sesama itu bagus dan penting, akan kalau kalau berlebihan bisa-bisa malah mengidap superhero syndrome. Yuk, simak lima tandanya berikut ini!

1. Senang ketika namamu dielu-elukan orang lain

Terlalu Peduli, Ini 5 Tandanya Kalau Kamu Mengidap Superhero SyndromePexels.com/Fauxels

Tanda pertama dari superhero syndrome adalah perasaan senang jika orang-orang mengelukan namamu. Memberi pujian, apresiasi, hingga cinta selayaknya pada idola karena kamu sudah membantu mereka. Kamu ketagihan dengan perasaan senang ini.

2. Gak bakal nolak kalau ada orang yang minta bantuanmu

Terlalu Peduli, Ini 5 Tandanya Kalau Kamu Mengidap Superhero SyndromePexels.com/Andrea Piacquadio

Tanda yang kedua bila kamu mengidap superhero syndrome adalah kamu tidak bisa menolak atau pun bilang tidak saat ada yang meminta pertolongan. Entah itu dalam masalah kecil atau pun masalah besar, hal ini sebenarnya ada sisi buruknya karena orang lain jadi mudah memanfaatkan atau memanipulasimu.

Baca Juga: 5 Penyebab Kenapa Kamu Sulit Menghargai Kebaikan Orang Lain

3. Ingin dianggap penyelamat dimana-mana dan mendapat citra baik

Terlalu Peduli, Ini 5 Tandanya Kalau Kamu Mengidap Superhero SyndromePexels.com/Fauxels

Tanda yang ketiga adalah adanya keinginan untuk dianggap sebagai penyelamat dimana-mana dan mendapat citra baik di mata banyak orang. Ini sebenarnya mirip sekali dengan orang yang hobi pencitraan, bedanya kamu menggunakan cara menolong orang.

4. Menangani semuanya sendiri bahkan dalam kerja tim sekalipun

Terlalu Peduli, Ini 5 Tandanya Kalau Kamu Mengidap Superhero SyndromePexels.com/Fauxels

Tanda keempat yang bakal ada jika kamu mengidap superhero syndrome adalah kamu selalu ingin mengerjakan semuanya sendiri bahkan saat bekerja dalam tim sekalipun. Kamu ingin terlihat kuat dan dianggap sebagai pahlawan karena bisa menyelesaikan segalanya sendiri. Bukankah melelahkan jika seperti ini? 

5. Menjalin hubungan atas dasar ingin membantu dan simpati

Terlalu Peduli, Ini 5 Tandanya Kalau Kamu Mengidap Superhero SyndromePexels.com/Polina Zimmerman

Tanda yang kelima ini bisa dibilang sudah sampai tahap yang cukup parah karena berpengaruh pada hubungan, yaitu kamu menjalin hubungan karena didasari rasa simpati atau rasa ingin membantunya dengan menjadi pasangan. Bukankah miris sekali kalau setelah berhubungan lama kamu baru sadar kalau gak benar-benar cinta dan hanya sekedar ingin menolong saja? 

Jika kelima tanda tadi ada pada dirimu, akan lebih baik jika kamu mengendalikan syndrome seperti ini atau pelan-pelan menghilangkannya agar tidak merugikanmu di masa depan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Terlalu Peduli Itu Gak Baik

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya