Comscore Tracker

5 Tanda Terlalu Utamakan Orang Lain, Jadi Lupa Diri Sendiri

Selalu menempatkan dirimu sendiri di prioritas terakhir, kamu juga selfless

Kamu mungkin pernah berada di situasi yang mengharuskanmu mengalah demi orang lain dan hal itu menandakan bahwa kamu telah dewasa dan tak egois. Tapi kalau terlalu mengutamakan orang lain justru gak baik, lho.

Karena kalau kamu memprioritaskan orang lain di atas dirimu sendiri, justru jadinya selfless, keadaan terlalu mengutamakan orang lain sampai lupa pada diri sendiri. Untuk pembahasan lebih lengkapnya bisa simak lima tanda berikut ini yang menunjukkan bahwa dirimu selfless

1. Sering banget mengalah demi menyenangkan orang lain 

5 Tanda Terlalu Utamakan Orang Lain, Jadi Lupa Diri Sendiriilustrasi belajar (pexels.com/Keira Burton)

Tandanya yang pertama bahwa dirimu selfless ialah, ketika kamu sering banget mengalah demi menyenangkan orang lain. Kamu rela memendam keinginan sendiri, bahkan menahan apa yang kamu inginkan dan mengalah demi membuat orang lain senang.

Menurunkan prioritas diri sendiri seperti ini disebut sebagai selfless, dan akibatnya bisa parah kalau kamu sampai tidak menganggap bahwa dirimu sendiri penting. Jadi pastikan untuk tidak melulu menahan keinginanmu sendiri demi orang lain, ya. 

2. Bela-belain meminjamkan uang meski dirimu sendiri sebenarnya sedang susah 

5 Tanda Terlalu Utamakan Orang Lain, Jadi Lupa Diri Sendiriilustrasi beri uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Bela-belain meminjamkan uang ke orang lain di saat dirimu sendiri sebenarnya sedang susah adalah tanda yang kedua dari selfless. Kamu memaksakan dirimu sendiri demi orang lain, entah karena kasihan atau tidak tega melihat orang lain susah, tapi mengabaikan kebutuhan diri sendiri demi orang lain itu sama saja menempatkan dirimu sendiri di prioritas terakhir. 

Bahkan kalau dipikir-pikir, belum tentu orang lain bisa melakukan itu untukmu. Biasanya mereka akan mendahulukan diri sendiri, baru membantu orang lain. Dan, memang seperti itulah seharusnya. 

3. Menempatkan dirimu sendiri sebagai prioritas terakhir 

5 Tanda Terlalu Utamakan Orang Lain, Jadi Lupa Diri Sendiriilustrasi bicara (pexels.com/Liza Summer)

Pernah atau bahkan selalu menempatkan dirimu sendiri sebagai prioritas terakhir? Sikap seperti ini juga menandakan selfless, lho. Kebanyakan orang mungkin tanpa sadar melakukan ini karena dorongan keadaan, misalnya, mengutamakan kebutuhan keluarga dulu dan mendapatkan sisa gajimu untuk diri sendiri setiap kali gajian. 

Dirimu selalu berada di urutan prioritas terakhir dalam hidup, dan kalau gak segera diubah maka cara seperti ini lama-lama bisa membuatmu tertekan. 

Baca Juga: Egois, Ini 5 Tanda Pasanganmu Hanya Mementingkan Dirinya Sendiri

4. Sulit menolak permintaan orang meski terkadang hal itu merepotkanmu 

5 Tanda Terlalu Utamakan Orang Lain, Jadi Lupa Diri Sendiriilustrasi pasangan (pexels.com/Polina Zimmerman)

Sulit menolak permintaan orang lain meski terkadang hal itu malah merepotkanmu merupakan tanda keempat yang menunjukkan selfless. Pokoknya, sangat berat bagimu untuk menolak permintaan orang lain yang berakhir membuatmu terus mengalah dan mengalah untuk menurutinya. 

Selain selfless yang membuatmu jadi tidak mementingkan diri sendiri, sikap seperti ini juga bisa menjadi tanda kalau kamu merupakan seorang people pleaser. 

5. Memuji orang lain tapi merendahkan dirimu sendiri 

5 Tanda Terlalu Utamakan Orang Lain, Jadi Lupa Diri Sendiriilustrasi bicara (pexels.com/SHVETS Productions)

Tandanya yang terakhir kalau kamu melakukan selfless pada diri sendiri ialah jika kamu memuji orang lain dengan tulus namun kerap merendahkan diri sendiri. Mudah bagimu untuk melihat hebatnya perjuangan orang lain, akan tetapi selalu merasa kurang dan tidak puas atas usahamu sendiri yang jadinya malah merendahkan diri sendiri. 

Kalau sudah sampai seperti ini maka bisa dibilang sikap selfless-mu tinggi, sehingga berakhir mendiskriminasikan diri sendiri. 

Dengan lima tanda tadi, mungkin kamu pernah tanpa sadar melakukan selfless, yang mana saking mengutamakan orang lain sampai lupa untuk memprioritaskan diri sendiri. Jadi jangan sampai terlena dan atasilah agar kamu tidak sampai terbiasa selfless dan merugikan dirimu sendiri, ya. 

Baca Juga: 5 Alasan Pembatalan Janji yang Bikin Kesal, Lupa atau Gak Serius?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya