Comscore Tracker

5 Tandanya Kamu Sering Menganggap Rendah Diri Sendiri, Gak Baik Lho!

Merendahkan kualitas diri sendiri meski orang-orang memujimu

Pribadi setiap orang tentu berbeda-beda, kelebihan yang dimilikinya pun tak akan sama dengan orang lain sehingga wajar saja jika ada perbedaan. Akan tetapi meskipun sebagian orang bisa menerimanya, beberapa di antaranya atau bahkan sebagian orang justru malah menjadi minder dan merendahkan diri sendiri.

Kalau rendah diri ini terus terjadi tentu gak bakal baik untuk pribadimu, dan berikut ini kita akan membahas lima tanda-tandanya. Jadi simak dengan baik agar kamu bisa segera intropeksi diri.

1. Menyerah sebelum benar-benar berusaha

5 Tandanya Kamu Sering Menganggap Rendah Diri Sendiri, Gak Baik Lho!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Tandanya yang pertama kalau kamu sering merendahkan diri sendiri ialah jika selalu menyerah sebelum benar-benar berusaha. Menginginkan sesuatu akan tetapi menghakimi diri sendiri kalau tidak akan bisa mencapainya, padahal kan tidak baik untuk menjatuhkan diri sendiri seperti itu. Lama-lama kamu malah tidak punya semangat hidup jadinya.

2. Meragukan pendapat sendiri dan gak pernah percaya diri

5 Tandanya Kamu Sering Menganggap Rendah Diri Sendiri, Gak Baik Lho!Pexels.com/Fauxels

Tanda yang kedua kalau kamu sering merendahkan diri sendiri ialah jika dirimu kerap meragukan pendapat sendiri dan tak pernah percaya diri. Tidak memiliki keyakinan bahwa pendapatmu itu benar, padahal seharusnya kamu sendirilah yang harus percaya dan yakin. Bukan malah ragu dan membuat orang lain jadi ikut meragukanmu.

3. Menghindari kompetisi meskipun punya kemampuan

5 Tandanya Kamu Sering Menganggap Rendah Diri Sendiri, Gak Baik Lho!Pexels.com/Christina Morillo

Kamu sebenarnya mempunyai skill yang mumpuni, akan tetapi karena kamu cenderung merasa rendah diri maka kamu pun jadi menghindarai kompetisi demi merasa aman. Takut kalah, padahal kalau mau percaya pada kemampuan sendiri mungkin kamu berkesempatan untuk menang. Rugi sekali, kan?

Baca Juga: 5 Hal yang Patut Kamu Perhatikan agar Percaya Diri Gak Jadi Boomerang

4. Kerap merendahkan diri sendiri saat dipuji orang

5 Tandanya Kamu Sering Menganggap Rendah Diri Sendiri, Gak Baik Lho!Pexels.com/Cliff Booth

Keempat, yang menandakan kamu sering merendahkan diri sendiri adalah jika kamu kerap merendahkan diri ketika dipuji orang. Saat orang lain kagum dengan kemampuanmu, kamu malah mengatakan bahwa hal itu tidak semengagumkan yang dia kira. Membuat dirimu sendiri jadi tampak tak mensyukuri kelebihan yang kamu miliki. 

5. Insecure tingkat tinggi sampai merasa gak pantas untuk siapapun

5 Tandanya Kamu Sering Menganggap Rendah Diri Sendiri, Gak Baik Lho!Pexels.com/Tophee Marquez

Percaya atau tidak, rendah diri ternyata juga bisa mendatangkan perasaan insecure yang tinggi. Menganggap diri sendiri rendah sampai tidak pantas untuk siapapun. Hal ini bahaya kalau tidak segera kamu hilangkan, bisa-bisa malah menghalangimu untuk memiliki pasangan, bahkan sampai tak punya teman karena selalu menyendiri.

Itulah tadi beberapa tandanya kalau kamu sering merendahkan diri sendiri. Jika tanda ini ada di dalam dirimu maka cepatlah intropeksi diri agar tidak berkelanjutan dan berdampak buruk!

Baca Juga: 5 Tanda Ini Menunjukan Kamu adalah Orang yang Rendah Hati

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya