Comscore Tracker

5 Tips Membuka Pikiran Orangtua untuk Mengizinkanmu Mengejar Mimpi

Bujuk pelan-pelan lewat jalur diskusi

Semua orangtua pada dasarnya ingin anak mereka menempuh jalan hidup terbaik dan mencapai kesuksesan. Itulah kenapa banyak orangtua yang kemudian berusaha mengarahkan anaknya ke jalan yang menurutnya menjamin masa depan sang anak. 

Niatnya memang bagus, tapi yang jadi penghalang ialah jika sang anak justru memiliki mimpi yang jalannya berbeda dari keinginan orangtua. Jika kamu mungkin sedang mengalaminya, maka ajaklah orangtuamu bicara supaya pikirannya terbuka dan memperbolehkanmu mengejar mimpimu sendiri. Lima tipsnya ada dalam pembahasan berikut ini. Simak baik-baik, ya! 

1. Ajaklah orangtua untuk terlibat dengan mimpimu dengan sering berbagi cerita

5 Tips Membuka Pikiran Orangtua untuk Mengizinkanmu Mengejar Mimpiilustrasi anak sedih (pexels.com/Yan Krukov)

Jika apa yang orangtua inginkan ternyata berseberangan dengan mimpi yang mau kamu kejar, maka cobalah tips yang pertama ini, yaitu libatkan mereka dalam mimpimu. Banyak-banyaklah bercerita tentang mimpimu kepada mereka. 

Sekeras kepala apapun orangtua, kalau mereka melihat anaknya begitu semangat dan begitu mencintai mimpinya, pasti akan luluh juga. Meskipun berbeda dengan keinginan mereka, tapi tetap akan memperbolehkanmu mengejarnya asalkan membuatmu bahagia. 

2. Jelaskan kenapa kamu benar-benar ingin mengejar mimpimu itu

5 Tips Membuka Pikiran Orangtua untuk Mengizinkanmu Mengejar Mimpiilustrasi anak bicara dengan ibu (pexels.com/Cottonbro)

Tips membuka pikiran orangtua untuk memperbolehkanmu mengejar impian ialah dengan menjelaskan kenapa kamu benar-benar ingin mengejar mimpimu itu. Awalnya mungkin mereka skeptis, tapi jika kamu kukuh menjelaskan alasannya mungkin pelan-pelan orangtua akan mencoba mengerti. 

Jelaskan bagaimana kamu menemukan cita-cita dan mimpimu itu, serta seberapa besar keinginanmu untuk mencapainya. Kuncinya adalah kamu harus bisa menyentuh hati mereka dengan alasanmu dalam bermimpi, supaya tidak hanya pikirannya saja yang terbuka akan tetapi hatinya pun menerima apa yang kamu impikan. 

Baca Juga: 5 Alasan Orangtua Tidak Boleh Memaksakan Urusan Pendidikan pada Anak

3. Yakinkan mereka dengan pertanggung jawabanmu atas usaha yang dilakukan

5 Tips Membuka Pikiran Orangtua untuk Mengizinkanmu Mengejar Mimpiilustrasi belajar bersama ibu (pexels.com/Yan Krukov)

Pada dasarnya semua orangtua ingin anaknya menempuh jalan hidup terbaik. Maka dari itu, kalau kamu ingin mereka mengizinkanmu mengejar mimpi, kamu juga harus bisa meyakinkan mereka. Yakinkan tentang bagaimana pertanggung jawabanmu terhadap usaha yang dilakukan untuk mengejar mimpimu itu. 

Apakah kamu akan bersungguu-sungguh, rela bekerja keras untuk mencari biaya sendiri, atau lainnya yang kemudian membuat mereka jadi lebih yakin. Sebab kalau kamu saja sudah seyakin dan sekukuh itu, tentu tidak ada gunanya jika dilarang, kan?

4. Berdiskusilah dengan mereka dalam membuat rencana masa depan

5 Tips Membuka Pikiran Orangtua untuk Mengizinkanmu Mengejar Mimpiilustrasi ayah dan anak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Satu hal yang sebenarnya membuat sebagian orangtua tidak mengizinkan anaknya mengejar mimpi ialah karena mereka tidak diajak untuk berdiskusi. Orangtua tidak tahu apa rencana dan usahamu untuk mengejar mimpi itu. 

Maka dari itu tipsnya yang keempat ialah mengajak orangtua untuk berdiskusi menyusun rencana masa depanmu. Tanyakan pendapat mereka tentang langkah dan perencanaan seperti apa yang harus kamu buat, supaya bisa berhasil. Kalau terlibat seperti ini tentu orangtua dengan senang hati memperbolehkanmu mengejar mimpi. 

5. Ungkapkan dengan terbuka tentang keinginanmu mendapatkan dukungan dari mereka

5 Tips Membuka Pikiran Orangtua untuk Mengizinkanmu Mengejar Mimpiilustrasi orangtua dan anak (pexels.com/Kampus Production)

Kalau keempat tips tadi sudah dilakukan, tapi tetap belum mendapatkan restu orangtua untuk mengejar mimpimu, maka cobalah tips yang terakhir ini, yaitu ungkapkan secara terbuka tentang keinginanmu terhadap mereka. Keinginan dari dasar hati paling dalam bahwa kamu ingin didukung oleh orangtua untuk memperjuangkan mimpimu. 

Mamanya perjuangan tentu tidak mudah. Meskipun banyak kesulitan yang nantinya kamu hadapi, sampaikan bahwa kamu menginginkan mereka untuk terus mendukungmu. Suatu hal sederhana yang pasti diberikan orangtua kepada anaknya kalau memang benar-benar sayang. 

Lima tips tadi adalah cara yang paling halus untuk meluluhkan hati orangtua supaya memperbolehkanmu mengejar mimpi. Sebab dengan membicarakannya bersama tentu pikiran mereka pelan-pelan akan terbuka. 

Baca Juga: 5 Bentuk Kasih Sayang Orangtua yang Terkadang Keliru Penyampaiannya

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya