Comscore Tracker

5 Tips Supaya Kamu Bisa Disiplin Menyelesaikan Pekerjaan Tepat Waktu 

Supaya pekerjaanmu gak menumpuk hingga harus kerja lembur

Banyak orang berpikir bahwa menjadi orang dewasa dan punya pekerjaan akan membuat hidup senang dan bebas, namun bagi kamu yang kini sedang merasakannya tentu tahu bahwa semua anggapan itu tidaklah benar. Karena ketika kamu memasuki dunia kerja maka harus siap pula dengan segala tuntutan pekerjaan yang akan membebani, termasuk kedisiplinan dalam menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Kedisiplinan ini sangat penting untuk kamu terapkan, dan kalau kesulitan maka bisa mencoba beberapa tips di bawah ini. 

1. Hilangkan kebiasaan menunda-nunda 

5 Tips Supaya Kamu Bisa Disiplin Menyelesaikan Pekerjaan Tepat Waktu Pexels.com/Retha Ferguson

Pertama-tama jika kamu ingin disiplin menyelesaikan pekerjaan tepat waktu maka hilangkanlah kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Langsung kerjakan saja kalau kamu punya waktu, dan usahakan selesai sebelum waktu deadline.

2. Kerjakan dari yang mudah terlebih dahulu 

5 Tips Supaya Kamu Bisa Disiplin Menyelesaikan Pekerjaan Tepat Waktu Pexels.com/Andrea Piacquadio

Tips yang kedua ialah kerjakan dari yang mudah dikerjakan terlebih dahulu. Karena yang mudah biasanya akan lebih cepat selesai, jadi kamu pun bisa tetap produktif dan menggunakan waktu kerja dengan lebih efektif. 

3. Jaga dirimu agar tetap fokus selama bekerja 

5 Tips Supaya Kamu Bisa Disiplin Menyelesaikan Pekerjaan Tepat Waktu Pexels.com/Fauxels

Kemudian jagalah dirimu untuk tetap fokus selama bekerja. Kamu bisa mengusahakannya dengan tidak mengobrol ketika jam kerja, tidak membuka media sosial, atau hal-hal lain yang berpotensi memecah fokusmu pada pekerjaan. Kalau kamu fokus tentu pekerjaan pun bisa selesai dengan lebih cepat kan?

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Agar Terbiasa Tepat Waktu, Anti Ngaret!

4. Jangan buang-buang waktu untuk kegiatan yang tidak begitu penting 

5 Tips Supaya Kamu Bisa Disiplin Menyelesaikan Pekerjaan Tepat Waktu Pexels.com/Fauxels

Kemudian kalau kamu mau disiplin menyelesaikan semua pekerjaan maka jangan menyia-nyiakan waktu melakukan hal yang tidak begitu penting. Jadikan pekerjaanmu sebagai prioritas utama dan keraslah terhadap diri sendiri, jangan mau tergoda untuk bersantai dan buang-buang waktu.

5. Gunakan waktu istirahat dan kerja dengan efektif 

5 Tips Supaya Kamu Bisa Disiplin Menyelesaikan Pekerjaan Tepat Waktu Pexels.com/Canva Studio

Kelima, gunakanlah waktu yang kamu miliki saat istirahat dan saat bekerja dengan efektif. Fokus dan totalitaslah dalam bekerja jika masih waktunya kamu bekerja, dan manfaatkan waktu istirahatmu untuk menyegarkan pikiran. Dengan begitu kamu tidak stres walaupun harus menyelesaikan banyak pekerjaan sekalipun.

Disiplin dalam menyelesaikan pekerjaan menjadi salah satu tuntutan dalam dunia kerja, dan gak ada alasan lagi buat kamu untuk mengeluh karena bisa mengatasi hal itu dengan beberapa tips di atas. Cobalah terapkan, ya!

Baca Juga: 5 Tips Supaya Kamu Bisa Konsisten dan Disiplin dalam Menabung

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya