Comscore Tracker

5 Trik Berhemat untuk Anak Kos yang Membiayai Hidup Sendiri

Pokoknya pengeluaran yang gak perlu wajib dipangkas

Satu hal yang paling menantang dari hidup sendiri di perantauan ialah segala urusan harus ditangani sendiri, termasuk tentang pengelolaan uang. Yang mana kamu harus benar-benar bijak bahkan kalau bisa berhemat maksimal sebagai anak kos yang membiayai hidup sendiri.

Pengeluaran yang gak penting wajib dipangkas, berhemat sebaik mungkin tapi juga tetap menjaga kesehatan dan kebutuhan diri. Pokoknya beberapa cara berhemat yang bisa kamu terapkan akan dibahas lebih lanjut di bawah ini. Jadi, pastikan kamu menyimaknya, ya!

1. Sewa tempat tinggal bareng roommate

5 Trik Berhemat untuk Anak Kos yang Membiayai Hidup Sendiriilustrasi pindah (pexels.com/RODNAE Productions)

Kalau kamu tinggalnya ngekos dan menanggung biaya hidup sendiri, maka trik paling ampuh untuk berhemat ialah dengan menyewa tempat tinggal bersama roommate. Bisa jadi bersama teman atau orang yang memang sedang mencari roommate di perantauan sama sepertimu.

Tinggal bersama roommate memang membuat privasimu jadi tidak tertutupi semua, tapi hal ini sangat besar dampaknya pada biaya hidup. Yang mana biaya tempat tinggal yang tadinya ditanggung sendiri, kini jadi dua orang yang menanggungnya dan kamu bisa berhemat karena itu.

2. Masak makananmu sendiri dan kurangi jajan

5 Trik Berhemat untuk Anak Kos yang Membiayai Hidup Sendiriilustrasi masak (pexels.com/Cottonbro)

Trik lainnya dalam berhemat ialah dari segi makanan. Terutama kalau kamu tipe orang yang suka makan, sangat disarankan untuk masak makananmu sendiri saja di banding beli di luar.

Selain membuat kesehatanmu jadi lebih terjamin, memasak juga membuatmu jadi terhindar dari membeli makanan dan jajan yang tidak perlu. Bisa dibilang kalau memasak makanan sendiri itu salah satu life skill yang harus dikuasai cewek dan cowok kalau tinggal jauh dari orang tua.

3. Manfaatkan transportasi gratis yang disediakan kantor kalau ada

5 Trik Berhemat untuk Anak Kos yang Membiayai Hidup Sendiriilustrasi menggunakan transportasi publik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memang tidak semua tempat kerja memberi fasilitas ini, tapi kalau misalnya tempat kerjamu menyediakan transportasi gratis, maka manfaatkan saja. Sebagai seseorang yang tinggalnya ngekos dan ingin berhemat, kamu bukan di posisi yang bisa pilih-pilih.

Mungkin kesannya gak elit, tapi dengan memanfaatkan fasilitas transportasi gratis sama saja kamu sudah menghemat biaya untuk akomodasi, 'kan? Dengan begitu, uang transportasi bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan hidup lainnya. Yang penting jangan gengsi!

Baca Juga: 5 Tips Hemat Uang untuk Anak Kos agar Gak Miskin di Akhir Bulan

4. Biasakan bawa bekal dari rumah dibanding beli makan di luar

5 Trik Berhemat untuk Anak Kos yang Membiayai Hidup Sendiriilustrasi makan (pexels.com/Yan Krukov)

Trik keempat untuk bisa hemat ketika tinggal ngekos dan membiayai hidup sendiri ialah dengan rajin membawa bekal. Entah itu ketika berkegiatan lama di luar rumah seharian, ataupun ketika bekerja.

Pokoknya hindari membeli makanan di luar karena akan membuatmu jadi terbiasa menghabiskan uang untuk jajan, padahal kalau bawa bekal bisa lebih hemat. Tapi kalau mau menerapkan ini memang gak boleh gengsian dan punya prinsip kuat.

5. Belajar memanfaatkan barang bekas

5 Trik Berhemat untuk Anak Kos yang Membiayai Hidup Sendiriilustrasi memanfaatkan barang bekas (pexels.com/Cottonbro)

Terakhir, belajarlah untuk memanfaatkan barang bekas. Percaya atau tidak, barang bekas yang kamu gunakan dengan maksimal untuk hal-hal berguna sangat berperan penting dalam penghematan pengeluaran untuk anak kos.

Kalaupun mau membeli barang, gak melulu harus yang baru. Barang bekas dengan fungsi yang sama bisa jauh lebih murah dan tahan lama. Jadi, semuanya tergantung kamu bagaimana memandang manfaat barang bekas di sekitar untuk keperluan.

Lima tips berhemat di atas bisa kamu coba terapkan supaya kehidupan selama ngekos bisa lebih hemat, apalagi kalau semua biaya hidup kamu tanggung sendiri. Pengelolaan uang harus benar-benar bijak dan hemat supaya kebutuhan hidup terpenuhi, 'kan?

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dipelajari Anak Kos, Bekal untuk Masa Depan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya