Comscore Tracker

Penuh Tipu Daya! 5 Trik Manipulatif Ini Harus Banget Kamu Waspadai 

Kamu harus lebih hati-hati dengan trik jahat orang sekitar 

Salah satu kenyataan pahit dalam hidup ini ialah bahwa kita semua sadar bahwa tidak semua orang bisa dipercaya, termasuk juga ada orang-orang manipulatif yang berniat jahat. Nah, terkait orang yang manipulatif ini mereka biasanya mempunyai banyak cara dan trik yang bikin korbannya terjebak tanpa sadar.

Dan berikut ini adalah lima trik manipulasi yang sering banget dipakai, simak baik-baik!

1. Mengancam menyakiti diri sendiri jika kamu tidak menurutinya 

Penuh Tipu Daya! 5 Trik Manipulatif Ini Harus Banget Kamu Waspadai Pexels.com/Cottonbro

Cara pertama yang sering banget dipakai orang manipulatif ialah dengan mengancam menyakiti diri sendiri jika kamu tidak menurutinya. Trik ini bisa dibilang sangat klasik dan ekstrem, namun justru paling ampuh digunakan jika orang yang ingin ia manipulasi merupakan sosok yang gak tegaan. Jika ada orang yang melakukan ini padamu kamu harus menolaknya dan sadarlah bahwa kamu tidak bertanggung jawab atas keselamatannya.

2. Menggunakan alasan kelemahan diri agar bisa mendominasi 

Penuh Tipu Daya! 5 Trik Manipulatif Ini Harus Banget Kamu Waspadai Pexels.com/Cottonbro

Trik manipulasi kedua yang harus kamu waspadai adalah ketika dia menggunakan alasan kelemahan diri agar bisa mendominasi dirimu. Misalnya seperti penyakitnya akan kambuh jika kamu tidak menurut padanya, atau menggunakan alasan mental illness untuk bisa berkuasa atas dirimu.

Baca Juga: 5 Tips Membebaskan Diri dari Pasangan Manipulatif, Perlu Dicoba! 

3. Sengaja membuatmu bergantung padanya 

Penuh Tipu Daya! 5 Trik Manipulatif Ini Harus Banget Kamu Waspadai Pexels.com/Anthony Shkraba

Sengaja membuatmu bergantung padanya seperti memenuhi segala kebutuhanmu, menemanimu, membuatmu merasa tidak bisa hidup tanpa dia juga merupakan trik manipulasi yang harus kamu waspadai. Makanya cara agar kamu terhindari ini trik jahat ini adalah dengan menjadi pribadi yang independen, jadi gak perlu sampai bergantung padanya.

4. Kesalahanmu di masa lalu diungkit-ungkit supaya kamu gak bisa menolak 

Penuh Tipu Daya! 5 Trik Manipulatif Ini Harus Banget Kamu Waspadai Pexels.com/Cottonbro

Trik keempat yang digunakan untuk memanipulasi lainnya ialah dengan mengungkit kesalahanmu di masa lalu supaya kamu tidak bisa menolak. Dengan kata lain ia membuatmu merasa bersalah sehingga peluangnya untuk bisa bebas memanipulasi diri dan perasaanmu pun semakin besar. Jahat sekali, kan?

5. Membuatmu merasa tak berharga dan cuma dia yang bisa menerimamu 

Penuh Tipu Daya! 5 Trik Manipulatif Ini Harus Banget Kamu Waspadai Pexels.com/Polina Zimmerman

Sengaja membuatmu merasa tidak berharga dan hanya dirinya yang bakal menerimamu, menjadi trik manipulasi terakhir dalam pembahasan kali ini. Bisa dibilang cara ini sangatlah jahat, karena menyerang mental seseorang sehingga membuatnya insecure dan tak berarti itu benar-benar kejam. Ini juga sudah sangat fatal, jadi kalau pasangan atau orang di sekitarmu ada yang seperti ini pastikan kamu menjauh darinya.

Diam-diam tanpa kamu sadari seringkali orang lain menggunakan cara tertentu untuk berniat jahat, makanya kamu pun harus lebih hati-hati terutama pada trik di atas tadi ya!

Baca Juga: 6 Cara Bedakan Pasangan Romantis atau Hanya Manipulatif dalam Hubungan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya