Comscore Tracker

Bukan Terlalu Sensitif, Malahan Wajar jika 5 Sikap Ini Membuatmu Marah

Justru aneh kalau kamu gak marah saat diperlakukan buruk 

Batasan antara wajar dan tidaknya suatu perbuatan memang tergantung masing-masing pribadi setiap orang. Namun seringkali orang-orang malah mengatakan lebay, atau bahkan menuding terlalu sensitif karena marah dan tersinggung. Padahal gak semua sikap gak bisa dianggap wajar, kan?

Apalagi kalau mereka melakukan lima hal yang dibahas di bawah ini, malahan wajar lho kalau kamu marah setelah mendapat sikap-sikap itu. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini ya!

1. Apa yang kamu katakan tidak benar-benar didengarkan 

Bukan Terlalu Sensitif, Malahan Wajar jika 5 Sikap Ini Membuatmu MarahPexels.com/Cottonbro

Sikap pertama yang sebenarnya wajar bila membuatmu marah ialah jika orang yang ngobrol denganmu tidak benar-benar mendengarkan apa yang kamu katakan. Entah dia bermain gadget ketika kamu bicara, atau bahkan memintamu untuk mengulanginya sampai berulang kali. Bukan tingkat sensitifmu yang terlalu tinggi kalau marah gara-gara ini, melainkan memang dia yang tidak sopan padamu.

2. Kekurangan fisik yang dijadikan bahan candaan 

Bukan Terlalu Sensitif, Malahan Wajar jika 5 Sikap Ini Membuatmu MarahPexels.com/Cottonbro

Kedua, wajar kalau kamu marah jika sikap orang lain terhadapmu ialah mereka menjadikan kekurangan fisikmu sebagai bahan candaan. Jangan merasa terlalu sensitif kalau kamu marah soal ini, karena memang sudah keterlaluan dan malah menjadi body shaming.

Baca Juga: Hobi Marah-marah? Ini 7 Alasan Kamu Wajib Segera Menghentikannya 

3. Dijadikan kambing hitam dari kesalahan orang lain 

Bukan Terlalu Sensitif, Malahan Wajar jika 5 Sikap Ini Membuatmu MarahPexels.com/August De Richelieu

Dijadikan kambing hitam dari kesalahan orang lain juga suatu hal yang wajar kalau kemudian membuatmu marah. Karena pada dasarnya siapa yang mau disalahkan atas kelalaian orang? Malahan aneh kalau kamu terima-terima saja sikap dan perlakuan seperti ini.

4. Orang-orang sengaja memperlakukanmu dengan tidak adil

Bukan Terlalu Sensitif, Malahan Wajar jika 5 Sikap Ini Membuatmu MarahPexels.com/Cottonbro

Sikap lainnya yang wajar membuatmu marah ialah jika kamu diperlakukan tidak adil dengan sengaja. Untuk hal-hal kecil mungkin masih bisa ditoleransi, namun kalau perbuatan tidak adil itu sudah menyangkut hal penting atau bahkan bisa mempengaruhi hidupmu maka kemarahanmu adalah emosi yang wajar.

5. Sama sekali tidak ada usaha untuk menghargai segala hal yang telah kamu lakukan 

Bukan Terlalu Sensitif, Malahan Wajar jika 5 Sikap Ini Membuatmu MarahPexels.com/Ketut Subiyanto

Kelima, jika sikap orang lain buruk padamu misalnya tidak pernah menghargai hal-hal yang telah kamu lakukan, maka wajar kalau kamu kemudian merasa marah. Karena setiap hal yang dilakukan pasti membutuhkan energi, dan setidaknya mereka bisa menghargaimu dengan berterimakasih, kan?

Jadi intinya jangan mau kalau dikatakan terlalu sensitif karena marah atau tersinggung terhadap sikap orang lain, apalagi kalau sikapnya sudah kelewat batas seperti lima contoh di atas tadi.

Baca Juga: 6 Cara Sederhana untuk Meluapkan Emosi Tanpa Harus Marah-marah

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya