Comscore Tracker

Lakukan 5 Cara Ini Biar Kita Gak Sering Bepikiran Negatif

Yuk, semangat!

Pikiran negatif merupakan suatu kebiasaan yang harus dihilangkan. Situasi tersebut akan membuat kita terjebak dalam kedangkalan berpikir secara rasional. Pada akhirnya kita mudah memberi label buruk atas sikap orang lain. Berpikiran negatif hanyalah ketakutan semu terhadap sesuatu yang belum kita tahu sebenarnya. Oleh karena itu kita menjadi mudah mematahkan kepercayaan pada diri sendiri. Semakin diri kita tidak berpikir tentang sesuatu, semakin kita benar-benar berpikir tentang hal tersebut.

Rata-rata perempuan cenderung memiliki perasaan insecure yang berlebihan. Sehingga menyebabkan timbulnya prasangka buruk. Padahal, banyak penelitian yang mengatakan bahwa pikiran negatif dan emosi mempunyai korelasi langsung dengan penyakit serius.

Yuk ubah pola pikir tersebut dengan cara berikut.

1. Mulai menerima diri sendiri

Lakukan 5 Cara Ini Biar Kita Gak Sering Bepikiran Negatifhellosehat.com

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Cobalah untuk terbuka dengan menerima diri sendiri. Terutama kekurangan. Hindari membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Entah dalam hal fisik atau kelebihan pribadi yang kamu miliki arena setiap orang pasti berbeda.

Kamu pun bisa mengasah kemampuan yang ada. Dengan menerima segala bentuk kekurangan sebagai bahan introspeksi, pikiran positif akan tumbuh dengan sendirinya. Terlebih semakin memperkuat rasa percaya diri bahwa kita pun mampu menjalani setiap proses dalam hidup ini. 

2. Mengenali diri sendiri

Lakukan 5 Cara Ini Biar Kita Gak Sering Bepikiran Negatifvibrant.today

Ungkapan "you know your self best" itu memang bener, girls! Hanya kamu yang paling baik mengenal dirimu sendiri dibandingkan orang lain. Sayangnya, hal ini selalu terlewatkan. Mengenali diri sendiri bukan sekadar sikap dan perilaku tetapi juga pikiran. Cobalah untuk mencerna, sebelum menciptakan keputusan.

Cara ini akan membantumu mengumpulkan energi untuk melawan pikiran negatif. Carilah sudut pandang terbaik mengenai hal-hal di sekitarmu. Misalnya menghilangkan anggapan bahwa kamu tidak pernah bisa melalui segala kesulitan yang ada. Lalu menggantinya dengan mampu berusaha menghadapi tantangan dan berusaha mencari solusi.

3. Menciptakan hal kreatif

Lakukan 5 Cara Ini Biar Kita Gak Sering Bepikiran Negatifwajibbaca.com

Menggambar ataupun melukis menjadi salah satu media terapi yang ampuh menetralisir pikiran negatif. Ketika kamu meletakkan emosi melalui karya seni, kamu akan menjelajahi segala pikiranmu yang kacau hingga mengembalikan suasana hatimu.

Menggambar atau melukis juga membebaskan daya imajinasimu tanpa memikirkan hasilnya bagus atau tidak. Sembari melakukan aktivitas tersebut kamu bisa, mendengarkan musik agar lebih santai dan relax.

4. Mengubah tata cara berkomunikasi dan bahasa tubuh

Lakukan 5 Cara Ini Biar Kita Gak Sering Bepikiran Negatifviewapart

Kamu mungkin bisa berbohong dengan mengatakan hal yang tidak sebenarnya. Namun, tidak dengan bahasa tubuh yang mampu menurunkan citra diri. Cara berkomunikasi pun akan terpengaruh.

Ketika mulai berpikiran negatif, pasti akan muncul perkataan yang tidak mengenakkan. Ditambah bahasa tubuh yang tidak beraturan seperti berjalan mondar-mandir atau memukuli benda-benda di sekitar.

Dalam kehidupan pertemanan, pasti ada satu atau dua orang yang paling tidak kamu suka. Mungkin kamu bisa berterus terang. Jika tidak, sebaiknya menahan diri untuk tidak merespon kegiatannya dengan berpikiran negatif. Tetaplah berteman baik tanpa memusuhi. Meskipun dia selalu tampak salah di matamu.

Cobalah bersikap lebih terbuka, tenang dan banyak tersenyum. Pikiran negatif akan membuatmu lelah sendiri. So, harus diubah!

5. Harus tetap bersyukur

Lakukan 5 Cara Ini Biar Kita Gak Sering Bepikiran Negatifwidefon.com

Kadang dalam kehidupan sehari-hari kita kehilangan fokus pada semua hal yang berjalan baik. Mungkin diantara kita, sering banyak mengeluh atau merasa tidak pernah berguna. Mulailah menerapkan rasa syukur atas segala hal, sekecil apapun.

Karena kadang hal baik sudah tepat berhenti di depan mata hanya saja, mungkin kamu gagal melihatnya. Cobalah untuk tidak membutakan diri terhadap hal-hal baik di sekitar. Dengan demikian pikiran akan menjadi lebih jernih dan positif.

Pikiran negatif jangan dipelihara terus, ya. Gak baik lho!

Afifah Khoirunnisa Photo Verified Writer Afifah Khoirunnisa

Suka menulis prosa dan puisi. Boleh mampir lho ke instagramku @afififah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya