Comscore Tracker

7 Alasan Mengapa Orang Lain Tidak Menyukai Kita, Yuk Introspeksi! 

Apa yang salah dengan diri kita? 

Fakta bahwa tidak semua orang menyukai kita adalah benar adanya. Satu orang dengan yang lainnya memang diciptakan berbeda. Hal inilah yang terkadang membuat kita dengan orang lain menjadi tidak seirama.

Namun, kondisi ini sering membuat kita jadi bertanya-tanya, mengapa orang lain bisa tidak menyukai kita, ya? Nah, cobalah melihat beberapa ulasan berikut untuk melihat beberapa alasan yang mungkin mendasarinya. Bisa jadi ajang refleksi diri juga, lho!

1. Terlalu banyak berbicara 

7 Alasan Mengapa Orang Lain Tidak Menyukai Kita, Yuk Introspeksi! Ilustrasi mengobrol (Pexels.com/Fauxels)

Kemampuan berkomunikasi adalah salah satu modal penting untuk pertumbuhan diri kita. Namun, jika terlalu mendominasi percakapan dan mengabaikan kesempatan orang lain menyampaikan pendapat maka dapat menyebabkan kebencian, lho.

Mendengarkan satu orang membual tentang diri mereka sendiri secara terus menerus tentu membuat orang lain lama-kelamaan tidak menyukainya. Ingatlah, pembicara yang baik juga merupakan pendengar yang baik.

2. Suka pamer untuk mendapatkan pengakuan 

7 Alasan Mengapa Orang Lain Tidak Menyukai Kita, Yuk Introspeksi! ilustrasi pamer (pexels.com/Cottonbro)

Berusaha mengesankan orang lain dengan kekayaan, gelar, ataupun kesuksesanmu justru membuat orang lain lebih mudah untuk tidak menyukaimu. Apalagi di zaman sekarang, media sosial sangat mudah digunakan sebagai platform untuk menunjukkan seberapa superioritasnya diri kita.

Menunjukkan sesuatu ke orang lain itu boleh saja, tapi dengan porsi yang tepat. Kita justru akan mendapat rasa hormat jika menahan diri untuk tidak terlalu menonjolkan diri.

3. Tidak disiplin, sering telat! 

7 Alasan Mengapa Orang Lain Tidak Menyukai Kita, Yuk Introspeksi! ilustrasi terlambat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apakah kalian sering melakukan kebiasaan ini? Ingatlah, waktu adalah uang dan tidak semua orang senang membuang-buang waktu berharga mereka hanya untuk menunggumu dalam waktu yang lama.

Membuat orang lain menunggu adalah tindakan yang tidak sopan, lho. Sebaliknya, datang sesuai dengan waktu yang telah disepakati dalam janji merupakan bentuk penghormatanmu pada mereka. Hormatilah orang lain jika kamu ingin dihormati juga. Yuk, mulai tanamkan kedisiplinan!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kita Cenderung Menyukai Orang yang Tak Bisa Dimiliki

4. Suka mengatur dan menyalahkan 

7 Alasan Mengapa Orang Lain Tidak Menyukai Kita, Yuk Introspeksi! ilustrasi menunjuk orang lain (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengendalikan orang lain agar bertindak sesuai keinginan kita sangatlah membuat orang lain tidak nyaman. Otoritas dan segala bentuk tekanan yang kamu berikan justru membuat orang lain semakin mudah menjauh. Satu-satunya hal yang sebaiknya kamu kendalikan adalah dirimu sendiri.

Selain itu, menyalahkan orang lain atas kesalahanmu juga bisa jadi salah satu hal yang memicu seseorang tidak menyukaimu, lho. Semua orang pernah melakukan kesalahan. Melemparkan kesalahan untuk membuat diri sendiri terlihat baik sebaiknya kamu hindari, ya.

5. Bergosip, menyebarkan desas-desus yang bersifat privasi 

7 Alasan Mengapa Orang Lain Tidak Menyukai Kita, Yuk Introspeksi! ilustrasi bergosip (unsplash.com/Ben White)

Membocorkan informasi personal ke orang lain mungkin akan meningkatkan popularitasmu dalam jangka pendek. Obrolan mengenai kehidupan pribadi seseorang memang menjadi topik yang menyenangkan untuk dibicarakan.

Namun ingatlah, menyebarkan gosip akan menyinggung perasaan orang lain. Cepat atau lambat kebiasaan buruk ini akan merusak reputasimu dan membuatmu jadi dikucilkan. Tahan diri untuk tidak membagikan hal privasi dari kenalanmu, ya.

6. Si paling drama queen 

7 Alasan Mengapa Orang Lain Tidak Menyukai Kita, Yuk Introspeksi! ilustrasi berdrama (pexels.com/Timur Weber)

Hidup ini memang penuh dengan drama yang tak terduga, bukan? Masalah yang selalu ada, hadir untuk kita hadapi dengan penuh berani.

Nah, berada di sekitar orang yang selalu berdrama tentang hidupnya itu sangat melelahkan. Setiap orang punya dramanya masing-masing, bahkan bisa jadi lebih besar dari drama hidup kita. Untuk itu, kurang-kurangin berdrama di depan orang lain secara terus menerus.

7. Kamu terlalu over kritik 

7 Alasan Mengapa Orang Lain Tidak Menyukai Kita, Yuk Introspeksi! ilustrasi over kritik (pexels.com/Keira Burton)

Mungkin semua orang tahu jika kamu lebih berpendidikan, berpengalaman, atau berwawasan. Namun, hal tersebut bukan berarti langsung membuatmu lebih baik dari orang lain.

Walaupun kritik sering dimaknai positif, tapi jika menerima penilaian negatif terus-menerus juga sangat melelahkan. Sebaliknya, cobalah berikan saran yang membangun dengan bingkaian nada positif agar mudah diterima orang lain.

Itulah beberapa alasan mengapa orang lain bisa tidak menyukai kita. Poin-poin di atas bisa kamu jadikan refleksi diri, lho. Menjadi bagian dari sosial dan dapat diterima dengan baik di lingkungan sosial merupakan sifat mendasar dari manusia. Siap berubah ke arah yang lebih baik?

Baca Juga: 5 Alasan Anak Buah Menyukai Kepemimpinanmu di Kantor

Agata Melinda Kristi Photo Verified Writer Agata Melinda Kristi

Let's take and give positive energy only, setuju?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya