Comscore Tracker

5 Cara Menemukan Rasa Nyaman dalam Kesendirian, Stay Happy!

Ajang menemukan kembali diri yang hilang 

Di tengah hiruk pikuknya kehidupan, pasti ada fase dimana kita juga perlu waktu sendiri. Menyendiri disini tidak sama dengan kesepian, ya. Apalagi dikaitkan dengan antisosial atau pun semacamnya.

Sayangnya, tidak semua orang nyaman dengan kesendirian. Padahal, kesempatan ini malah bisa jadi ajang untuk kembali menemukan diri sendiri yang sebelumnya lost control. Nah, beberapa cara berikut bisa kamu lakukan agar semakin bisa menikmati kesendirian. Cobain, deh!

1. Menjauh sejenak dari media sosial  

5 Cara Menemukan Rasa Nyaman dalam Kesendirian, Stay Happy!ilustrasi membaca buku (pexels.com/George Milton)

Cara ini nampaknya memang sangat sulit untuk dilakukan. Pasalnya, media sosial sudah menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari. Tapi, demi menyukseskan kenyamanmu dalam kesendirian, beristirahat sejenak dari media sosial patut untuk kamu lakukan.

Membiarkan diri terhubung dengan media sosial sama dengan membiarkan diri terhubung dengan orang lain, lho. Pengalokasian waktu untuk diri sendiri jadi gagal, deh. Nah, supaya lebih totalitas lagi, istirahatkan ponselmu juga. Dengan begitu, notifikasi apapun tidak akan mengganggumu.

2. Lakukan olahraga 

5 Cara Menemukan Rasa Nyaman dalam Kesendirian, Stay Happy!ilustrasi olahraga (pexels.com/Andres Ayrton)

Tahukah kamu jika olahraga, selain membuat fisik sehat juga bisa membuat kita lebih bahagia. Cobalah melakukan latihan fisik secara teratur lalu rasakan perbedaannya. Seseorang yang aktif berolahraga akan lebih mudah terhindar dari kecemasan dibandingkan yang tidak aktif.

Mulailah dengan aktivitas olahraga yang ringan dulu, seiring berjalannya waktu kamu bisa menambah intensitasnya. Jika tidak nyaman berolahraga sendiri di ruang terbuka, maka pergilah ke tempat tertutup seperti gym sebagai alternatifnya.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Punya Love Language Berupa Quality Time, Kangen Terus!

3. Kembali ke alam bikin pikiran fresh, lho 

5 Cara Menemukan Rasa Nyaman dalam Kesendirian, Stay Happy!ilustrasi menikmati pemandangan alam (pexels.com/Ali Kazal)

Cobalah keluar sebentar, entah itu ke tempat yang jauh atau sekedar jalan-jalan di lingkungan sekitar. Rasakan angin sepoi-sepoi yang menerpa wajahmu. Lihatlah pemandangan hijau yang terhampar di hadapanmu. Dengarkan suara gemercik air atau kicauan burung yang terbang di udara. Sangat menenangkan, bukan?

Aktivitas sederhana ini bisa membuatmu merasa lebih nyaman walaupun sedang sendirian. Pikiran jadi lebih fresh dan tenang. Yuk, luangkan waktu untuk kembali ke alam!

4. Mempelajari hal baru 

5 Cara Menemukan Rasa Nyaman dalam Kesendirian, Stay Happy!ilustrassi belajar memasak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Momen ini bisa kamu manfaatkan untuk mencoba sesuatu hal yang baru. Terkadang, aktivitas monoton yang kita jalani sehari-hari memunculkan kebosanan hingga berpengaruh pada emosi negatif.

Nah, segera ambil inisiatif mempelajari keterampilan atau pengetahuan baru saat sendirian. Apalagi di zaman sekarang kamu bisa mengikuti pelatihan secara online maupun offline. Selain memberikan kenyamanan, aktivitas ini bisa menambah skill-mu, lho.

5. Menjadi volunteer

5 Cara Menemukan Rasa Nyaman dalam Kesendirian, Stay Happy!ilustrasi menjadi volunter (pexels.com/Roadnae Production)

Apakah kalian pernah menjadi volunter? Tindakan kemanusiaan ini ternyata sangatlah bermanfaat baik bagi kesehatan mental kita, lho. Membantu orang lain membuat perasaan kita jadi lebih baik.

Apalagi kegiatan ini lebih fleksibel dilakukan. Kamu bisa melakukannya tanpa keluar rumah sekalipun. Misalkan, menyumbangkan makanan atau mengajar lewat vidio. Nikmati kesendirian dengan lebih berkualitas sambil menebarkan kebaikan.

Walaupun sebagai makhluk sosial kita dituntut untuk selalu terhubung dengan orang lain, bukan berarti kamu jadi mengabaikan meluangkan waktu untuk diri sendiri. Waktu menyendiri ini menjadi kesempatan yang baik untuk mengenal diri sendiri lebih dalam lagi serta membuatmu lebih bahagia, lho.

Baca Juga: 5 Tips Membagi Waktu untuk Pekerjaan Full Time dan Part Time, Catat!

Agata Melinda Kristi Photo Verified Writer Agata Melinda Kristi

Let's take and give positive energy only, setuju?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya