Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Membangun Personal Branding di Era Digital

Investasi diri untuk masa depan 

Seiring berkembangnya teknologi, istilah personal branding semakin banyak dikenal. Personal branding ini berkaitan dengan cara kamu membangun citra diri kepada orang lain. Hal ini akhirnya mempengaruhi persepsi publik tentang dirimu.

Di zaman yang serba digital, membangun personal branding adalah hal yang penting, lho. Semakin baik citra diri, maka semakin positif penilaian orang lain terhadap dirimu. Hal ini penting untuk investasi dirimu ke depannya, lho. Lantas, mengapa personal branding jadi penting di era digital ini? Yuk, cari tahu lima alasannya di bawah ini!

1. Meningkatkan nilai diri di mata orang lain 

5 Alasan Pentingnya Membangun Personal Branding di Era Digitalilustrasi perempuan (pexels.com/SHVETS Production)

Membangun personal branding akan membantumu dalam menonjolkan keunggulan yang ada pada diri. Hal ini bisa kamu gunakan sebagai ajang untuk menunjukkan kepada publik siapa kamu sebenarnya dan apa yang menarik dalam dirimu.

Dengan begitu terciptalah persepsi sebagai umpan balik dari personal branding yang kamu tunjukkan. Jika kamu melakukannya dengan baik, respon positif dari publik bisa didapatkan. Alhasil, nilai jual dirimu pun juga akan meningkat di mata orang lain.

2. Memperluas relasi dan jaringan 

5 Alasan Pentingnya Membangun Personal Branding di Era Digitalilustrasi live streaming (unsplash.com/Libby Penner)

Personal branding membantu kamu untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Apalagi di era digital ini, kamu bisa lebih mudah mendapatkan exposure dari publik melalui berbagai platform yang ada. Bahkan berkat adanya media digital, jangkauan audiens menjadi tidak terbatas pada ruang dan waktu.

Kini, keunggulan dan pengetahuan yang kamu miliki bisa dibagikan ke audiens seluruh dunia. Gunakan teknik penyampaian yang kreatif agar jaringan dan relasimu semakin luas.

Baca Juga: 7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Milenial dan Gen Z di Era Digital

3. Menciptakan kepercayaan dan kredibilitas 

5 Alasan Pentingnya Membangun Personal Branding di Era Digitalilustrasi mendapat banyak pesanan (pexels.com/SHVET Production)

Inilah alasan selanjutnya mengapa personal branding itu penting. Kehadiran internet membuat publik bisa dengan mudah mencari tahu tentang dirimu. Akibatnya, mereka juga bisa dengan mudah memberikan penilaian atas dirimu.

Dengan membangun personal branding maka kamu bisa dengan mudah menciptakan kepercayaan serta membangun kredibilitas publik melalui beragam media tersebut. Alih-alih menjadikan pilihan terakhir, publik akan melihat kamu sebagai prioritas utama. Ini bisa memudahkan kamu dalam mencari pekerjaan atau mengembangkan bisnis, lho.

4. Menunjukkan keunikan 

5 Alasan Pentingnya Membangun Personal Branding di Era Digitalilustrasi content creator (pexels.com/Gustavo Fring)

Sebab kamu memiliki sesuatu yang menonjol serta berbeda dengan yang lain disitulah orang lain akan lebih mudah mengingatmu. Inilah alasan mengapa perlu bagi kamu untuk membangun personal branding karena bisa memicu publik untuk melirik keunikan yang ada dalam dirimu.

Menunjukkan kesan yang unik itu penting. Hal ini yang akan membuat kamu terlihat istimewa dan tak terlupakan di mata orang lain.

5. Sebagai kontrol diri 

5 Alasan Pentingnya Membangun Personal Branding di Era DigitalIlustrasi merenung (Unsplash.com/Laura Chouette)

Diri sendiri memiliki kuasa penuh atas penciptaan personal branding yang kamu harapkan. Kelebihan apa yang ingin kamu ceritakan? Pengetahuan apa yang ingin kamu bagikan? Itu adalah beberapa contoh pertanyaan sederhana untuk memahami citra apa sebenarnya yang ingin kamu bangun.

Adanya personal branding  memacu dirimu untuk mengontrol diri menjadi pribadi yang baik. Dengan tujuan agar orang lain memberikan feedback persepsi yang positif juga padamu.

Itulah beberapa alasan mengapa membangun personal branding itu penting. Apalagi di era digital, kini publik begitu mudah untuk menilai dirimu. Jangan sampai kamu malah menunjukkan citra buruk. Personal branding penting bukan hanya untuk kehidupanmu sekarang tapi juga di masa mendatang.

Baca Juga: 5 Langkah Membangun Kepercayaan Diri Saat PDKT, Kamu Layak, Kok!

Agata Melinda Kristi Photo Verified Writer Agata Melinda Kristi

Let's take and give positive energy only, setuju?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya