Comscore Tracker

5 Langkah Sederhana Terapkan Problem Solving di Berbagai Situasi 

Praktis menangani masalah kecil hingga besar 

Manusia dan masalah merupakan dua aspek yang tidak terpisahkan. Problematika yang terus berdatangan dalam hidup memaksa kita untuk selalu siap siaga menghadapinya. Untuk itulah, kemampuan problem solving sangatlah penting dimiliki. Yuk, ikuti langkah sederhana problem solving di bawah ini yang bisa kamu terapkan di beragam situasi!

1. Identifikasikan akar masalah secara detail dan spesifik 

5 Langkah Sederhana Terapkan Problem Solving di Berbagai Situasi ilustrasi identifikasi masalah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Langkah pertama dalam proses problem solving adalah mengidentifikasikan akar masalah. Uraikan masalah ini menjadi lebih detail dan spesifik. Memang, identifikasi akar masalah tidak semudah mengatakannya, perlu analisis ekstra ketika melakukannya.

Salah satu metode yang bisa kamu coba adalah “Five Ways” yang dikenalkan oleh Sakichi Toyoda. Dilansir dari mindtools.com, metode ini dilakukan dengan menanyakan “why” sebanyak lima kali. Dengan bantuan pertanyaan ini, penelusuran akar masalah jadi lebih cepat diidentifikasi.

2. Buat daftar solusi potensial 

5 Langkah Sederhana Terapkan Problem Solving di Berbagai Situasi ilustrasi brainstorming (pexels.com/Rfstudio)

Setelah akar masalah teridentifikasi, langkah selanjutnya buatlah daftar solusi yang berpotensi bisa kamu gunakan. Dalam proses ini, kamu mungkin akan menemukan beberapa solusi yang mungkin tidak kamu bayangkan sebelumnya. Tak apa, berkreasilah tanpa memikirkan kualitas solusi terlebih dahulu.

Salah satu cara yang bisa kamu gunakan adalah melakukan brainstorming. Cara ini bisa dilakukan baik secara individu maupun kelompok. Masukan dari berbagai pihak dengan perspektif yang berbeda-beda justru membuat solusimu semakin beragam, lho.

Baca Juga: 5 Tips Tingkatkan Problem Solving, Selesaikan Masalah dengan Efektif

3. Ambil solusi terbaik 

5 Langkah Sederhana Terapkan Problem Solving di Berbagai Situasi ilustrasi menentukan solusi terbaik (unsplash.com/Airfocus)

Dari banyaknya daftar solusi yang kamu buat, ambil satu solusi yang terbaik. Lalu, bagaimana caranya memilih yang terbaik? Nah, cobalah menganalisis setiap solusi dengan berbagai pertimbangan disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Misalkan, dari sisi biaya, kemanjuran, ketepatan waktu, ataupun kepraktisannya. Selain mengeliminasi solusi yang tidak relevan, tentukan juga pelaku, proses, dan waktu solusi ini akan diterapkan.

4. Implementasikan solusi yang telah kamu pilih 

5 Langkah Sederhana Terapkan Problem Solving di Berbagai Situasi ilustrasi implementasi (pexels.com/Elevate Digital)

Setelah solusi terbaik telah terpilih, sekarang saatnya untuk menerapkannya. Namun ingatlah, perubahan tidak bisa terjadi secepat kilat. Butuh waktu untuk beradaptasi melakukan hal baru ini.

Bahkan, tak jarang kita akan menemui orang yang tidak sejalan dengan solusi yang diimplementasikan. Untuk itu, tetaplah bersabar. Coba lakukan secara perlahan supaya perubahan tidak terkesan mendadak.

5. Mengevaluasi hasil 

5 Langkah Sederhana Terapkan Problem Solving di Berbagai Situasi ilustrassi mengevaluasi (pexels.com/Antoni Shkraba Production)

Walaupun solusi telah diimplementasikan, bukan berarti masalah selesai begitu saja, kan? Solusi yang dipilih tidak sepenuhnya efektif memecahkan masalah. Untuk itu, perlu dilakukan evaluasi agar kita tahu apakah solusi ini perlu direvisi atau bahkan diubah untuk mengatasi permasalahan dengan lebih baik.

Cobalah membuat beberapa pertanyaan yang bisa membantumu mengevaluasi pemecahan masalah ini. Misalkan, apakah ada masalah baru yang muncul? Apakah masalah berpotensi muncul Kembali? Apakah kita perlu mengubah prosedur atau pihak yang melakukannya?

Problem solving adalah kegiatan yang tak pernah lepas dari hidup kita. Cobalah melakukan langkah-langkah sederhana di atas ketika menemui masalah baik yang kecil maupun besar. Pemecahan masalah yang efektif bisa membuat hidupmu lebih sejahtera, lho.

Baca Juga: 10 Problem Solving ala Pemalas yang Justru Jenius, Gak Habis Pikir!

Agata Melinda Kristi Photo Verified Writer Agata Melinda Kristi

Let's take and give positive energy only, setuju?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya