Comscore Tracker

5 Sikap yang Menandakan Kalau Kamu Dewasa dalam Berpikir

Apakah kamu salah satunya?

Suka atau tidak, seiring berjalannya waktu, kita dituntut agar bisa menentukan pilihan dalam hidup. Tak jarang, pilihan yang kita pilih menentukan sikap atau cara berpikir kita.

Setiap kita memilih, hal yang kita pilih akan melekat pada diri kita bahkan kepribadian kita. Berikut lima sikap yang menandakan cara berpikirmu dewasa!

1. Memilih bekerja keras guna mendapatkan barang impianmu

5 Sikap yang Menandakan Kalau Kamu Dewasa dalam BerpikirPexels.com/Burst

Kebanyakan dari kita yang mengandalkan penghasilan orangtua guna mendapatkan apa yang kita inginkan. Memang hal itu tidak sepenuhnya salah, tetapi hal itu menandakan kalau kamu belum dewasa.

Mereka yang dewasa akan memilih bekerja keras untuk mendapatkan apa yang ia inginkan. Sikap inilah yang merepresentasikan mereka sebagai sosok yang dewasa karena kemandiriannya.

2. Disiplin terhadap rencana jangka panjang yang telah kamu susun

5 Sikap yang Menandakan Kalau Kamu Dewasa dalam BerpikirPexels.com/JESHOOTS.com

Ada satu hal yang membedakan antara rencana dan angan-angan, yup, kedisipilinan. Angan-angan adalah suatu harapan yang berakhir begitu saja karena tidak ada kedisiplinan di dalamnya.

Berbeda dengan rencana atau plan, mereka yang visionerlah yang melakukannya. Perencanaan kebanyakan terwujud dan sukses karena kedisiplinan hadir di dalamnya, bukan bagi mereka yang suka berangan-angan.

Baca Juga: Memandang Cinta, Perempuan Dewasa Vs Belum Dewasa Punya 7 Perbedaan 

3. Enggan menyusahkan orang lain sehingga membebankannya pada diri sendiri

5 Sikap yang Menandakan Kalau Kamu Dewasa dalam BerpikirUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Sering kita temui orang-orang yang selalu mengeluh dan meminta tolong, padahal mereka belum mencoba sesuatu tersebut. Hal inilah yang menandakan lemahnya mental dan sikap mereka.

Seseorang yang dewasa dalam berpikir justru mencari cara agar orang lain tidak tahu tentang bagaimana beratnya beban yang ia pikul. Sikap inilah yang biasanya melekat pada sosok ayah, mereka menghapus luka agar anak dan istrinya tidak melihatnya.

4. Bersungguh-sungguh menata karier demi kebahagian keluarga

5 Sikap yang Menandakan Kalau Kamu Dewasa dalam BerpikirPexels.com/Oleg Magni

Tidak bisa kita mungkiri bahwa karier yang bagus akan memudahkan kita untuk mendapatkan restu dari calon mertua. Bagaimana tidak, dengan karier yang bagus, kehidupan keluarga kita akan terjamin.

Maka tak heran apabila kita dapati orang-orang yang memiliki target menikah muda lebih serius dalam menata kariernya. Tidak ada salahnya kok untuk lebih serius menata karier!

5. Mulai pandai dalam membedakan antara kebutuhan dan keinginan

5 Sikap yang Menandakan Kalau Kamu Dewasa dalam BerpikirPexels.com/bruce mars

Di masa remaja, kita dihadapkan pada banyak pilihan yang membingungkan. Atmosfer masa muda membuat kita bingung, mana kebutuhan dan mana keinginan? Dan mana yang harus didahulukan?

Ini bicara soal need dan want, dua pilihan ini yang menggambarkan sikapmu. Jika kamu sudah bisa membedakan antara keduanya, itu tandanya kamu punya sikap dewasa.

Itulah lima sikap yang menandakan bahwa kamu sudah dewasa. Banyak hal yang memengaruhi sikap kita, di antaranya ialah lingkungan dan perkembangan teknologi turut serta memengaruhi hal tersebut.

Baca Juga: 6 Tips Agar Kamu Menjadi Pribadi yang Lebih Dewasa dalam Berpikir

Ahmad Rifai Yusuf Photo Verified Writer Ahmad Rifai Yusuf

Waktu dan kehidupan akan berjalan beriringan. Ig: ahmadrifaiy9

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya