Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan agar Perkataanmu Didengar Orang Lain

Ingin pendapatmu didengar dan diterima dengan baik? 

Mungkin kamu pernah berargumen panjang lebar di depan seseorang, namun respon yang ia berikan begitu menjengkelkan. Selalu menyanggah dan menganggap argumen-argumen kita itu keliru.

Sepertinya ada yang sala,h nih saat kamu memulai pembicaraan dengannya. Nampaknya, kamu mengabaikan hal-hal kecil yang sebenarnya sangat penting dalam membangun sebuah interaksi dalam komunikasi.

Apa saja hal kecil yang sangat penting itu? Yuk simak, 5 hal yang harus kamu perhatikan agar perkataanmu didengar lawan bicaramu!

1. Mulailah dengan menjadi pendengar yang baik, dengarkan lawan bicaramu

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan agar Perkataanmu Didengar Orang LainUnsplash.com/Kenan Buhic

Sebelum menyampaikan argumenmu, sebaiknya kamu memancing pembicaraan dengan lawan bicaramu dan menjadi pendengar yang baik baginya. Bangun kenyamanan dalam interaksi tersebut dan tetap tenang.

Sedikit kesabaran itu diperlukan dalam membangun komunikasi yang sehat. Usahakan untuk tidak memotong pembicaraannya ya!

2. Respon dengan nada yang seolah-olah mendukung

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan agar Perkataanmu Didengar Orang LainUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Respon yang baik akan membuat kedua pihak merasa nyaman. Sebaiknya kamu respon lawan bicaramu dengan nada dukungan dan buat seolah argumennya benar.

Hal ini sangat penting dalam komunikasi transaksional. Ibarat kata, seorang pedagang setidaknya akan memberikan bonus atau potongan harga pada pembeli yang ramah dan sopan, ini perlu kamu ingat.

Baca Juga: Sering Diabaikan, Lakukan 5 Hal Penting Ini Saat Orang Lain Curhat

3. Minta beberapa pendapat darinya agar ia merasa dihargai

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan agar Perkataanmu Didengar Orang LainUnsplash.com/Christin Hume

Setelah suasana terasa nyaman dengan respon yang kamu berikan, buat lawan bicaramu respect kepadamu. Dengan cara seperti apa? Bisa dengan meminta saran serta pendapat padanya.

Ini terkesan sederhana, tetapi ia akan merasa bahwa dirinya ini dihargai dan dianggap penting. Maka secara otomatis ia akan mulai terbuka padamu.

4. Mulailah berbicara dari topik yang disukai lawan bicaramu

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan agar Perkataanmu Didengar Orang LainUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Setelah pikirannya terbuka, kamu jangan langsung memaparkan argumenmu kepada lawan bicaramu. Akan tetapi, mulai pembicaraan itu dengan topik yang ia sukai.

Misal, lawan bicaramu suka film drama, maka bicarakan hal menarik seputar itu dan giring sedikit-sedikit untuk mengarah pada tema argumen yang akan kamu sampaikan. Tetap sabar dan kendalikan atmosfer komunikasinya, ya!

5. Barulah masuk kepada pesan penting yang akan kamu sampaikan

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan agar Perkataanmu Didengar Orang LainUnsplash.com/Bewakoof.com Official

Jika sudah masuk ke dalam tema argumen yang baru akan kamu paparkan, maka mulailah menyampaikannya dengan tenang dan kepala dingin. Usahakan tidak berlebihan dalam menggunakan kata-kata yang sifatnya persuasif.

Hal ini akan terkesan seperti paksaan dan bisa membuat lawan bicaramu kehilangan rasa simpati kepadamu. Kuncinya, tenang dan sabar sobat!

Itulah 5 hal yang perlu kamu perhatikan agar perkataanmu mudah diterima lawan bicaramu. Tetap tenang dalam menyampaikan pendapat dan biasakan untuk berbicara dengan kepala dingin.

Baca Juga: Suka Mengobrol? Ini 5 Jurus Jitu Agar Menjadi Lawan Bicara yang Asyik

Ahmad Rifai Yusuf Photo Verified Writer Ahmad Rifai Yusuf

Waktu dan kehidupan akan berjalan beriringan. Ig: ahmadrifaiy9

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya