Comscore Tracker

Susah Dideteksi, Ini 7 Tanda Remaja yang Sedang Tertekan!

Kenali tandanya agar tidak terlalu larut dalam tekanan

Walaupun seorang remaja tidak perlu khawatir mengenai tagihan, karier, atau pun urusan rumah tangga, mereka juga mempunyai berbagai sumber stres. Mereka terkadang menghadapi masalah seperti intimidasi, tekanan teman sebaya, dan juga masalah akademik yang bisa membuatnya tertekan.

Tanpa dukungan yang tepat para remaja yang stres ini mungkin berada pada risiko yang lebih tinggi untuk masalah kesehatan mental, masalah akademik, dan juga masalah kesehatan. Penting untuk waspada terhadap tanda-tanda peringatan para remaja yang merasa stres. Lebih baik mengatasi dari pada mengobati yang telah terjadi. Berikut ini adalah beberapa tanda utama bahwa seorang remaja sedang dalam keadaan tertekan!

1. Masalah tidur

Susah Dideteksi, Ini 7 Tanda Remaja yang Sedang Tertekan!memoryfoammattress.org

Kesulitan tidur bisa menjadi tanda stres dan itu bisa menjadi masalah yang serius. Bagi remaja yang terlalu lelah, cenderung tidak bisa mentolerir stres yang sedang dialaminya.

Seorang remaja yang selalu ingin kembali ke tempat tidur sepulang sekolah atau yang mencoba tidur sepanjang hari di akhir pekan mungkin berusaha melepaskan diri dari stresnya.

2. Masalah pendidikan

Susah Dideteksi, Ini 7 Tanda Remaja yang Sedang Tertekan!pexels/energepic

Terkadang masalah yang berhubungan dengan stres berasal dari maalah yang beruhubungan dengan sekolah. Di lain waktu, masalah akademik bisa timbul karena seseorang dalam keadaan stres.

Jika nilai sedang menurun, coba pertimbangkan apakah perubahan tersebut berkaitan dengan stres atau tidak.

3. Perubahan dalam bersosialisasi

Susah Dideteksi, Ini 7 Tanda Remaja yang Sedang Tertekan!pexels/Leah Kelley

Saat dilanda stres kemungkinan akan mengubah kebiasaan sosial di dalam kehidupan remaja. Keterasingan sosial bisa menjadi tanda para remaja sedang berjuang melawan stres.

Menghabiskan lebih banyak waktu di kamarnya atau kurang antusias mengobrol dengan teman-temannya bisa menjadi anak tersebut sedang mengalami kesulitan.

4. Perubahan dalam perilaku

Susah Dideteksi, Ini 7 Tanda Remaja yang Sedang Tertekan!pexles/Inzmam Khan

Masalah perilaku sering terjadi ketika seorang remaja mengalami stres. Kita mungkin seringkali melihat perubahan dari perilaku yang ada mulai dari bolos sekolah hingga jarang bersosialisasi. Namun, jangan abaikan seseorang yang seperti itu karena sebenarnya mereka yang seperti itu butuh sekali dukungan.

Baca Juga: 5 Penyebab yang Paling Sering Membuat Anak-anak Tertekan & Stres

5. Kesulitan berkonsentrasi

Susah Dideteksi, Ini 7 Tanda Remaja yang Sedang Tertekan!bbncommunity.com

Ketika seorang remaja memiliki banyak hal dalam pikiran mereka, sulit bagi mereka untuk berkonsentrasi pada kegiatan mereka. Mereka mungkin menjadi mudah terganggu di kelas dan mungkin mengalami peningkatan kesulitan untuk tetap mengejakan tugas sambil menyelesaikan pekerjaan rumah mereka.

6. Sering berbicara negatif

Susah Dideteksi, Ini 7 Tanda Remaja yang Sedang Tertekan!divinebloggers.com

Kita akan sering mendengar remaja yang sedang stres berbicara menggunakan kata-kata dengan makna negatif. Sebagai contoh, seorang remaja yang stres mengatakan hal-hal seperti "Tidak ada yang menyukaiku" atau "Sepertinya tidak ada yang berjalan dengan baik".

Mungkin remaja normal akan berbicara seperti itu sekali, namun jika kita terlalu sering mendengar hal tersebut dari mulut seseorang, kemungkinan itu adalah tanda stres.

7. Sering dilanda perasaan khawatir

Susah Dideteksi, Ini 7 Tanda Remaja yang Sedang Tertekan!pexels/Nathan Cowley

Remaja yang stres sering khawatir tentang apa saja. Mereka mungkin khawatir mengenai semua hal buruk yang mungkin terjadi atau mereka mungkin khawatir tentang bagaimana orang lain melihatnya.

Jika seorang remaja mengekspresikan lebih banyak kekhawatiran daripada biasanya, itu bisa jadi karena ia sedang stres.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Pasangan Merasa Tertekan Olehmu

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya