Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Bersyukur Memiliki Hidup Sederhana

Kesederhanaan membuatmu lebih menikmati hidup

Siapa yang tidak menginginkan memiliki banyak harta dan kemewahan? Hampir semua orang menginginkan hal tersebut. Menjadi orang yang sukses dengan hidup mewah adalah impian banyak orang. Namun, pasti ada satu dari seribu orang yang mungkin lebih memilih hidup sederhana.

Kadang malah ada orang kaya yang ingin mencoba hidup sederhana. Tahukah alasan kenapa mereka ingin hidup sederhana? Inilah alasan kenapa kamu harus bersyukur memiliki hidup sederhana.

1. Lebih hemat dan belajar mengatur keuangan

5 Alasan Kamu Harus Bersyukur Memiliki Hidup Sederhanailustrasi pria menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Coba ingatlah, pernahkah kamu mensyukuri hidupmu yang sederhana? Sebenarnya hidup sederhana justru bisa membuatmu lebih hemat. Tak hanya itu, kamu pun dituntut untuk belajar mengatur keuangan karena hidup sederhana. Jadi, kamu akan lebih pintar mengatur keuangan.

Apakah kamu bisa membayangkan bila dititipkan uang dalam jumlah banyak? Belum tentu kamu bisa mengolah uang tersebut, sehingga uang itu akan habis dalam waktu sekejap. Teruslah bersyukur karena hidup sederhana membuatmu lebih bijak memilih pengeluaran yang wajib atau tidak diperlukan. Kamu akan pintar mengatur keuangan yang akan membantu dirimu sendiri kelak.

2. Dijauhkan dari rasa iri yang gak bermanfaat

5 Alasan Kamu Harus Bersyukur Memiliki Hidup Sederhanailustrasi pandangan iri (pexels.com/ArtHouse Studio)

Dengan hidup sederhana kamu dijauhkan dari rasa iri yang gak bermanfaat. Kok bisa? Hal itu karena kesederhanaan bisa membuatmu lebih menghargai hidup. Kamu gak akan terlalu memikirkan tren atau sekedar ikut-ikut melakukan sesuatu dan membeli barang yang tidak bermanfaat.

Kamu gak perlu merasa iri dengan orang lain karena paham masih banyak yang perlu dipikirkan selain mengikuti tren. Hidupmu akan lebih nyaman karena terhindar dari rasa sombong dan iri yang akan membuatmu lupa keadaan. Kesederhanaan akan menjauhkan dirimu dari sifat buruk yang membuatmu lupa diri.

Baca Juga: 5 Sebab Kebahagiaan Tak akan Berkurang, meski Gaya Hidup Sederhana

3. Bisa bergaul dengan siapa saja

5 Alasan Kamu Harus Bersyukur Memiliki Hidup Sederhanailustrasi pertemanan (pexels.com/Kampus Production)

Percaya gak? Hidup sederhana bisa membuatmu bergaul dengan banyak orang. Kamu bisa bergaul dengan siapa saja yang diinginkan, hidup terasa lebih bebas. Kamu akan memiliki banyak teman dan relasi dari semua kalangan. Tak memandang soal perbedaan derajat, kaya miskin, suku, agama, dan sebagainya.

Di matamu semua orang itu sama, yang membedakan hanya orang baik dan buruk. Kamu akan merasa sangat bebas karena bisa bergaul dengan banyak orang dalam berbagai macam kalangan. Maka bersyukurlah bisa hidup sederhana karena tak semua orang bisa bebas bergaul.

4. Melatih kreativitas untuk menemukan solusi masalahmu

5 Alasan Kamu Harus Bersyukur Memiliki Hidup Sederhanailustrasi wanita kreatif (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kenapa kamu harus bersyukur bisa hidup sederhana? Kesederhanaan akan melatihmu untuk lebih kreatif, sehingga bisa menemukan solusi atas masalah yang sedang kamu hadapi. Kamu akan pandai mempertimbangkan dan mengambil keputusan yang tepat. Apalagi masalah yang berhubungan dengan finansial.

Hidup sederhana akan membuatmu mampu berpikir jauh tentang rencana masa depan. Menghitung perencanaan yang tepat untuk masa depan yang baik. Hidupmu akan lebih teratur dan tak harus mengkhawatirkan banyak hal karena kamu mampu mengatasi masalahmu dengan baik.

5. Lebih menikmati hidup dengan kesederhanaan

5 Alasan Kamu Harus Bersyukur Memiliki Hidup Sederhanailustrasi menikmati hidup (pexels.com/Andre Furtado)

Kesederhanaan membuatmu bisa lebih menikmati hidup. Kesederhanaan akan membuatmu terus merasa cukup, sehingga kamu tak akan pernah lupa bersyukur. Hidup sederhana memberikan kenyamanan karena kamu tak harus pusing memikirkan tanggungan yang besar.

Hidup sederhana itu indah dan tak akan membuat dirimu rendah. Apabila ada orang menganggap kesederhanaan sebuah musibah, maka ia tak paham bagaimana nikmatnya kesederhanaan. Dalam hidup sederhana hanya ada kebahagiaan, terus merasa cukup, dan kenyamanan.

Nah, bagaimana denganmu? Apakah kamu sekarang sudah menyadari baiknya hidupmu yang sederhana itu? Inilah alasan kenapa kamu perlu bersyukur memiliki hidup sederhana.

Baca Juga: 5 Renungan saat Malu Hidup Sederhana, Patut Diresapi!

Airani Listia Photo Verified Writer Airani Listia

Bersyukurlah di setiap waktu, dan bahagiakan dirimu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya