Comscore Tracker

5 Tips Jitu Dapatkan Penghasilan ala Mahasiswa Zaman Now!

Mahasiswa berpenghasilan kuliah tetap lancar

Menjadi mahasiswa juga punya risiko. Kebutuhan mahasiswa lebih banyak daripada anak sekolah. Kadang uang saku pun tak cukup untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa. Oleh karena itu, kebanyakan mahasiswa selalu mencari cara dapatkan penghasilan tambahan. Simak tips jitu dapatkan penghasilan ala mahasiswa zaman now!

1. Ikuti berbagai macam lomba sesuai minat bakat

5 Tips Jitu Dapatkan Penghasilan ala Mahasiswa Zaman Now!ilustrasi kompetisi catur (pexels.com/emre keshavarz)

Bagi yang punya jiwa kompetisi dan punya minat bakat di bidang tertentu. Cobalah mengikuti lomba atau kompetisi sesuai minat bakatmu. Biasanya informasi lomba mudah didapatkan dari media sosial atau informasi di papan pengumuman mahasiswa. Ikuti lomba penelitian, olahraga, catur atau lomba karya ilmiah sesuai kemampuan kalian.

Punya bakat jangan hanya dipendam, gunakan bakatmu untuk penghasilan tambahan.

2. Coba peruntungan jadi influencer di media sosial

5 Tips Jitu Dapatkan Penghasilan ala Mahasiswa Zaman Now!ilustrasi influencer merekam video (pexels.com/George Milton)

Zaman mulai berubah, dulu mahasiswa bercita-cita menjadi dokter atau insinyur. Tetapi sekarang banyak juga orang yang bercita-cita menjadi influencer. Menjadi influencer artinya banyak memiliki penggemar. Influencer terkenal akan dicari banyak sponsor untuk mempromosikan brand atau barang.

Nah, dari sponsorlah salah satu penghasilan terbesar influencer. Jadilah influencer yang terkenal dan tetap pandai mengatur waktu sebagai mahasiswa.

Baca Juga: 4 Manfaat dari Hobi Menulis, Bisa Dapat Penghasilan Tambahan Lho!

3. Jadi dropshipper atau reseller

5 Tips Jitu Dapatkan Penghasilan ala Mahasiswa Zaman Now!ilustrasi online shop (pexels.com/cottonbro)

Jurus andalan mahasiswa dapatkan penghasilan tambahan adalah menjadi dropshipper atau reseller. Bagi yang belum ada modal, bisa dicoba menjadi dropshipper dahulu. Kalau sudah ada modal untuk stok barang jualan, coba beli sedikit barang dan menjadi reseller.

Coba jual barang ke teman-teman sekitar dahulu, lalu mulailah merambah ke dunia online.

4. Kuis hunter ala mahasiswa

5 Tips Jitu Dapatkan Penghasilan ala Mahasiswa Zaman Now!ilustrasi seorang kuis hunter (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kuis hunter adalah sebutan untuk orang yang berburu kuis, seperti mengikuti kuis di media sosial, berburu giveaway atau mengikuti undian berhadiah dari brand produk. Bagi kuis hunter yang sudah pro, bukanlah hal yang sulit untuk memenangkan kuis atau event. Biasanya hadiahnya pun bermacam-macam, mulai dari sembako sampai handphone, bahkan ada juga hadiah berupa uang tunai atau liburan ke tempat wisata.

Sebagai kuis hunter perlu selektif mengikuti kuis yang diikuti. Tak jarang sekarang juga banyak giveaway palsu yang justru berujung kepada penipuan. Dan jangan sampai lupa dunia nyata setelah berkecimpung menjadi kuis hunter. Bersosialisasi dengan teman di kampus tetaplah jadi nomor satu.

5. Isi survei online berbayar

5 Tips Jitu Dapatkan Penghasilan ala Mahasiswa Zaman Now!ilustrasi pengisian kuesioner (pexels.com/RODNAE Productions)

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui mengenai survei online berbayar. Sebenarnya, survei online sudah ada sejak lama, tetapi memang hanya dikenal orang tertentu saja. Coba bayangkan saja, hanya dengan mengisi survei bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Survei berbayar diadakan beberapa perusahaan survei sebagai reward kepada pelanggan yang mau meluangkan waktu untuk mengisi survei. Survei bisa berupa pertanyaan seputar bisnis, ekonomi, sosial atau produk-produk. Biasanya hadiah berupa voucher belanja atau uang. Untuk pembayaran berupa uang akan dibayarkan melalui PayPal, GoPay, atau transfer langsung ke rekening bank.

Beberapa situs survei berbayar yang tepercaya seperti Rakuten Insight Surveys, Nusaresearch, YouGov, dan lainnya. Tetap seleksi situs survei online tepercaya dan jagalah data pribadimu.

Banyak cara mendapatkan penghasilan tambahan bagi mahasiswa. Berpenghasilan diperbolehkan, tetapi fokus menjadi mahasiswa tetap yang utama. Tunjukkan dirimu tetap berprestasi di kampus sembari mencari penghasilan tambahan.

Baca Juga: Jangan Cuma Andalkan Gaji, Ini Tips Cari Penghasilan Tambahan

Airani Listia Photo Verified Writer Airani Listia

Bersyukurlah di setiap waktu, dan bahagiakan dirimu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya